mural
homeforward
Mau Kuliah di Luar Negeri? Ini 7 Universitas Terbaik di Belanda

Mau Kuliah di Luar Negeri? Ini 7 Universitas Terbaik di Belanda

Belanda adalah salah satu negara tujuan favorit di Eropa untuk mengenyam pendidikan tinggi. Sejumlah perguruan tinggi negeri di Belanda disebut-sebut salah satu yang terbaik di dunia. Buat kamu yang punya impian kuliah di Negeri Kincir Angin, di bawah ini ada tujuh universitas terbaik Belanda yang bisa kamu pertimbangkan. Yuk, simak!

1. University van Amsterdam

University van Amsterdam atau UvA diresmikan secara resmi pada 1632 di Kota Amsterdam. Universitas riset publik ini termasuk yang tertua ketiga di seluruh Belanda dengan tujuh fakultas. Di antaranya Humaniora, Ilmu Perilaku, Ekonomi dan Bisnis, Sains, Hukum, Kedokteran, dan Kedokteran Gigi.  

Awalnya, UvA dikenal dengan nama Althenaeum Illustre sebelum akhirnya diganti menjadi seperti sekarang. Kini, UvA menempati peringkat ke-58 sebagai universitas terbaik di dunia versi QS Rankings. Ini menjadikan UvA sebagai satu dari dua universitas yang masuk dalam daftar 100 universitas terbaik di dunia. 

2. Universiteit Utrecht

Sesuainya namanya, Universiteit Utrecht berada di Kota Uthecht, kota terbaik kedua di Belanda. Didirikan pada 1636 oleh Gisbertus Voetus, Utrecht termasuk salah satu universitas Hukum terbaik di Belanda. Pasalnya, saat pertama kali diresmikan, universitas ini dipimpin oleh Bernardus Schotanus, profesor di bidang Matematika dan Hukum.

Kini, Universiteit Utrecht menjadi rumah bagi 12 peraih penghargaan Nobel dari berbagai bidang ilmu. Di antaranya adalah bidang Teologi, Sains, Kedokteran, dan tentu saja Hukum. Kampus ini menempati urutan ke-112 sebagai universitas terbaik di dunia versi QS Rankings 2023.

 

         Baca Juga : Apa Saja Universitas Terbaik di Inggris? Ini Dia Daftarnya!

3. Rijks Universiteit Groningen

Selanjutnya ada Rijks Universiteit Groningen, salah satu perguruan tinggi tertua di Belanda yang berada di Kota Groningen. Kampus ini memiliki sejarah panjang dalam bidang ilmu pengetahuan. 

Kampus ini juga melahirkan banyak ilmuwan di bidang Sains. Salah satunya adalah peraih penghargaan Nobel di bidang ilmu Fisika, yakni Heike Kamerlingh Onnes. Saat ini, Universiteit Groningen memiliki 9 fakultas, yakni Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Teologi, Ilmu Sosial, Matematika, Filsafat, Seni, dan Tata Ruang.

4. Universiteit Twente

Didirikan tahun 1961, Universiteit Twente lebih dulu dikenal sebagai sekolah teknik. Kini, kampus di Kota Enschede tersebut juga fokus ke bidang ekonomi dan sosial. Namun tetap saja fakultas di universitas ini masih seputar teknik dan teknologi. Di antaranya, ilmu Teknik Teknologi, Ilmu Komputer, Sains, Ilmu Sosial, Geologi, dan Teknik Listrik Matematika.

Univerisiteit Twente juga dianggap sebagai universitas untuk para calon pengusaha. Sebab, mayoritas politisi dan pengusaha ternama di Belanda merupakan alumni kampus ini. Bahkan ada yang menjadi peraih Swan Medal dan Spinoza Prize (gelas setinggal Nobel) di bidang ilmu Fisika.

5. Technische Universiteit Delft

Bicara soal universitas terbaik di Belanda jurusan Teknik, Technische Universiteit Delft cocok buat kamu pertimbangkan. Berdiri di Kota Delft, kampus ini diresmikan oleh Raja William II pada 1842. Saat itu namanya masih Royal Academy sebelum akhirnya diganti dan kini dikenal dengan TU Delft.

Sejak pertama kali didirikan, kampus ini difokuskan untuk studi teknik. Kini, ada lima disiplin ilmu yang ditawarkan oleh TU Delft, di antaranya Ilmu Teknik, Ilmu Terapan, Manajemen Teknologi, dan Matematika. 

6. Universiteit Leiden

Selanjutnya ada universitas yang telah melahirkan sosok paling berpengaruh dalam ilmu Fisika, yakni Albert Einstein. Universiteit Leiden berdiri pada tahun 1575 di Kota Leiden. Kampus ini menjadi induk dari banyak institusi riset nasional maupun internasional.

Setiap tahunnya, tak kurang dari 23 ribu calon mahasiswa memilih Universiteit Leiden sebagai tujuan kuliah. Tak heran, karena kampus ini menempati peringkat ke-77 sebagai universitas terbaik di dunia versi The World University Rankings. Pilihan fakultasnya pun beragam, ada Arkeologi, Hubungan Internasional, Humaniora, Hukum, Kedokteran, Ilmu Perilaku, dan Sains.

 

            Baca Juga : Info Terkini Biaya Hidup di Inggris untuk Para Diaspora

7. Vrije Universiteit Amsterdam

Balik lagi ke ibu kota Belanda, ada satu lagi universitas yang bisa kamu pertimbangkan untuk kuliah, yakni Vrije Universiteit Amsterdam. Berdiri pada tahun 1880, universitas ini pertama kali dipimpin oleh teolog Calvinis, yakni Abraham Kuyper.

Seperti mayoritas kampus di Belanda, pilihan fakultas di universitas ini cukup beragam. Di antaranya ada fakultas Teologi, Bisnis, Hukum, Seni, Ekonomi, Sains, dan Humaniora. Tak sedikit para alumninya yang menjadi ilmuwan, teolog, dan politisi.
 

Itulah tujuh universitas di Belanda dan jurusannya yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengenyam pendidikan lanjut. Tertarik kuliah di Belanda tapi masih khawatir soal biaya hidup di sana? Ada Flip Globe dari Flip yang bisa kamu andalkan.

Flip Globe adalah layanan transfer internasional yang bisa digunakan untuk mengirim dana ke lebih dari 50 negara, termasuk Belanda. Biaya transfernya terjangkau dan pastinya bebas biaya tambahan. Flip Globe bisa diakses melalui aplikasi Flip yang bisa kamu dapatkan di Play Store dan App Store. Yuk, download sekarang juga!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi