mural
homeforward
Peluang Cuan Gede, Intip Cara Jadi Importir Barang China di Sini!

Peluang Cuan Gede, Intip Cara Jadi Importir Barang China di Sini!

Saat ini, perdagangan global makin mendunia. Ini akan menjadi peluang tersendiri jika kamu tertarik untuk menjual barang-barang impor—terutama barang China. Bagaimana prospeknya? Menjadi importir barang China menjanjikanmu keuntungan yang besar, lho! Pasalnya, barang-barang dari China terkenal murah sekali. Jadi, kamu bisa menjualnya di dalam negeri dengan margin yang lumayan. Dengan iming-iming keuntungan besar, tentu kamu akan semakin ingin mencoba peruntungan di bidang ini. Penasaran bagaimana cara memperoleh cuan besar dengan menjadi importir barang China? Yuk, intip berbagai caranya di artikel berikut! 

Baca juga: China Market Place: Pengertian, Keuntungan, Tips Memilih Produk, dan Rekomendasi Terbaik

 

Cara Menjadi Importir Barang China 

Cara Jadi Importir Barang China

Sumber : Istock 

China adalah negara yang menjual berbagai macam produk dengan harga yang super murah. Tak heran, bisnis importir barang China pun jadi makin menjamur akhir-akhir ini. Mungkin kamu tertarik untuk mencoba bisnis ini setelah mengetahui banyak kisah sukses orang yang berprofesi sebagai importir barang dari China. Bagaimana sih cara menjadi importir barang China? Sama seperti memulai bisnis lain, kamu perlu mempersiapkan segalanya dengan matang. Hal pertama yang perlu kamu pikirkan adalah jenis barang apa yang ingin kamu jual. Selain itu, kamu juga perlu memikirkan modal usaha serta mempelajari proses impor ke dalam negeri. 

Setelah kamu mengetahui barang apa yang ingin dijual, langkah selanjutnya adalah mengetahui dari mana kamu bisa mendapatkan produk tersebut. Kamu perlu melakukan riset untuk mengetahui jawabannya. Untuk tahap awal, coba gunakan marketplace seperti Alibaba atau Aliexpress. Dari situ, kamu mendapatkan gambaran lokasi pabrik, harga produk, serta mengetahui minimal pembelian. Melalui marketplace kamu juga bisa mendapatkan kontak perusahaan yang menjual produk tersebut. Jangan lupa, pelajari juga hal-hal terkait pengiriman barang dari China ke Indonesia. 

 

Bagaimana Cara Membeli Produk dari China? 

Cara Jadi Importir Barang China

Sumber : Istock 

Sejauh ini, ada beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk menemukan produk China dengan harga yang murah. Beberapa cara tersebut meliputi marketplace, jasa importir, atau langsung mendatangi perusahaan di China. Untuk pemula, kamu bisa mencoba mengimpor barang melalui marketplace atau menggunakan jasa impor. 

1. Impor barang melalui marketplace 

Menjadi importir barang China tidak mengharuskanmu untuk langsung beli ke sana, kok. Kamu bisa membeli barang untuk dijual kembali melalui marketplace. Beberapa marketplace yang bisa kamu tuju untuk menemukan barang antara lain Alibaba, Aliexpress, 1688, serta Taobao. 

- Alibaba 

Alibaba merupakan marketplace terbesar yang menyediakan beragam kebutuhan produk—mulai dari produk rumah tangga, pakaian, alat tulis, dsb. 

Di marketplace ini, kamu bisa berbelanja secara grosir. Tentunya ada syarat minimum kuantitas (MOQ—Minimum Order Quantity) agar kamu bisa membeli produk di sini. Situs marketplace ini ditujukan untuk para importir besar dengan sistem transaksi B2B (Business to Business). 

- Aliexpress 

Aliexpress merupakan salah satu anak perusahaan Alibaba yang memberikan kesempatan untuk berbelanja barang secara satuan (MOQ 1 pcs). Karena bisa beli satuan, kamu bisa menjadi importir barang China murah meski dengan modal yang tipis. 

- Taobao dan 1688 

Dua marketplace yang satu ini juga merupakan anak perusahaan Alibaba. Di sini, kamu bisa menjumpai banyak sekali hot deals menarik. Meski menjual dengan harga yang miring, dua situs ini menggunakan bahasa Mandarin. Jadi, mungkin kamu akan sedikit kesulitan karena ada kendala bahasa. 

2. Impor barang melalui jasa impor barang 

Selain mengimpor barang secara mandiri melalui marketplace, kamu juga bisa impor barang China dengan bantuan jasa impor barang. Dengan cara ini, kamu perlu bekerja sama dengan jasa impor. Tentu akan ada sejumlah uang jasa yang perlu kamu bayar. Keuntungannya, kamu tidak perlu ribet berurusan dengan dokumen-dokumen impor maupun urusan legalitas. Meskipun bisa menjanjikanmu prosedur impor yang mudah, biasanya kamu perlu cukup banyak modal untuk menggunakan jasa ini. Pasalnya, biasanya jasa impor akan menerapkan minimal kuantitas impor. Belum lagi kamu perlu bayar atas jasa yang digunakan. 

Nah, itulah beberapa cara menjadi importir barang China. Jika kamu masihi pemula dan tidak punya modal dalam jumlah yang besar, akan lebih baik jika kamu membeli barang dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Berani berspekulasi dan punya modal yang cukup besar untuk impor dari China? Kamu bisa langsung berangkat ke China untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan yang memproduksi barang pilihanmu. 

Setelah kamu berhasil bekerja sama, untuk pembelian selanjutnya kamu hanya perlu menghubungi pihak produsen untuk memesan barang. Tidak perlu berangkat ke China untuk menekan biaya. Kalau sudah memesan barang, bagaimana cara melakukan pembayarannya? Kamu bisa download aplikasi Flip untuk melakukan transfer ke rekening bank luar negeri. 

 

Baca juga: Mengenal Istilah Penting dalam Ekspor Impor

Fitur yang bisa kamu gunakan adalah fiture Flip Globe. Transfer uang ke luar negeri pakai fitur Flip Globe ini gampang banget, lho! Kamu hanya perlu masuk ke fitur Flip Globe, lalu masukkan detail terkait penerima dana. Detail yang diperlukan misalnya seperti nomor rekening, nama, serta alamat pemilik rekening. Dalam waktu kurang dari lima menit, order transfer bisa langsung dibuat. Antiribet!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi