mural
homeforward

Kebijakan Privasi

Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan

Selamat datang di Platform (sebagaimana didefinisikan di bawah) Flip, terima kasih telah menggunakan maupun mengakses Layanan Flip (sebagaimana didefinisikan di bawah) melalui Platform. Syarat dan ketentuan penggunaan Platform yang tertera pada halaman ini (“Syarat dan Ketentuan”) mengatur akses Anda terhadap Platform Flip dan penggunaan seluruh Fitur (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) di dalamnya yang dikembangkan oleh Kami, PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi (“Flip” atau “Kami”).

Dengan melakukan akses pada Platform, Anda menyatakan telah membaca, mengerti dan setuju untuk mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, maka Anda tidak diperkenankan untuk mengakses Platform atau menggunakan Fitur. Syarat dan Ketentuan ini dapat dianggap sebagai perjanjian induk yang menjadi acuan untuk mengatur syarat dan ketentuan lainnya termasuk namun tidak terbatas pada kebijakan privasi atau ketentuan lainnya yang dapat dibuat oleh Kami dari waktu ke waktu, dan dengan mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan ini, maka Anda menyatakan tunduk pada turunan dari Syarat dan Ketentuan ini. Ketidakberlakuan syarat dan ketentuan lainnya tidak akan menyebabkan Syarat dan Ketentuan ini menjadi tidak sah, tidak berlaku, dan/atau tidak dapat dilaksanakan.

Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Anda dianggap cakap menurut hukum Indonesia dan hukum pada yurisdiksi yang berlaku. Jika Anda bertindak sebagai karyawan, agen, atau penerima kuasa dan bertindak untuk dan atas nama individu lain, organisasi, badan usaha, badan hukum, maupun instansi lainnya, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda merupakan pihak yang berwenang untuk mewakili pihak tersebut, yang mana Syarat dan Ketentuan ini akan mengikat pihak yang Anda wakili tersebut. Jika Anda tidak cakap (termasuk namun tidak terbatas pada orang yang belum dewasa, mereka yang berada di bawah pengampuan, atau perwakilan yang tidak sah), maka Anda tidak diperkenankan menggunakan Layanan Flip yang tersedia pada Platform tanpa pendampingan dan persetujuan wali Anda, dan Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas segala hal yang Anda lakukan dalam Platform.

1. Definisi

1.1 Akun berarti setiap akun yang Anda buat pada Platform, untuk mengakses, menggunakan dan/atau menikmati Layanan Flip serta untuk mencatat, memonitor dan/atau melihat seluruh transaksi dan/atau aktivitas yang Anda lakukan melalui atau menggunakan Platform termasuk jumlah Saldo.

1.2 Anda atau Pengguna berarti perorangan, badan usaha, dan badan hukum yang terdaftar pada Platform dan bertindak sebagai pengirim Dana dengan memberikan Perintah Transfer Dana kepada Flip melalui Platform.

1.3 Biaya Layanan Flip berarti biaya yang dibebankan kepada Pengguna atas penggunaan Layanan Flip dan/atau Layanan Flip for Business.

1.4 Dana berarti uang milik Pengguna yang ditempatkan pada Saldo dan/atau Rekening Bank Pengguna atau uang yang diserahkan oleh Pengguna kepada Flip, untuk diserahkan kepada Penerima melalui Perintah Transfer Dana.

1.5 Data berarti setiap data, informasi dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang, dari waktu ke waktu, Anda sampaikan kepada Kami atau yang Anda cantumkan atau sampaikan dalam, pada atau melalui Platform termasuk tetapi tidak terbatas pada (a) nama, email, nomor handphone, kewarganegaraan, jenis identitas dan nomor identitas; dan (b) data yang dihasilkan atau diperoleh dari penggunaan Layanan Flip, Platform dan/atau Akun.

1.6 Fitur berarti termasuk suatu fungsi atau kemampuan khusus yang diciptakan, dikembangkan dan/atau dikelola oleh Kami, serta dapat digunakan, dinikmati dan/atau dimanfaatkan oleh Anda melalui Platform.

1.7 Hari Kerja berarti hari, selain hari Sabtu, Minggu, hari libur resmi nasional, dan hari lainnya yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai hari libur, dimana Bank beroperasi secara komersial.

1.8 Hukum Yang Berlaku berarti setiap hukum nasional, provinsi setempat, kota madya atau hukum lainnya, peraturan instansi, putusan, konstitusi, keputusan, aturan, kebijakan pemerintah yang mengikat, dan statuta dalam negara Republik Indonesia.

1.9 Layanan Flip berarti termasuk Layanan Transfer Dana oleh Flip yang dapat diakses melalui Platform, atau layanan lain yang mungkin diubah dan/atau ditambah dari waktu ke waktu.

1.10 Layanan Transfer Dana berarti layanan pemindahan dana dari Pengguna kepada Penerima yang diselenggarakan oleh Flip.

1.11 Penerima berarti perorangan, badan usaha atau badan hukum yang disebutkan dalam Perintah Transfer Dana untuk menerima Dana.

1.12 Perintah Transfer Dana berarti instruksi final yang diberikan oleh Pengguna kepada Flip untuk memindahkan sejumlah Dana dalam Saldo dan/atau Rekening Bank Pengguna ke rekening di suatu institusi perbankan atau non-perbankan milik Penerima yang tertera dalam Perintah Transfer Dana.

1.13 Perintah berarti Perintah Transfer Dana dan/atau instruksi final lain yang diberikan oleh Pengguna kepada Flip untuk melakukan transaksi sesuai dengan layanan yang diberikan oleh Flip dalam Platform, layanan mana mungkin diubah dan/atau ditambah dari waktu ke waktu.

1.14 Platform berarti aplikasi web (aplikasi yang dapat diakses melalui website/ situs) https://flip.id atau aplikasi mobile yang dikelola oleh Kami dan dapat diperbarui dari waktu ke waktu.

1.15 Rekening Bank Pengguna berarti rekening atas nama Pengguna pada institusi perbankan rekanan Flip yang telah didaftarkan Pengguna pada Platform.

1.16 Rekening Flip berarti rekening atas nama Flip pada institusi perbankan rekanan Flip dengan nomor rekening sebagaimana tercantum pada tampilan “Konfirmasi Transfer” pada Platform.

1.17 Saldo adalah uang elektronik milik Pengguna dalam Platform yang dapat digunakan untuk melakukan Transaksi, yang dioperasikan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan Flip.

1.18 Koin Flip adalah wadah yang dimiliki Pengguna dalam Platform yang berfungsi untuk menampung dana berupa kode unik berdasarkan nilai transfer dana yang dilakukan Pengguna dan menampung pengembalian dana dari transaksi yang gagal.

1.19 Transaksi Transfer Dana berarti proses pelaksanaan Layanan Transfer Dana oleh Flip sesuai dengan Perintah Transfer Dana dari Pengguna kepada Flip.

1.20 Transaksi berarti Transaksi Transfer Dana dan/atau transaksi lain sesuai dengan layanan yang diberikan oleh Flip dalam Platform, layanan mana mungkin diubah dan/atau ditambah dari waktu ke waktu.

1.21 Layanan Transfer Internasional adalah salah satu Layanan Transfer Dana yang dikhususkan untuk pengiriman uang ke luar wilayah Republik Indonesia dengan tujuan rekening perorangan, atau badan usaha.

2. Tentang Flip

2.1 Flip merupakan suatu Perseroan Terbatas yang menciptakan, mengelola, dan mengembangkan Platform yang berfungsi sebagai penyediaan Layanan Flip berupa transfer dana antar rekening bank, yang mana Flip telah memperoleh izin dari Bank Indonesia sebagai penyelenggara transfer dana No. 18/196/DKSP/68 tanggal 4 Oktober 2016.

2.2 Flip dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara transfer dana hanya bertanggung jawab untuk memastikan terlaksananya Transaksi sesuai dengan Perintah dan ketentuan Hukum Yang Berlaku.

3. Ketentuan Akun dan Verifikasi

3.1 Untuk dapat mengakses dan menggunakan Platform Anda harus mendaftarkan diri pada sistem yang terdapat di Platform dengan membuat Akun. Dalam proses pendaftaran diri sebagai pengguna, Anda wajib mengisi data pribadi secara lengkap dan jujur di halaman Akun, termasuk namun tidak terbatas pada nama lengkap, nomor telepon seluler, alamat e-mail, dan informasi lainnya yang dibutuhkan. Kami tidak bertanggung jawab atas akibat yang terjadi apabila terdapat informasi yang tidak benar, tidak akurat, maupun menyesatkan mengenai data pribadi yang Anda cantumkan pada Akun yang menyebabkan kerugian pada Anda maupun pihak ketiga.

3.2 Kami akan meminta informasi tambahan (“Informasi Tambahan”) terkait data pribadi Anda untuk tujuan verifikasi, antara lain:

3.2.1 Jika Anda adalah pengguna Akun reguler, maka harap memberikan (i) foto Kartu Tanda Penduduk atau paspor, (ii) swafoto Anda dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk atau paspor, (iii) nomor telepon, (iv) alamat email, (v) pekerjaan, serta (vi) foto diri Anda;

3.2.2 Jika Anda adalah pengguna Akun Flip for Business, maka harap memberikan (i) dokumen legalitas pendirian badan usaha/badan hukum Anda, (ii) Nomor Induk Berusaha, (iii) Izin Usaha, (iv) Nomor Pokok Wajib Pajak, (v) identitas dari perwakilan badan usaha/badan hukum Anda.

3.3 Apabila Anda tidak bersedia untuk memberikan Informasi Tambahan, Kami berhak untuk membatasi penggunaan Anda terhadap Platform dan Fitur di dalamnya termasuk untuk menolak pendaftaran Akun apabila Anda tidak melengkapi persyaratan data pribadi yang diwajibkan.

3.4 Anda dengan ini menyatakan bahwa Anda adalah orang yang cakap secara hukum dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.

3.5 Dalam hal Akun Anda telah terdaftar pada Platform, Anda tidak dapat melakukan pendaftaran Akun berikutnya dengan menggunakan data pribadi yang sama dengan Akun Anda yang telah terdaftar, kecuali jika Kami memberi izin bagi Anda untuk melakukan hal tersebut.

3.6 Dalam hal terdapat perubahan atas setiap informasi dan data pada Akun Anda, maka Anda wajib segera memperbarui informasi mengenai diri Anda. Anda menjamin bahwa seluruh informasi dan data yang tercatat dalam sistem Kami, merupakan informasi dan data yang paling terkini.

3.7 Anda dilarang untuk melakukan tindakan apapun, termasuk dalam atau melalui Platform, yang dapat merusak atau mengganggu reputasi Kami.

3.8 Anda dilarang untuk melakukan tindakan yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mengganggu maupun merusak sistem operasi Platform.

3.9 Anda dilarang untuk melakukan pengalihan dan/atau menjual Akun Anda yang telah terdaftar ke pihak lain tanpa persetujuan dari Kami.

3.10 Anda bertanggung jawab atas keamanan dan kerahasiaan Akun termasuk di dalamnya e-mail dan password Anda serta kode verifikasi yang dihasilkan dan dikirim oleh sistem Kami atau sistem pihak ketiga yang Kami tunjuk. Maka dari itu, Anda dengan ini menyatakan bahwa Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan Akun Anda yang diakibatkan oleh kelalaian atau kesalahan Anda. Apabila terdapat indikasi penyalahgunaan atas Akun Anda, Kami hanya dapat membantu Anda untuk memeriksa, menangguhkan, atau menghentikan penyalahgunaan akses terhadap Akun setelah Anda memberitahukan kepada Kami mengenai hal tersebut melalui fitur kontak kami pada Platform atau sarana komunikasi lainnya yang Kami sediakan dari waktu ke waktu.

3.11 Kami akan menganggap setiap Perintah atau Transaksi yang dilakukan melalui Akun Anda sebagai permintaan yang sah dari Anda.

4. Ketentuan Transaksi berdasarkan Perintah Transfer Dana dan Biaya Layanan Flip

4.1 Dalam hal Anda ingin melakukan Transaksi Transfer Dana dengan Layanan Flip, Anda akan dikenakan Biaya Layanan Flip jika sudah mencapai limit harian Layanan gratis atau memilih fasilitas Layanan berbayar. Anda harus terlebih dahulu mengirimkan Perintah Transfer Dana kepada Flip, dengan format isian yang telah Kami sediakan pada Platform, termasuk namun tidak terbatas pada informasi terkait jumlah Dana, informasi Penerima, rekening yang digunakan, dan berita. Anda perlu memastikan bahwa seluruh format isian telah diisi secara lengkap dan benar. Kami tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang mungkin timbul dari kelalaian, ketidaklengkapan, atau ketidaktepatan data atau Perintah Transfer Dana dari Anda.

4.2 Sebelum Transaksi Transfer Dana berdasarkan Perintah Transfer Dana dijalankan, Kami akan memberikan permintaan konfirmasi dari Anda untuk memastikan bahwa Anda bermaksud melanjutkan pelaksanaan Transaksi Transfer Dana. Jika Anda telah memberikan konfirmasi, Anda wajib melakukan pengiriman sejumlah Dana, termasuk di dalamnya jika ada Biaya Layanan Flip dan kode unik ke rekening yang telah ditentukan Flip.

4.3 Dalam hal Anda telah memiliki deposit pada Rekening Flip, Kami akan melakukan autentikasi berupa permintaan konfirmasi dari Anda dan Kami akan melaksanakan Transaksi Transfer Dana setelah Kami berhasil mengautentikasi Perintah Transfer Dana tersebut. Untuk mengautentikasi bahwa Perintah Transfer Dana berasal dari Anda, Kami mewajibkan Anda untuk mengisi password transaksi yang telah Anda buat pada saat pembuatan Akun. Apabila diperlukan, Kami akan mengirimkan One Time Password (OTP) ke nomor seluler/nomor handphone sesuai poin definisi data yang Anda daftarkan. Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas terjaganya keamanan dan kerahasiaan password transaksi dan OTP yang dikirim oleh sistem Kami atau sistem pihak ketiga yang Kami tunjuk. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat terjadinya penyalahgunaan password transaksi atau OTP yang bukan ditimbulkan dari kesalahan sistem Kami. Setiap autentikasi yang Anda lakukan akan dianggap sebagai bentuk konfirmasi dari Anda, di mana Kami berhak melakukan pengurangan langsung sejumlah Dana dan Biaya Layanan Flip untuk melaksanakan Transaksi Transfer Dana.

4.4 Setiap Perintah Transfer Dana yang telah Anda konfirmasi dan/atau Kami autentikasi tidak dapat dibatalkan. Oleh karenanya, Anda dianjurkan untuk memperhatikan dan memeriksa kembali setiap rincian dalam Perintah Transfer Dana. Segala kesalahan atas informasi yang diberikan merupakan tanggung jawab Anda seluruhnya.

4.5 Untuk keperluan mitigasi terjadinya penyalahgunaan Akun, penipuan, dan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan ketentuan Hukum Yang Berlaku, pemindahan Dana yang dilakukan baik dalam satu atau beberapa Perintah Transfer Dana dengan total maksimum sebesar Rp100.000.000,- (seratus juta Rupiah) akan memerlukan pemeriksaan dan pengecekan lebih lanjut oleh Flip. Anda memahami dan menyetujui bahwa dokumen dan/atau informasi tertentu mungkin disyaratkan oleh Flip untuk kepentingan ini. Flip berdasarkan pertimbangannya sendiri berhak untuk mengubah batasan jumlah Dana tersebut, yang mana perubahan tersebut akan diberitahukan kepada Anda melalui Syarat dan Ketentuan ini atau melalui media lainnya.

4.6 Dana milik Anda yang telah diterima oleh Flip hanya akan Kami gunakan untuk melaksanakan Transaksi Transfer Dana berdasarkan Perintah Transfer Dana dari Anda, dimana Dana tersebut tidak akan digunakan untuk membiayai kegiatan di luar kewajiban Kami terhadap Anda dan Penerima.

4.7 Anda memahami bahwa pelaksanaan Transaksi Transfer Dana berdasarkan Perintah Transfer Dana akan dibantu oleh pihak ketiga antara lain mitra bank atau lembaga jasa keuangan lainnya. Oleh karenanya, Anda dengan ini melepaskan Kami dari tanggung jawab atas setiap kesalahan atau keterlambatan pemrosesan transaksi pemindahan Dana kepada rekening bank Penerima yang dituju apabila kesalahan tersebut bukan disebabkan oleh sistem yang Kami kelola.

4.8 Kami menerima dan menjalankan setiap Perintah Transfer Dana yang masuk dari Akun Anda, termasuk konfirmasi dan/atau autentifikasi yang Anda berikan sebagai perintah yang sah dari Anda sebagai Pengguna yang terdaftar. Oleh karena itu, penggunaan Akun dan Layanan Flip merupakan tanggung jawab Anda seluruhnya dan Anda dianjurkan untuk tidak memberikan atau membiarkan pihak lain mengakses Akun pribadi Anda.

4.9 Kami berhak untuk tidak melaksanakan Transaksi Transfer Dana berdasarkan Perintah Transfer Dana apabila:

4.9.1 Anda tidak mengirimkan Dana kepada Kami dalam waktu yang ditentukan;

4.9.2 Jumlah Dana yang Anda kirimkan atau Dana pada deposit Anda tidak mencukupi;

4.9.3 Berdasarkan hasil pemeriksaan Kami, terdapat dugaan bahwa Transaksi Transfer Dana mengandung unsur penipuan atau tindakan pidana lainnya; dan/atau

4.9.4 Transaksi Transfer Dana tersebut merupakan suatu perbuatan yang melanggar ketentuan Hukum Yang Berlaku.

4.10 Anda memahami bahwa sesuai ketentuan Hukum Yang Berlaku terdapat transaksi-transaksi tertentu yang wajib Kami laporkan kepada lembaga pemerintah terkait.

4.11 Setelah Transaksi Transfer Dana berhasil terlaksana, Kami akan menerbitkan bukti Transaksi Transfer Dana yang telah berhasil dilaksanakan dan mengirimkannya kepada Anda.

5. Pernyataan dan Jaminan

Anda dengan tanpa syarat dan tidak dapat ditarik kembali menyatakan dan menjamin bahwa:

5.1 Jika Anda melakukan pendaftaran atau mengunduh Platform atas nama suatu badan hukum, persekutuan perdata atau entitas lainnya, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki kapasitas, hak dan wewenang yang sah untuk bertindak untuk dan atas nama badan hukum, persekutuan perdata atau entitas lainnya tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada mengikat badan hukum, persekutuan perdata atau entitas lainnya tersebut untuk tunduk pada seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini. Anda juga menjamin bahwa Layanan Flip, Platform maupun Akun akan digunakan untuk kepentingan Anda sendiri atau untuk kepentingan badan hukum, badan usaha, persekutuan perdata atau pihak lain yang secara sah Anda wakili.

5.2 Anda merupakan pihak yang cakap secara hukum (tidak cacat hukum), tidak dalam kondisi dipaksa atau diancam (tidak cacat kehendak), mempunyai kuasa dan kewenangan untuk sepakat, tunduk pada, mengikatkan diri serta melaksanakan seluruh tugas dan tanggung jawabnya yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.

5.3 Dana yang digunakan tidak diperoleh secara melawan hukum atau berhubungan dengan tindak pidana termasuk namun tidak terbatas pada tindakan pencucian uang, korupsi, dan tindak pidana lainnya berdasarkan Hukum Yang Berlaku, serta Anda memiliki hak atau kewenangan untuk memberikan Perintah Transfer Dana. Anda dengan ini bertanggung jawab sepenuhnya atas kebenaran atas setiap informasi yang Anda berikan kepada Kami, serta wajib bertanggung jawab secara perdata maupun pidana, apabila terdapat pernyataan yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya.

5.4 Anda dengan ini melepaskan Kami dari segala bentuk tanggung jawab dan wajib mengganti seluruh kerugian yang Kami alami atas penggunaan Platform untuk tindakan melanggar hukum, termasuk namun tidak terbatas pada tindakan pencucian uang, pendanaan terorisme, korupsi, dan tindak pidana lainnya berdasarkan Hukum Yang Berlaku. Seluruh Data baik yang telah Anda sampaikan atau cantumkan maupun yang akan Anda sampaikan atau cantumkan di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapi tidak terbatas pada hak kekayaan intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian Data oleh Anda kepada Kami atau melalui Platform tidak bertentangan dengan Hukum Yang Berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat.

5.5 Dengan menggunakan Layanan Flip melalui Platform, Anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Anda yang diterima oleh Kami akan diperlakukan sebagai suatu pembuktian yang valid, dan dengan demikian, Anda setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan Kami dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat timbul sehubungan dengan pelaksanaan instruksi Anda.

6. Data Pribadi Anda

Kami akan selalu menjaga data pribadi Anda dengan mengacu pada Syarat dan Ketentuan ini dan Hukum Yang Berlaku. Ketentuan lebih lanjut mengenai keamanan data pribadi Anda dapat diakses melalui Kebijakan Privasi Kami yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.

7. Pembatasan Hak Akses, Penangguhan Akun, dan Penutupan Akun

7.1 Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku untuk waktu tidak tertentu sampai berakhir karena alasan-alasan yang ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan.

7.2 Kami dengan kewenangan Kami sendiri dapat melakukan pembatasan hak akses dan penangguhan Akun untuk sementara waktu yang akan mengakibatkan Anda tidak dapat mengakses Akun Anda untuk sementara waktu atau secara permanen tanpa pemberitahuan terlebih dahulu oleh karena sebab-sebab sebagai berikut (“Sebab Penangguhan”):

7.2.1 pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan yang dilakukan dari Akun Anda;

7.2.2 pelanggaran terhadap Hukum Yang Berlaku yang dilakukan dari Akun Anda;

7.2.3 adanya dugaan Transaksi Transfer Dana yang mengandung unsur penipuan atau tindak pidana lainnya; atau

7.2.4 alasan lain yang berpotensi merugikan Kami baik secara langsung maupun tidak langsung.

7.3 Berdasarkan perintah dari otoritas yang berwenang dan/atau sesuai dengan ketentuan Hukum yang Berlaku, Kami dapat sewaktu-waktu melakukan pembatasan hak akses dan/atau penangguhan terhadap Akun Anda.

7.4 Setelah Kami melakukan pembatasan hak akses dan/atau penangguhan Akun, Kami akan memberitahukan hal tersebut kepada Anda sesegera mungkin melalui e-mail beserta sebab pembatasan hak akses dan/atau penangguhan Akun. Berdasarkan hasil pemeriksaan yang Kami lakukan, Kami akan memutuskan untuk mengembalikan Akun Anda ke keadaan semula setelah penyelesaian Sebab Penangguhan, atau menghentikan akses Anda secara permanen dan Anda memahami bahwa seluruh kerugian yang diderita oleh Anda selama penangguhan Akun merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya.

7.5 Kami juga berhak untuk melakukan penutupan atas Akun Anda untuk jangka waktu tertentu atau untuk seterusnya berdasarkan pertimbangan atau keputusan yang Kami anggap tepat, oleh karena sebab-sebab sebagai berikut (“Sebab Penutupan”):

7.5.1 Permintaan resmi dari Anda melalui jalur pengaduan resmi (“Bantuan”) pada aplikasi dan/atau website Flip, dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang diberikan oleh Kami;

7.5.2 Dalam hal Pengguna meninggal dunia, atau perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Pengguna wakilkan dinyatakan atau dimohonkan pailit atau likuidasi atau berada dalam kondisi pailit atau likuidasi;

7.5.3 Terdapat indikasi transaksi fraud yang Anda lakukan (baik berdasarkan hasil investigasi Kami dan/atau berdasarkan penyelidikan dari pihak kepolisian dan/atau pihak ketiga)

7.5.4 Kebijakan Kami sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku; atau

7.5.5 Penghentian kegiatan operasional Flip karena alasan apapun.

7.6 Dalam hal:

7.6.1 Pengguna meninggal dunia, maka keluarga/ahli waris yang hendak mengajukan penutupan Akun wajib melampirkan dokumen kelengkapan sebagai berikut melalui jalur Bantuan:

7.6.1.1 Fotokopi Akta Kematian Pengguna

7.6.1.2 Fotokopi KTP Pengguna

7.6.1.3 Fotokopi Kartu Keluarga Pengguna

7.6.1.4 Fotokopi KTP keluarga/ahli waris yang mengajukan penutupan

7.6.1.5 Fotokopi Kartu Keluarga dari keluarga/ahli waris yang mengajukan penutupan; dan

7.6.1.6 Fotokopi surat keterangan ahli waris yang diketahui oleh Kelurahan/ Kecamatan

7.6.2 Perusahaan, badan usaha, badan hukum atau persekutuan perdata yang Pengguna wakilkan dinyatakan pailit, maka Kami berhak bertindak sesuai dengan permintaan atau perintah yang diajukan oleh badan berwenang sesuai dengan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta berhak untuk mengajukan permintaan dokumen sehubungan dengan status Pengguna dan hal-hal terkait lainnya yang Kami anggap perlu.

7.6.3 Sehubungan dengan kondisi sebagaimana diatur pada Pasal 7.6.1 dan 7.6.2 di atas, Kami hanya akan melakukan penutupan Akun dan pengembalian saldo Anda setelah seluruh dokumen persyaratan di atas Kami nyatakan lengkap dan memadai.

7.6.4 Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Kami akan dibebaskan dari seluruh tagihan, tuntutan, gugatan, perkara dan tindakan dalam bentuk apapun sehubungan dengan penutupan Akun dan pengembalian saldo, termasuk yang diajukan oleh para ahli waris, pelaksana, pengurus atau pihak ketiga apapun.

7.7 Dalam hal terjadi pembatasan hak akses, penangguhan dan/atau penutupan Akun sebagaimana dimaksud pada Pasal 7.2 - 7.5 Syarat dan Ketentuan ini, Anda tidak dapat menggunakan Layanan Flip dan Perintah Transfer Dana yang telah diberikan kepada Kami sebelumnya tidak akan dijalankan selama Akun Anda masih dalam masa pembatasan hak akses dan/atau penangguhan.

7.8 Perlu diketahui bahwa jika Akun Anda ditangguhkan atau ditutup secara permanen, Kami akan mengembalikan seluruh Dana milik Anda yang masih berada pada penguasaan Kami paling lambat 10 (sepuluh) Hari Kerja sejak pemblokiran atau penutupan Akun berlaku efektif dan Dana yang dikembalikan adalah Dana yang telah dikurangi dengan Biaya Layanan Flip atau biaya lainnya yang masih tertunggak, kecuali jika berdasarkan pertimbangan Kami, diperlukan adanya penahanan bagian tertentu dari Dana milik Anda, seperti indikasi yang wajar bahwa bagian tersebut berhubungan dengan atau disebabkan oleh penipuan, penyalahgunaan dan/atau tindak pelanggaran hukum lainnya. Anda dengan ini memberikan kuasa, hak dan wewenang penuh yang tidak dapat dicabut kembali dan tanpa syarat kepada Kami dengan hak substitusi, untuk sewaktu-waktu, tanpa memerlukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda. Untuk menghindari keragu-raguan, minimal transfer dana yang dapat dilakukan melalui Flip atas pengembalian Dana adalah sebesar Rp10.000 (sepuluh ribu Rupiah).

7.9 Penutupan Akun dan pengembalian saldo sebagaimana diatur dalam Pasal 7.4 - 7.8 akan dilakukan setelah Anda menyelesaikan seluruh kewajiban Anda kepada Kami. Anda setuju bahwa Syarat dan Ketentuan ini akan tetap berlaku sampai seluruh kewajiban Anda telah dipenuhi.

7.10 Penangguhan dan/atau penutupan Akun Anda untuk sementara waktu atau permanen tidak membatasi Kami untuk menuntut ganti kerugian, melaporkan kepada pihak berwenang, dan/atau mengambil tindakan lain yang Kami anggap perlu untuk melindungi kepentingan Flip.

7.11  Kami juga memiliki kewenangan untuk memilih Pengguna yang dapat mengikuti program promo yang kami selenggarakan dan/atau menahan dan/atau membatalkan keikutsertaan Pengguna terhadap program promo tersebut apabila Pengguna diketahui memenuhi kriteria Sebab Penangguhan.

7.12 Sehubungan dengan penutupan Akun Anda, Anda dan Kami setuju untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sepanjang mengenai diperlukannya suatu putusan pengadilan untuk penutupan Akun dan/atau pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini.

8. Pengembalian Dana Deposit

Ketentuan pengembalian Dana milik Anda yang masih berada pada penguasaan Kami sebagaimana diatur pada Angka (7) ayat (8) di atas berlaku terhadap kondisi pengembalian apapun, termasuk namun tidak terbatas pada pengembalian Dana deposit untuk layanan Flip for Business. Dalam hal ini, dapat dicatat bahwa apabila Dana kurang dari Rp.10.000 (sepuluh ribu rupiah) maka dana tidak dapat ditarik.

9. Hak Kekayaan Intelektual

9.1 Platform, Fitur, nama, nama dagang, logo, nuansa, tampilan, tulisan, gambar, video, konten, kode pemrograman, layanan dan materi lainnya yang disediakan oleh Kami (“Materi”) dilindungi oleh hak kekayaan intelektual berdasarkan Hukum Yang Berlaku. Seluruh hak, kepemilikan dan kepentingan dalam Materi adalah milik Kami seluruhnya dan Kami memberikan Anda lisensi non-eksklusif yang terbatas, tidak dapat dijual dan tidak dapat dialihkan yang mana dapat dicabut atau ditarik kembali atas kewenangan Kami sendiri. Anda dengan ini memahami bahwa Anda tidak akan memiliki hak, kepemilikan atau kepentingan terhadap Materi kecuali ditentukan lain oleh Syarat dan Ketentuan ini.

9.2 Anda dilarang untuk menyalin, mengubah, mencetak, mengadaptasi, menerjemahkan, menciptakan karya tiruan dari, mendistribusikan, memberi lisensi, menjual, memindahkan, menggandakan, membuat karya turunan dari Materi, menyiarkan lewat media online maupun offline, membongkar, atau mengeksploitasi bagian mana pun dari Platform Kami.

9.3 Jika Kami menemukan adanya indikasi/ dugaan pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini khususnya perihal hak kekayaan intelektual, Kami berhak untuk melakukan investigasi lebih lanjut, mengakhiri akses Anda terhadap Platform beserta Fitur di dalamnya, serta melakukan upaya hukum lainnya untuk menindaklanjuti indikasi/ dugaan pelanggaran tersebut.

10. Larangan

10.1 Anda hanya dapat mengakses Platform dan menggunakan Fitur kepentingan pribadi dan usaha Anda tanpa melanggar hukum atau hak siapa pun. Pada saat mengakses Platform dan/atau menggunakan Fitur, Anda dilarang untuk:

10.1.1 dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas transmisi informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik atau informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik milik Pengguna lainnya, Penerima, atau Kami;

10.1.2 dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum dengan cara apa pun mengubah, menambah, mengurangi, melakukan transmisi, merusak, menghilangkan, memindahkan atau menyembunyikan suatu informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang tertera pada Platform baik yang bersifat pribadi atau publik;

10.1.3 dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan tindakan yang berakibat terganggunya akses ke Platform;

10.1.4 dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan sublisensi, memproduksi, menjual, mengadakan untuk digunakan oleh pihak lain, mendistribusikan, menyediakan atau mengakui kepemilikan Platform, Fitur, Materi, atau hak kekayaan intelektual lainnya milik Kami;

10.1.5 dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan manipulasi, perubahan, penghilangan, pengrusakan sebagian atau seluruh Platform;

10.1.6 memanfaatkan Platform dan/atau Fitur untuk melakukan transaksi yang mengandung unsur penipuan atau melanggar hak pihak ketiga serta melanggar ketentuan Hukum Yang Berlaku;

10.1.7 menggunakan program atau melakukan sesuatu yang dapat mengakses, mencari atau mendapatkan informasi yang bukan merupakan hak Anda dari Platform;

10.1.8 mengganggu keberlangsungan atau merusak server atau jaringan yang terhubung dengan Platform atau mengabaikan standar prosedur, aturan atau Hukum Yang Berlaku terhadap koneksi Internet;

10.1.9 mencoba mengakses bagian dari Platform yang mana Anda tidak mempunyai hak untuk melakukan akses terhadapnya;

10.1.10 melakukan tindakan plagiarisme atas Materi yang terdapat pada Platform;

10.1.11 melakukan atau berusaha melakukan reverse engineer, dekompilasi, pembongkaran terhadap kode pemrograman atau algoritma atau struktur yang terdapat di dalam Platform; atau

10.1.12 melakukan, menyuruh, turut serta, memberi bantuan atau memberi kesempatan untuk melakukan aktivitas yang melanggar Hukum Yang Berlaku, melanggar Syarat dan Ketentuan ini, melanggar hak pihak ketiga, atau beritikad buruk selama mengakses Platform.

10.2 Kami memiliki hak untuk menggugat secara perdata maupun melakukan proses hukum secara pidana atas seluruh perbuatan yang dilarang sebagaimana dimaksud dalam Pasal ini maupun Syarat dan Ketentuan ini secara keseluruhan.

11. Batasan Tanggung Jawab dan Ganti Rugi

11.1 Kami selalu berupaya untuk menjaga Platform Kami aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik. Namun, Kami tidak dapat menjamin bahwa Platform ini akan beroperasi secara terus-menerus atau akses ke Platform Kami dapat selalu sempurna.

11.2 Kami tidak dapat memungkiri kemungkinan Platform Kami sewaktu-waktu tidak dapat diakses, dalam perbaikan, atau mengalami kendala yang akan Kami perbaiki secepatnya. Penggunaan Anda terhadap Platform, Fitur, Layanan Flip, dan konten di dalamnya merupakan risiko Anda sendiri. Platform ini Kami sediakan bagi Anda dalam keadaan "sebagaimana adanya" dan "sebagaimana tersedia".

11.3 KAMI MENOLAK UNTUK MENJAMIN BAHWA APLIKASI BESERTA FITUR AKAN BEROPERASI TANPA TERGANGGU ATAU BAHWA APLIKASI DAN FITUR TERSEBUT AKAN BEBAS DARI CACAT RINGAN ATAU KESALAHAN YANG TIDAK MEMPENGARUHI KINERJA TERSEBUT SECARA MATERIIL, ATAU BAHWA SEGALA FITUR YANG TERDAPAT PADA APLIKASI DIRANCANG UNTUK MEMENUHI SEMUA KEBUTUHAN ANDA.

11.4 Segala kerusakan yang terjadi pada jaringan komputer, telepon seluler, aplikasi, atau perangkat lainnya milik Anda akibat penggunaan Platform merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya, sepanjang diizinkan oleh Hukum Yang Berlaku.

11.5 Sepanjang diizinkan Hukum Yang Berlaku, Kami dengan ini tidak bertanggung jawab dan Anda setuju untuk tidak mengajukan klaim kepada Kami atas segala akibat, kerugian, dan/atau kerusakan yang terjadi akibat namun tidak terbatas pada:

11.5.1 (i) hilangnya penggunaan; (ii) hilangnya keuntungan; (iii) hilangnya pendapatan; (iv) hilangnya data; (iv) hilangnya keuntungan yang diperkirakan, untuk setiap kasus baik secara langsung maupun tidak langsung;

11.5.2 kerugian tidak langsung, kerugian immateriil, insidentil, khusus atau konsekuensial, yang timbul dari atau sehubungan dengan penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan Platform, Fitur, Layanan Flip, termasuk, dengan tidak terbatas pada, setiap kerugian yang diakibatkan olehnya, baik jika Flip telah diberi tahu atau tidak tentang kemungkinan kerugian tersebut;

11.5.3 kesalahan Anda dalam memberikan Perintah Transfer Dana, termasuk namun tidak terbatas pada kesalahan data Penerima, kesalahan jumlah dana, dan Perintah Transfer Dana ganda karena kesalahan Anda yang masuk ke sistem Kami sehingga menyebabkan Transaksi Transfer Dana ganda;

11.5.4 kelalaian Anda dalam menjaga keamanan dan kerahasiaan password Akun, password Transaksi, OTP dan/atau kode sistem keamanan lainnya yang berfungsi untuk mengautentifikasi suatu tindakan yang dilakukan oleh Anda;

11.5.5 transaksi yang mendasari dilakukannya transfer Dana antara Pengguna dengan Penerima;

11.5.6 tidak terlaksananya Transaksi Transfer Dana berdasarkan Perintah Transfer Dana karena kurangnya dana pada deposit Pengguna atau kelalaian Pengguna dalam membayar total Dana dan Biaya Layanan Flip ke rekening yang Kami tentukan;

11.5.7 tidak terlaksananya Transaksi Transfer Dana berdasarkan Perintah Transfer Dana karena jika dilaksanakan akan melanggar suatu Ketentuan Hukum Yang Berlaku;

11.5.8 adanya perintah dari lembaga pemerintah yang berwenang atau berdasarkan suatu ketentuan Hukum Yang Berlaku, mewajibkan Flip untuk menghentikan pemrosesan Transaksi Transfer Dana terkait;

11.5.9 pemblokiran Rekening berdasarkan perintah dari lembaga pemerintah yang berwenang atau diwajibkan untuk dilakukan oleh Flip berdasarkan suatu ketentuan Hukum Yang Berlaku;

11.5.10 ketidakakuratan atau tidak benarnya informasi yang disampaikan oleh Pengguna;

11.5.11 kelalaian atau kesalahan yang Anda lakukan selama mengakses dan/atau menggunakan Platform dan/atau Fitur;

11.5.12 penggunaan Platform dan/atau Fitur yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini maupun ketentuan turunan lainnya;

11.5.13 gangguan, bug, ketidakakuratan serta kecacatan yang ada pada Platform sepanjang Kami telah melaksanakan upaya wajar yang diperlukan untuk memperbaiki Platform;

11.5.14 kerusakan jaringan komputer, telepon seluler, atau perangkat elektronik Anda akibat penggunaan Platform dan/atau Fitur;

11.5.15 kelalaian Anda dalam menjaga keamanan Akun termasuk apabila terjadi penyalahgunaan Akun Anda yang dilakukan oleh pihak lain yang memiliki akses terhadap Akun Anda;

11.5.16 virus ataupun hal berbahaya lainnya yang diperoleh dengan mengakses Flip; dan

11.5.17 peretasan yang dilakukan pihak ketiga kepada Akun Anda;

11.5.18 kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan Kami, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.

11.6 Kami akan melakukan tindakan-tindakan dalam batas yang wajar untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi dalam hal terdapat kesalahan transaksi melalui Platform yang timbul akibat kelalaian Anda.

11.7 ANDA MENGAKUI DAN SETUJU BAHWA DALAM HAL TERDAPAT KERUGIAN YANG ANDA DERITA DALAM PENGGUNAAN LAYANAN FLIP YANG TELAH TERBUKTI DISEBABKAN OLEH KESALAHAN ATAU KELALAIAN FLIP, MAKA KEWAJIBAN FLIP KEPADA ANDA ATAU KEPADA PIHAK KETIGA TERBATAS PADA JUMLAH BIAYA TRANSAKSI YANG TELAH DIBAYARKAN. Jumlah maksimum yang akan Kami tanggung dalam kondisi apapun atas kerugian nyata (materiil) yang terbukti dialami, yaitu hanya terbatas pada jumlah yang paling rendah antara jumlah biaya transaksi yang telah dibayarkan tersebut (yang tercatat sesuai di sistem Kami) atau maksimum senilai Rp 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah).

11.8 Anda dengan ini setuju bahwa akan melepaskan Kami dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Kami (termasuk afiliasi, direktur, komisaris, pemegang saham, karyawan, dan/atau wakil sah Kami) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul akibat pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini oleh Anda, termasuk penggunaan, pemanfaatan dan pemakaian Data, Akun (termasuk Saldo), Layanan dan/atau Platform Kami yang tidak semestinya dan/atau karena pelanggaran yang Anda lakukan terhadap Hukum Yang Berlaku atau hak-hak pihak ketiga.

11.9 Untuk kepentingan Pasal ini, afiliasi berarti (i) dalam kaitannya dengan badan hukum: pihak lain yang, secara langsung atau tidak langsung mengontrol, berada di bawah kontrol bersama dengan atau dikontrol secara langsung atau tidak langsung oleh Flip, atau (ii) dalam kaitannya dengan individu, siapapun yang mempunyai hubungan kerja atau bertindak sebagai wakil atau kuasa dari Flip.

12. Penyelesaian Perselisihan

12.1 Seluruh perselisihan yang muncul antara Anda dan Kami sehubungan dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini diselesaikan secara musyawarah dan mufakat, dengan jangka waktu 30 (tiga puluh) hari sejak perselisihan tersebut diinformasikan kepada Kami.

12.2 Sebelum menghubungi Kami secara langsung untuk melakukan perundingan penyelesaian masalah atau sengketa, Anda wajib untuk merahasiakan segala informasi terkait dengan Perselisihan maupun proses penyelesaiannya dan karenanya dilarang untuk dengan cara apapun menyebarkan, mengumumkan, memberitahukan, membuat tulisan-tulisan kepada pihak manapun terkait adanya Perselisihan tersebut maupun proses penyelesaiannya, termasuk tetapi tidak terbatas, melalui media massa (online, cetak, televisi atau media lainnya) yang dapat menyudutkan Flip. Jika Anda melanggar ketentuan ini, Anda dengan ini mengetahui dan setuju bahwa seluruh atau sebagian hak Anda untuk menggunakan Layanan Flip, Platform, dan/atau Akun dapat sewaktu-waktu diakhiri atau dinonaktifkan oleh Kami baik untuk sementara waktu maupun untuk seterusnya.

12.3 Apabila tidak tercapai kesepakatan dari musyawarah dan mufakat, maka gugatan secara perdata hanya dapat diajukan di Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI), yang beralamat di Wahana Graha Lt. 2, Jl. Mampang Prapatan No. 2, Jakarta 12760 atau sebagaimana diubah dari waktu ke waktu. Proses akan dilaksanakan di Jakarta dan diselenggarakan menggunakan Bahasa Indonesia dengan majelis arbitrase yang terdiri dari 3 (tiga) arbiter yang ditunjuk berdasarkan prosedur BANI dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Putusan arbitrase bersifat final dan mengikat.

12.4 Selama perselisihan dalam proses penyelesaian, Anda wajib untuk tetap melaksanakan kewajiban-kewajiban yang Anda harus penuhi menurut Syarat dan Ketentuan ini.

13. Risiko Pengunaan

13.1 Dalam menggunakan Platform, Anda memahami bahwa terdapat kemungkinan dan risiko penipuan yang mengatasnamakan Flip. Oleh karena itu, Kami mengingatkan Anda untuk selalu berhati-hati dalam menerima informasi dan menjaga keamanan akun Anda dari segala tindak kejahatan dengan:

13.1.1 Tidak melakukan transfer ke rekening yang mengatasnamakan Flip, berdasarkan Perintah Transfer Dana yang tidak anda perintahkan sebelumnya melalui Platform.

13.1.2 Mengetahui bahwa Kami tidak pernah meminta kode rahasia, password, maupun kode OTP kepada Anda. Oleh karena itu, Anda harus selalu berhati-hati dan tidak menanggapi segala bentuk perintah maupun permintaan yang dikirim melalui e-mail ataupun website atau situs palsu selain daripada Platform, yang menduplikasi dan/atau mengatasnamakan Flip yang ditujukan untuk percobaan penipuan dengan cara permintaan kode rahasia, password, maupun kode OTP.

13.1.3 Hanya menghubungi Kontak Kami sebagaimana tertera dalam Syarat dan Ketentuan ini untuk menyampaikan pesan Anda, dan tidak menanggapi setiap orang yang mengatasnamakan Flip kecuali sebagaimana disebutkan dalam Syarat dan Ketentuan ini.

13.1.4 Langsung menghubungi dan melaporkan kejadian kepada Kontak Kami, dalam hal terjadi kehilangan akses terhadap Akun dan perangkat yang Anda gunakan.

14. Lain-lain

14.1 Syarat dan Ketentuan ini dibuat, dilaksanakan, tunduk dan ditafsirkan berdasarkan ketentuan hukum Republik Indonesia.

14.2 Syarat dan Ketentuan ini mencakup ketentuan akses atas Platform yang berlaku sebagai perjanjian yang sah antara Flip dan Anda. Anda tidak dapat mengalihkan hak dan kewajiban Anda dalam Syarat dan Ketentuan ini kepada pihak ketiga manapun.

14.3 Kami selalu berusaha untuk memberikan layanan yang terbaik untuk Anda dalam mengakses Platform Kami sehingga Kami berhak untuk melakukan perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini guna menyesuaikan dengan perkembangan bisnis dan ketentuan Hukum Yang Berlaku. Perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu akan diunggah ke Platform tanpa kewajiban pemberitahuan sebelumnya, oleh karenanya Kami menghimbau agar Anda membaca perubahan dari Syarat dan Ketentuan ini dengan seksama dan memeriksa laman ini dari waktu ke waktu agar mengetahui perubahan apapun yang dibuat. Untuk menghindari keragu-raguan maka dalam kondisi apapun Anda memahami dan setuju bahwa versi Syarat dan Ketentuan yang paling terkini akan kami unduh pada aplikasi web dan versi terakhir tersebut yang akan berlaku. Oleh karenanya Anda setuju untuk tidak akan mengajukan klaim dalam bentuk apapun sehubungan dengan perbedaan yang ada dengan versi lainnya. Dengan tetap mengakses Platform, Anda menyatakan telah membaca, mengerti dan setuju untuk mengikatkan diri pada perubahan Syarat dan Ketentuan ini.

14.4 Apabila terdapat ketentuan atau bagian dari Syarat dan Ketentuan ini yang menjadi tidak sah, tidak dapat diterapkan atau menjadi tidak berlaku, maka ketentuan atau bagian tersebut akan dianggap dihapus dari Syarat dan Ketentuan ini dan ketentuan lainnya dari Syarat dan Ketentuan ini akan tetap berlaku sepenuhnya.

14.5 Syarat dan Ketentuan ini dapat diterjemahkan ke bahasa asing lainnya selain Bahasa Indonesia yang disediakan oleh Kami. Terdapat kemungkinan bahwa beberapa bagian dalam Syarat dan Ketentuan ini memiliki arti, maksud, atau pengertian yang berbeda ketika diterjemahkan ke bahasa asing lainnya. Apabila terdapat perbedaan penafsiran antara versi Bahasa Indonesia dan versi bahasa asing, maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku dan Anda dianjurkan untuk merujuk kepada versi Bahasa Indonesia.

15. Kontak Kami

15.1 Dalam hal Anda mengalami kendala atau memiliki pertanyaan, permintaan, atau keluhan terkait Akun dan/atau Layanan Flip selama Anda menggunakan Platform, Anda dapat menghubungi kami melalui e-mail [email protected][email protected] atau telepon ke nomor 02130002424.

15.2 Untuk merespon pertanyaan atau pengaduan Anda, Kami akan terlebih dahulu melakukan verifikasi atas data Anda. Kami berhak untuk menolak pemrosesan pertanyaan atau pengaduan Anda jika data yang Anda berikan tidak sesuai dengan data yang tertera pada sistem Kami.

15.3 Kami akan memberikan upaya terbaik Kami untuk membantu Anda menyelesaikan setiap kendala yang Anda alami. Agar Kami dapat meningkatkan layanan Kami, setiap korespondensi antara Anda dengan Kami dapat kami catat atau kami rekam.


Syarat dan Ketentuan Produk Pembiayaan Flip 

Selamat datang di laman Produk Pembiayaan Flip. Terima kasih telah mengakses dan/atau menggunakan laman dan/atau Produk Pembiayaan Flip.

Syarat dan Ketentuan Produk Pembiayaan Flip merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Penggunaan Platform Flip. Anda atau Pengguna diwajibkan untuk membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan Platform Flip sebelum lebih lanjut dapat membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Produk Pembiayaan Flip di yang tertera pada halaman ini (“Syarat dan Ketentuan Produk Pembiayaan”).

Syarat dan Ketentuan Produk Pembiayaan ini mengatur penyediaan oleh Flip yang bekerja sama dengan Mitra Pembiayaan (sebagaimana didefinisikan di bawah ini) atas Produk Pembiayaan Flip dan pengaksesan serta penggunaan layanan Produk Pembiayaan Flip oleh Pengguna yang terdapat dalam Platform (“Layanan Produk Pembiayaan”). 

Seluruh istilah dengan awalan huruf kapital dalam Syarat dan Ketentuan Produk Pembiayaan ini, memiliki makna yang sama sebagaimana didefinisikan dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Platform dan Kebijakan Privasi Platform yang tersedia pada Platform. Kecuali ditentukan lain dalam Syarat dan Ketentuan Produk Pembiayaan ini, Pengguna terikat pada ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan Penggunaan Platform serta Kebijakan Privasi Platform,. 

1. Definisi dan Ketentuan Umum Layanan Produk Pembiayaan Flip

1.1. Fasilitas Pembiayaan merupakan fasilitas pembiayaan yang ditawarkan dan/atau disediakan oleh Mitra Pembiayaan rekanan Flip.

1.2. Produk Pembiayaan Flip merupakan salah satu layanan produk pembiayaan yang dipasarkan melalui Platform dengan skema kerja sama referral di antara Flip dan Mitra Pembiayaan.

1.3. Mitra Pembiayaan merupakan pihak ketiga antara lain, namun tidak terbatas pada, bank atau lembaga pembiayaan lainnya yang telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan dan telah bekerja sama dengan Flip untuk memasarkan Produk Pembiayaan Flip.

1.4. Mitra Penyelenggara Sertifikat Elektronik atau Mitra PSrE merupakan pihak ketiga yang bekerjasama dengan Flip untuk menyediakan,layanan sertifikat elektronik, termasuk namun tidak terbatas pada layanan tanda tangan elektronik, yang telah terdaftar dan diakui oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

1.5. Ketentuan lainnya yang tidak secara tegas diatur dalam Syarat dan Ketentuan Produk Pembiayaan ini, akan mengacu pada ketentuan-ketentuan yang diatur pada Syarat dan Ketentuan Penggunaan Platform dan/atau sebagaimana ditentukan dalam Kebijakan Privasi Platform.

1.6. Pengguna memahami bahwa Flip hanya melakukan pemasaran dengan skema kerja sama referral dengan Mitra Pembiayaan yang menyediakan Produk Pembiayaan Flip. Oleh karenanya, Flip tidak menjamin diterimanya permohonan Fasilitas Pembiayaan oleh Mitra Pembiayaan. Pengguna dipersyaratkan untuk membaca syarat dan ketentuan milik Mitra Pembiayaan yang terdapat pada platform milik Mitra Pembiayaan yang relevan untuk ketentuan lebih lanjut mengenai Fasilitas Pembiayaan yang ditawarkan dan/atau disediakan kepada Pengguna. Lebih lanjut, Pengguna memahami bahwa seluruh keputusan mengenai penerimaan atau penolakan Fasilitas Pembiayaan merupakan kewenangan dan tanggung jawab seluruhnya dari Mitra Pembiayaan.

1.7. Setiap Pengguna yang mengajukan permohonan Fasilitas Pembiayaan akan menandatangani formulir permohonan, perjanjian/akad pembiayaan, dan/atau dokumen lainnya yang dipersyaratkan dan/atau diperlukan oleh Mitra Pembiayaan (“Dokumen Fasilitas Pembiayaan”). Ketentuan mengenai Dokumen Fasilitas Pembiayaan lebih lanjut akan diatur oleh masing-masing syarat dan ketentuan dari Mitra Pembiayaan yang relevan.

1.8. Pengguna dengan ini melepaskan dan membebaskan Flip dari segala bentuk kerugian, klaim, pengeluaran, kerusakan, kewajiban, biaya, gugatan, dan/atau tuntutan apapun sehubungan dengan penyalahgunaan Platform, termasuk Layanan Produk Pembiayaan dalam hal terdapat penolakan oleh Mitra Pembiayaan, pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini, Syarat dan Ketentuan Penggunaan Platform, dan/atau Kebijakan Privasi Platform oleh Pengguna.

2. Formulir Pendaftaran

2.1. Untuk dapat mengakses dan menggunakan Layanan Produk Pembiayaan, Pengguna wajib mengisi formulir pendaftaran diri (“Formulir”) serta melengkapi dokumen persyaratan yang diperlukan sebagaimana dirinci pada Platform dan/atau yang dimintakan secara khusus kepada Pengguna untuk keperluan verifikasi. Pengguna wajib untuk menyampaikan informasi dan/atau dokumen yang disyaratkan dengan benar dan akurat dalam Formulir. Kami tidak bertanggung jawab atas akibat yang terjadi apabila terdapat informasi yang tidak benar, tidak akurat, maupun menyesatkan mengenai data dan informasi yang dicantumkan oleh Pengguna pada Formulir yang menyebabkan kerugian pada pihak lain.

2.2. Apabila Pengguna tidak bersedia untuk memberikan seluruh persyaratan yang diminta, Flip berhak untuk membatasi, menahan atau menolak permohonan Pengguna terhadap Layanan Produk Pembiayaan.

2.3. Dokumen serta data-data yang dimaksud pada Pasal 2.1 akan digunakan untuk tujuan pelaksanaan referral Produk Pembiayaan dan/atau pengembangan Platform, termasuk namun tidak terbatas untuk tujuan analisis, verifikasi, validasi atau pemeriksaan terhadap profil Pengguna.

2.4. Sehubungan dengan tujuan penggunaan dokumen sebagaimana dimaksud Pasal 2.3, Pengguna telah memahami dan memberikan persetujuan tanpa syarat kepada Flip untuk mengungkapkan informasi yang terdapat pada Formulir, termasuk juga Data Pribadi Pengguna untuk keperluan pendaftaran. Pengguna lebih lanjut mengizinkan Flip untuk menyediakan akses, mengungkapkan dan mengirimkan Data Pribadi tersebut kepada pihak ketiga terpilih yang membantu dan/atau bekerja sama dengan Flip dalam menyediakan dan/atau mengembangkan Layanan Produk Pembiayaan dan/atau Layanan Flip, termasuk Mitra Pembiayaan dan/atau lembaga penilai kredit untuk pembiayaan yang telah berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (“Pihak Ketiga Terpilih”). Pengguna dengan ini membebaskan Flip dari segala bentuk kerugian, klaim, pengeluaran, kerusakan, kewajiban, biaya, gugatan, dan/atau tuntutan apapun sehubungan dengan kegagalan Pihak Ketiga Terpilih untuk mengamankan informasi yang terdapat pada Formulir serta Data Pribadi Pengguna. Pengguna sepenuhnya mengakui bahwa persetujuan ini diberikan tanpa paksaan, dalam kondisi cakap, dan dengan keadaan sadar.

3. Fasilitas Pembiayaan

3.1. Nilai plafon atas Fasilitas Pembiayaan yang dapat diperoleh oleh Pengguna sejumlah maksimal Rp 10.000.000 (sepuluh juta Rupiah) per Invoice (“Plafon”). Pengguna dapat mengajukan pencairan atas Invoice yang lain apabila (i) masih ada sisa dari Plafon yang diberikan dan (ii) angsuran atas pembelian sebelumnya telah dilunasi.

3.2. Apabila permohonan Fasilitas Pembiayaan yang diajukan oleh Pengguna telah disetujui oleh Mitra Pembiayaan, maka persetujuan tersebut berlaku selama jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal persetujuan disampaikan oleh Flip kepada Pengguna melalui media yang ditentukan oleh Flip (“Jangka Waktu Persetujuan Pembiayaan”). Apabila Pengguna tidak menyampaikan Dokumen Fasilitas Pembiayaan, termasuk namun tidak terbatas pada bukti Invoice pembelian, sampai dengan Jangka Waktu Persetujuan Pembiayaan berakhir, maka persetujuan tersebut dianggap hapus dan Pengguna harus mengajukan ulang permohonan Fasilitas Pembiayaan.

3.3. Ketentuan lebih lanjut sehubungan dengan penyampaian Invoice, dapat merujuk pada syarat dan ketentuan Invoice di Help Center Article.

3.4. Pengguna hanya dapat mengajukan permohonan Fasilitas Pembiayaan berikutnya apabila:

a. permohonan Fasilitas Pembiayaan sebelumnya yang telah disetujui dan dicairkan oleh Mitra Pembiayaan sudah mencapai limit Plafon; dan

b. tidak ada angsuran (re-payment) yang tertunggak atas Fasilitas Pembiayaan sebelumnya. 

4. Tanda Tangan Elektronik

4.1. Dalam pengajuan permohonan Fasilitas Pembiayaan oleh Pengguna, Mitra Pembiayaan dan/atau Flip mungkin dan/atau dapat bekerja sama dengan Mitra PSrE untuk melaksanakan proses penandatanganan Dokumen Fasilitas Pembiayaan antara Pengguna dan Mitra Pembiayaan.

4.2. Sebelum Pengguna melaksanakan proses penandatanganan, Pengguna diwajibkan untuk melengkapi data dan/atau informasi yang diperlukan dan/atau yang dimintakan secara khusus kepada Pengguna untuk keperluan verifikasi oleh Mitra PSrE (“Tahap Verifikasi”). Flip tidak akan bertanggung jawab atas akibat yang terjadi apabila terdapat informasi yang tidak benar, tidak akurat, maupun menyesatkan mengenai data dan/atau informasi yang dicantumkan oleh Pengguna pada Tahap Verifikasi yang menyebabkan kerugian pada pihak lain.

4.3. Dokumen serta data-data yang dimaksud pada Tahap Verifikasi akan digunakan oleh Mitra PSrE untuk tujuan verifikasi Pengguna sebagai satu-satunya pihak yang sah dan berwenang untuk melakukan proses penandatanganan sebagaimana disyaratkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

4.4. Sehubungan dengan tujuan penggunaan data sebagaimana dimaksud pada Pasal 3.3 di atas, Pengguna telah memahami dan memberikan persetujuan tanpa syarat kepada Flip untuk mengungkapkan informasi yang diperoleh saat Tahap Verifikasi untuk keperluan proses penandatanganan Dokumen Fasilitas Pembiayaan dan Pengguna mengizinkan Flip untuk menyediakan akses, mengungkapkan dan mengirimkan data dan/informasi tersebut kepada Mitra PSrE, serta membebaskan Flip dari segala bentuk kerugian, klaim, pengeluaran, kerusakan, kewajiban, biaya, gugatan, dan/atau tuntutan apapun sehubungan dengan kegagalan Mitra PSrE dalam mengamankan data dan/atau informasi yang diperoleh saat Tahap Verifikasi serta Data Pribadi Pengguna. Pengguna sepenuhnya mengakui bahwa persetujuan ini diberikan tanpa paksaan, dalam kondisi cakap, dan dengan keadaan sadar.

5. Lain-lain

5.1. Apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut sehubungan dengan hal-hal yang belum cukup diatur dalam Syarat dan Ketentuan Produk Pembiayaan ini, Pengguna dapat menghubungi Flip, melalui korespondensi email [email protected] atau melalui telepon di nomor 021-30002424. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Fasilitas Pembiayaan harap menghubungi masing-masing Mitra Pembiayaan yang relevan melalui korespondensi sebagaimana tercantum pada masing-masing platform milik Mitra Pembiayaan.

5.2. Flip dapat dari waktu-ke-waktu melakukan perubahan atas ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan Produk Pembiayaan ini. Versi terbaharui dari Syarat dan Ketentuan Produk Pembiayaan ini akan ditampilkan pada laman yang sama.

5.3. Syarat dan Ketentuan Produk Pembiayaan ini dapat diterjemahkan ke dalam bahasa asing oleh Flip. Dalam hal terdapat kemungkinan perbedaan penafsiran antara versi Bahasa Indonesia dan versi bahasa asing, maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku.

Dengan menekan tanda “Setuju” pada halaman Syarat dan Ketentuan Produk Pembiayaan ini, Pengguna menyatakan telah membaca, mengerti dan memberikan persetujuannya untuk mengikatkan diri serta tunduk pada seluruh ketentuan yang tertuang dalam Syarat dan Ketentuan Produk Pembiayaan ini.

Tanggal Perubahan Terakhir: 9 Desember 2022


 

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.5

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi