mural
homeforward
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini

Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini

Punya modal lumayan tapi bingung mau buka bisnis apa? Mungkin menjadi supplier baju-baju impor bisa menjadi pilihan yang tepat. Keuntungannya yang akan kamu dapatkan bakal lebih besar dibanding menjadi dropshipper atau reseller. Tapi sebelum itu, simak dulu ulasan berikut agar makin paham bagaimana caranya menjadi supplier baju impor.

Untung Rugi Supplier Baju Import

Banyak orang mulai tertarik dengan bisnis supplier baju impor. Memang peluang bisnis ini sangat menggiurkan. Namun sama seperti hal lainnya, bisnis ini juga ada kelebihan dan kekurangannya.

Apa saja kelebihan dan kekurangan supplier baju import? Mari simak dulu kelebihan atau keuntungan menjadi supplier baju-baju dari luar negeri:

  • Dengan menjadi supplier, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah, terlebih jika membeli dari distributor tangan pertama.
  • Kamu juga bakal lebih fleksibel dalam menentukan harga dan tentunya lebih tinggi.
  • Kamu bisa bebas memilih jenis baju impor yang ingin kamu jual kembali. Agar makin untung, pilih baju-baju bermerek dengan harga miring dan kerap dicari konsumen lokal.

Sementara itu, menjadi supplier baju impor juga ada sisi kekurangannya. Berikut di antaranya:

  • Kalau pakaian yang kamu impor termasuk pakaian bekas, ada kemungkinan akan tertahan di bea cukai. Sebab, Kemendag sudah melarang importir pakaian bekas karena sejumlah alasan, seperti dianggap berbahaya bagi kesehatan.
  • Pengiriman barang impor membutuhkan waktu yang lama. Jadi, kamu tidak bisa segera balik modal karena tidak bisa langsung menjualnya.
  • Kalau kamu memesan produk secara online, ada kemungkinan kamu akan mendapatkan produk cacat atau tidak sesuai dengan pesanan.

 

          Baca Juga : Mengenal Bea Cukai yang Ditetapkan pada Barang Ekspor Impor

Cara Menjadi Supplier Baju Import

Semenjak prosedur impor barang semakin mudah, banyak orang yang berbondong-bondong membuka bisnis jual beli pakaian impor. Tak heran pula bila persaingan para supplier pakaian dari luar juga kian ketat.

Kalau kamu tertarik menggeluti bisnis ini, kamu nggak perlu bingung lagi soal bagaimana cara memulainya. Di bawah ini sudah ada cara jadi supplier baju import yang cocok buat kamu yang masih pemula.

1. Siapkan modal

Langkah pertama untuk menjadi supplier produk impor adalah menyiapkan modal. Modal yang perlu kamu keluarkan jelas tak bisa dibilang sedikit. Ini lantaran produk yang kamu perdagangkan adalah produk dari luar negeri. 

Selain harga produk, kamu juga harus menanggung biaya pengiriman, bea masuk, dan pajak-pajak lainnya. Agar tahu pasti berapa modal yang harus kamu siapkan, tak ada salahnya untuk meminta masukan dari supplier lain.

2. Lakukan riset target pasar

Memulai bisnis apa pun pasti membutuhkan yang namanya analisis target pasar. Pun begitu saat kamu mau memulai usaha menjadi supplier baju impor. Dengan mengetahui target konsumen, kamu bisa lebih mudah dalam menentukan jenis baju yang harus kamu datangkan dari luar negeri.

3. Pilih distributor produk original 

Langkah selanjutnya adalah menentukan distributor. Pastikan distributor yang kamu pilih benar-benar menjual produk asli, bukan KW. Pasalnya, keaslian baju-baju impor, khususnya yang bermerek, kerap diragukan keasliannya.

Biasanya, supplier Indonesia mendapatkan baju-baju impor dari Tiongkok. Nah, berikut adalah rekomendasi supplier baju import yang umumnya digunakan para supplier lokal:

  • Ocistock.com
  • 1688.com
  • Alibaba.com
  • Taobao.com
  • Tmall.com
  • Pameran supplier di Tiongkok, seperti East China Import, Yiwu Commodities Fair, dan Canton Fair.

4. Siapkan dokumen Pengajuan Impor Barang

Kalau sudah dapat distributor, selanjutnya kamu harus membuat dokumen Pengajuan Impor Barang. Dokumen ini diserahkan ke pihak bea cukai. Isinya mengenai rincian produk yang kamu impor sekaligus jumlah bea masuk dan pajak yang akan kamu tanggung.

 

          Baca Juga : Impor Adalah: Arti, Jenis, dan Contohnya

5. Pahami metode pembayaran yang berlaku

Selanjutnya adalah memahami metode pembayaran produk yang kamu impor. Pada dasarnya, setiap distributor menerapkan sistem pembayaran yang berbeda-beda. Ada yang bisa dibayar dimuka, dibayar secara kredit, ada pula yang boleh dibayar jika produk sudah sampai di tangan.

Kalau kamu butuh layanan transfer ke luar negeri, ada Flip Globe yang bisa kamu andalkan. Layanan dari Flip ini bisa digunakan untuk melakukan transaksi ke lebih dari 50 negara. Tak perlu khawatir soal biaya transfer, sebab Flip Globe dijamin paling murah dibanding platform lain. Maka dari itu, yuk, unduh aplikasi Flip sekarang juga di Play Store atau App Store.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi