mural
homeforward
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Bagaimana cara melihat tagihan BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan? Dengan membayar iuran BPJS Kesehatan tepat waktu, kamu bisa menikmati beragam kemudahan yang ditawarkan, termasuk berobat dengan biaya murah atau bahkan gratis.

Namun, kamu tidak bisa mengakses semua layanan kesehatan dan obat-obatan yang ditanggung jika membiarkan tagihan BPJS Kesehatan menunggak. Begini cara melihat apakah kamu punya tagihan BPJS Kesehatan yang harus dilunasi atau tidak. Yuk, cari tahu sama-sama!

 

Mengapa Tagihan BPJS Kesehatan Harus Dibayar?

Tidak membayar iuran rutin BPJS Kesehatan akan membuatmu tidak bisa lagi menggunakan layanan yang disediakan. Jika tagihan sudah menumpuk, tentu akan makin berat untuk melunasinya. Terlebih, ada kemungkinan kepesertaanmu dinonaktifkan karena terus menunggak.

Ini jelas akan merugikan karena kamu harus mengeluarkan lebih banyak uang akibat biaya berobat tak lagi ditanggung BPJS Kesehatan.

 

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini 5 Perbedaan KIS dan BPJS Kesehatan

6 Cara Cek Tagihan BPJS Online dengan Mudah

Mengecek tagihan BPJS Kesehatan sebenarnya tidak sulit sama sekali. Kini bahkan sudah tersedia beragam channel untuk mengecek tagihan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Aplikasi Mobile JKN

Photo by pressfoto on Freepik

Kamu bisa mengecek tagihan melalui aplikasi Mobile JKN yang merupakan aplikasi resmi BPJS Kesehatan. Masuk ke opsi “Lainnya” dan pilih menu “Info Iuran” untuk mengetahui jumlah tagihan BPJS Kesehatan yang harus kamu bayar.

Jika kamu belum memiliki aplikasi Mobile JKN, bisa langsung mengakses website resmi BPJS Kesehatan di alamat daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Selanjutnya, lengkapi data diri untuk mengetahui jumlah tagihan BPJS yang harus dibayarkan.

 

2. Chatbot WhatsApp

Cara cek tagihan BPJS online lainnya adalah melalui CHIKA atau chatbot WhatsApp BPJS Kesehatan. Cukup kirim pesan ke nomor 08118750400, maka CHIKA akan menampilkan menu layanan. Ketik “2” untuk mengecek tagihan. Selanjutnya, ketik nomor peserta dan tanggal lahir. CHIKA akan langsung menampilkan jumlah tagihan.

Layanan CHIKA ini juga tersedia di platform media sosial Telegram serta Facebook. Kamu hanya perlu mengakses akun BPJSKesehatanRI di kedua platform tersebut.

 

3. SMS ke nomor resmi BPJS

Jika kamu kesulitan cek tagihan BPJS online, bisa coba alternatifnya dengan mengirim SMS ke nomor resmi BPJS Kesehatan. Kamu hanya perlu mengetik “TAGIHAN [nomor peserta]” dan kirim SMS ke nomor 087775500400. Contoh pesan yang benar: TAGIHAN 0001234567890.

 

Baca Juga : Praktis! Begini Syarat dan Cara Bikin BPJS Online di Tahun 2023

 

4. Call center BPJS

Photo by benzoix on Freepik

Alternatif lain untuk mengecek tagihan BPJS Kesehatan adalah dengan menghubungi call center BPJS. Pihak BPJS sudah menyediakan call center di nomor 165. Kamu cukup mengikuti instruksi dari call center untuk bisa mengetahui tagihan yang harus dilunasi.

 

5. Aplikasi belanja online

Tahukah kamu, aplikasi belanja online atau e-commerce pun bisa digunakan untuk mengecek tagihan BPJS. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu memilih menu pembayaran dan memilih opsi BPJS Kesehatan. Sistem akan langsung mengarahkanmu untuk melengkapi data diri berupa nomor peserta dan periode tagihan yang akan dibayar.

Setelah melengkapi semua informasi yang dibutuhkan, sistem akan langsung menampilkan jumlah tagihan beserta opsi pembayaran yang bisa dipilih.

 

6. Aplikasi Flip

Terakhir, kamu juga bisa cek tagihan BPJS online lewat aplikasi Flip, lho! Dengan aplikasi Flip, kamu bisa dapatkan informasi tagihan BPJS terbaru dan langsung melakukan pembayaran tanpa perlu berpindah-pindah aplikasi lagi.

Pada halaman awal Flip, klik menu “BPJS Kesehatan”. Selanjutnya, masukkan nomor peserta BPJS dan periode tagihan yang ingin dilunasi. Sistem akan langsung menampilkan informasi tagihan. Setelah itu, kamu bisa langsung melakukan pembayaran.

 

Tidak membayar tagihan BPJS akan membuatmu kehilangan berbagai manfaat dan kemudahan yang disediakan oleh BPJS. Kamu juga harus mengeluarkan lebih banyak uang karena biaya berobat tak lagi menjadi tanggungan BPJS Kesehatan.

Untuk itu, jangan sampai terlambat dan menunggak iuran BPJS Kesehatan, ya! Terlebih, kini sudah ada banyak sekali channel dan platform untuk membayar iuran BPJS dengan mudah.

Kamu bahkan bisa bayar tagihan BPJS Kesehatan dengan aplikasi FlipYup, aplikasi Flip kini sudah bisa digunakan untuk membayar produk digital, termasuk iuran BPJS Kesehatan. Bayar BPJS Kesehatan dengan Flip pun super mudah dan praktis. Hanya perlu klik dan isi data diri, tanpa perlu pindah aplikasi dan keluar rumah lagi, deh!

Yuk, segera download aplikasi Flip sekarang! Tersedia gratis di Google Play Store dan App Store!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi