mural
homeforward
Segini Biaya Kuliah di Eropa, Mana yang Termurah?

Segini Biaya Kuliah di Eropa, Mana yang Termurah?

Membicarakan kuliah di Eropa, tentu tak bisa lepas dari soal biaya. Eropa memang telah menjadi pusat perkembangan ilmu pengetahuan sejak lama dan terbukti lewat eksistensi 2.500 lebih institusi pendidikan tinggi bereputasi dunia. 

Namun, citra kuliah di luar negeri itu mahal terlanjur melekat dalam benak orang tua dan pelajar. Padahal, asal kamu jeli dan cermat mencari perguruan tinggi, biaya kuliah di Eropa bisa lebih terjangkau. Bagaimana caranya?

Baca juga: Mau Kuliah di Luar Negeri? Ini 7 Universitas Terbaik di Belanda

 

Syarat Kuliah di Eropa

biaya kuliah di eropa.jpeg

Sumber : Envato

Pertama, kamu perlu memahami dulu apa saja syarat kuliah di Eropa. Persyaratannya bervariasi antara negara dan universitas tujuan kamu, tetapi pelajar internasional perlu memenuhi beberapa persyaratan umum berikut.

  1. Ijazah sekolah menengah atas atau setara yang mendapat pengakuan resmi
  2. Transkrip nilai yang mencerminkan prestasi akademik
  3. Menguasai bahasa Inggris yang dibuktikan lewat tes kemampuan bahasa Inggris
  4. Paspor yang masih berlaku untuk pengurusan visa dan izin tinggal
  5. Memenuhi persyaratan keuangan sebagai bukti kamu mempunyai dana cukup untuk membiayai studi dan hidup selama masa kuliah
  6. Asuransi kesehatan yang mencakup perlindungan selama tinggal di Eropa
  7. Dokumen penunjang lainnya, seperti surat motivasi dan surat rekomendasi. 

 

Estimasi Biaya Kuliah di Eropa

biaya kuliah di eropa 1.jpeg

Sumber : Envato

Lantas, berapa estimasi biaya kuliah di Eropa

Belanda

Belanda termasuk pilihan populer pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi. Kedekatan histori membuat kamu relatif cepat beradaptasi di sana. Rata-rata biaya kuliah di Belanda untuk program sarjana mulai  €6,000 atau sekitar Rp95 juta per tahun. 

Sementara,  program pascasarjana dikenakan biaya €8,000 atau sekitar Rp128 juta per tahun. Kemudian, untuk membiayai kehidupan sehari-hari kamu harus mengeluarkan biaya sekitar €9,600 atau sekitar Rp153 juta per tahun.

Italia

Italia kerap dituju mereka yang berminat mendalami fashion, desain, dan seni. Jika kamu hendak berkuliah di universitas negeri Italia, biayanya cukup terjangkau, yaitu mulai €950 atau sekitar Rp15 juta per tahun untuk program sarjana. Sedangkan program pascasarjana dikenakan biaya mulai €1,500 alias sekitar Rp239 juta per tahun. 

Biaya hidup di kota-kota besar Italia sekitar €15,000 atau Rp239 juta per tahun. Namun, tinggal di kota kecil atau kota pelajar bisa menghemat pengeluaran kamu hingga separuhnya.

Spanyol

Sama seperti Italia, biaya hidup di Spanyol juga tergantung pada tempat kamu tinggal. Kota besar seperti Barcelona dan Madrid bisa membuatmu merogoh kocek hingga €10.800 atau sekitar Rp172 juta per tahun.

Namun, universitas negeri menawarkan program sarjana dengan biaya mulai €750 atau Rp120 juta per tahun. Sementara itu, program pascasarjana bisa kamu tempuh bermodalkan dana mulai €1,320 atau sekitar Rp210 juta per tahun. 

Swiss

Swiss disebut-sebut sebagai salah satu negara dengan biaya hidup tinggi di Eropa. Negara yang identik dengan coklat dan pemandangan indah ini punya rata-rata biaya hidup mencapai CHF 22,734 atau Rp371 juta per tahun!

Meskipun begitu, Swiss jadi tujuan favorit mereka yang ingin berkuliah perhotelan. Biaya kuliah di Swiss mulai CHF 805 sampai CHF 1,238 per tahun untuk semua level studi, atau sekitar Rp13 – 20 juta per tahun. Namun, untuk pelajar internasional dapat dikenakan biaya tambahan. 

Inggris

Anggapan biaya kuliah di Eropa tinggi kerap disandingkan dengan Inggris yang memiliki sistem pendidikan tinggi nomor satu dunia. Padahal, untuk berkuliah di beberapa universitas ternama di Inggris, biayanya mulai £8,000 sampai £11,000 per tahun saja, atau “cuma” Rp150 juta hingga Rp200 juta.

Sementara itu, biaya hidup selama tinggal di Inggris sekitar £9,600 per tahun. Angka ini setara dengan Rp178 juta per tahun dan bisa lebih mahal tergantung gaya hidup serta kota tempat kamu tinggal. 

Swedia

Jika merasa biaya kuliah di Eropa terlalu mahal, coba pertimbangkan Swedia. Negara Skandinavia ini terkenal dengan berbagai inovasi yang menghasilkan penemuan modern, seperti teknologi bluetooth dan aplikasi streaming lagu populer. 

Biaya kuliah Swedia pun relatif terjangkau, mulai SEK 80,000 atau sekitar Rp110 juta saja. Begitu pula dengan biaya hidup di Swedia yang cuma menghabiskan sekitar SEK 96,000 atau Rp132 juta per tahun. Relatif murah dibandingkan negara Eropa lain kan?

Prancis

Prancis populer dipilih sebagai tujuan kuliah di Eropa lantaran banyak universitas negeri yang menawarkan biaya kuliah terjangkau. Kamu cukup menggelontorkan dana sekitar €185 atau Rp3 juta per tahun untuk program sarjana dan €250 atau Rp4 juta per tahun bagi program pascasarjana. 

Biaya kuliah di Eropa yang murah tersebut menjadi bagian program pemerintah dalam mensubsidi bidang pendidikan guna menarik minat pelajar internasional. Namun, tinggal di Paris dan beberapa kota Prancis lain cukup menguras kantong dengan rata-rata biaya hidup mencapai €9,600 atau Rp154 juta. 

 

Cari Beasiswa di Eropa, Yuk

biaya kuliah di eropa 2.jpeg

Sumber : Envato

Nah, setelah tahu berapa besar biaya kuliah di Eropa, kamu bisa mempersiapkan dana untuk melanjutkan pendidikan di universitas incaran. Selain dana pribadi, kamu juga bisa cari beasiswa di Eropa lho. Beberapa beasiswa yang diminati adalah:

  1. Erasmus Mundus 
  2. Chevening Scholarship
  3. Jardine Scholarship
  4. Orange Tulip Scholarship
  5. IFA Paris Scholarship.

 

Baca juga: 4 Alasan harus Kuliah di Universitas London

Bagaimana, sudah siap menggapai impian dengan kuliah di Eropa? Jangan lupa pakai Flip Globe untuk mempermudah urusan kirim uang ke luar negeri. 

Bisa kirim uang ke lebih dari 55 negara, Flip Globe bikin transfer internasional lebih murah dan cepat. Klik di sini untuk download Flip sekarang!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi