mural
homeforward
Mengenal Istilah Penting dalam Ekspor Impor

Mengenal Istilah Penting dalam Ekspor Impor

Berminat dengan bisnis ekspor impor? Ingin menambah pelanggan usahamu hingga ke luar negeri? Pastikan kamu belajar istilah ekspor impor penting. Selain untuk wawasan dan pengetahuan dagang, mengetahui istilah-istilah tersebut akan mengurangi kebingungan saat mendapat pertanyaan, misalnya ketika hendak mengurus dokumen penting.

Apa saja istilah-istilah yang patut kamu ketahui?

Baca juga: Untung dan Rugi Menggunakan FOB Destination Point

 

Custom Clearance

Custom clearance adalah semua kegiatan terkait pengelolaan, pemeriksaan, dan pemberian izin suatu produk sebelum masuk atau keluar dari suatu wilayah. Istilah ini juga bisa merujuk pada dokumen-dokumen yang dikeluarkan petugas kepabeanan yang menyatakan bahwa suatu produk atau komoditas boleh dibawa masuk dan keluar wilayah.

CIF, CNF, OFR, AFR

Berbagai inisial ini menyangkut biaya pengangkutan komoditas atau produk sehingga sebaiknya dibahas dalam satu tempat. Inilah deskripsi singkat mereka.

1. CIF (Cost, Insurance, Freight)

CIF merujuk pada keseluruhan biaya yang dibutuhkan untuk mengangkut komoditas, yaitu biaya pengiriman, asuransi, serta biaya kapal.

2. CNF (Cost and Freight)

CNF hampir mirip dengan CIF. Bedanya, CNF tidak memperhitungkan asuransi dalam pembiayaan angkutan komoditasnya.

3. OFR (Ocean Freight Rate)

OFR adalah istilah untuk menggambarkan ongkos dasar pengiriman produk menggunakan kapal. Karena menggunakan kontainer, OFR biasanya dihitung menggunakan satuan per kubik meter.

4. AFR (Air Freight Rate)

AFR mirip dengan OFR; bedanya, AFR menggunakan pesawat serta satuan kilogram atau pound.

Container Freight Station

Container Freight Station adalah lokasi di mana berbagai kontainer ditata dan dikelompokkan. Hal ini akan memudahkan proses pemilihan dan pengangkutan agar lebih akurat serta tepat waktu. CFS tidak harus selalu berada di pelabuhan; tempat ini bisa dekat dengan stasiun kereta api atau jalan utama, misalnya.

Container Yard 

Banyak orang yang mungkin masih mengelirukan Container Freight Station dengan Container Yard. Keduanya berbeda: Container Yard biasanya berada di dalam area pelabuhan, sedangkan CFS tidak perlu. Sistem CFS juga biasanya lebih rumit dan canggih.

Ex Work

Ex Work adalah istilah ekspor impor yang sering diungkapkan saat bertransaksi dengan metode FOB destination pointEx work berarti komoditas atau produk telah diserahterimakan secara resmi di lokasi pilihan si pembeli.

Ex work juga bisa menandakan harga barang yang “polosan” untuk ekspor impor. Maksudnya, perhitungan harganya belum termasuk hal lain seperti dokumen resmi, biaya pengemasan, dan sebagainya.

Seal

Seal (segel) adalah istilah untuk alat pengunci yang mengamankan isi kontainer sebelum diangkut dan dikirimkan. Disebut juga security seal, benda ini memiliki kode yang menandakan identitas serta isi kontainer.

POL dan POD

POL dan POD menandakan lokasi di pelabuhan yang fungsinya berbeda walau sama-sama penting untuk mengelola kontainer.

  • POL adalah Port of Loading, yaitu area khusus untuk mengisi dan memuat kontainer agar siap diberangkatkan.
  • POD adalah Port of Discharge, yaitu area khusus untuk membongkar kontainer sebelum mengangkut atau mendistribusikan isinya setelah diturunkan dari kapal.

Demurrage

Kontainer yang ada di pelabuhan tidak “tinggal” secara gratis, lho! Demurrage adalah istilah untuk waktu sewa yang dikenakan ke kontainer yang ditinggal di pelabuhan peti kemas. 

Batas waktu perhitungan dan pembayaran dimulai dari saat kontainer memasuki pelabuhan dan berakhir saat kontainer diangkut ke kapal, siap berangkat.

Detention

Hampir mirip dengan demurrage, detention adalah batas waktu biaya yang dikenakan untuk kontainer yang sudah kosong atau diangkut isinya, tetapi belum dikembalikan.

Konsolidasi

Konsolidasi merupakan tindakan pemuatan dua atau lebih produk ekspor ke dalam satu kontainer sebelum diangkut ke kapal dan dikirimkan. Tujuannya biasanya adalah menghemat biaya pengiriman.

DDP dan DDU Shipment

DDP (Delivered Dutytax Paid) adalah ketentuan dagang di mana penjual bertanggung jawab atas risiko yang berlangsung selama pengiriman. Kewajiban ini juga termasuk pajak, perizinan, biaya kontainer, dan sebagainya. Intinya, pembeli tinggal menerima saja.

Sebaliknya, DDU (Delivered Dutytax Paid) adalah ketentuan dagang di mana pembeli yang bertanggung jawab akan semua aspek pembiayaan pengiriman, termasuk pajak dan biaya kontainer.

Dwelling Time

Bongkar muat kontainer cukup memakan waktu. Dwelling time adalah istilah untuk waktu bongkar muat kontainer di dalam pelabuhan. Waktunya biasanya dihitung sejak kontainer memasuki pelabuhan atau diangkut dari kapal, siap dibongkar.

Certificate of Origin

Kalau kamu mengimpor atau mengekspor produk yang keunggulannya adalah berasal dari lokasi tertentu, kamu akan menemukan banyak sebutan certificate of origin. Sertifikat tersebut adalah pernyataan resmi terkait keaslian asal-usul komoditas tersebut, misalnya kopi atau cokelat.

SRP

Di Indonesia, SRP adalah Surat Registrasi Pabean. Dokumen ini menyatakan bahwa suatu perusahaan atau bisnis telah memenuhi syarat dari kantor bea cukai untuk melakukan impor barang.


Baca juga: FOB Shipping Point dan FOB Destination Ternyata Beda: Apa Saja?

Mengetahui istilah ekspor impor bukan satu-satunya kunci sukses. Pastikan kamu mengunduh Flip, platform pembayaran digital yang bisa mengirim dana ke 20.000 tujuan sekaligus, baik di dalam maupun luar negeri. Kemampuannya mengirim uang dalam waktu 20 menit ke luar negeri membantumu membangun bisnis sukses lewat ekspor impor.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

4 Keuntungan Investasi Obligasi Bagi Pemula
4 Keuntungan Investasi Obligasi Bagi Pemula
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi