mural
homeforward
Info Terkini Biaya Hidup di Inggris untuk Para Diaspora

Info Terkini Biaya Hidup di Inggris untuk Para Diaspora

Inggris adalah negara tujuan favorit sejumlah masyarakat Indonesia untuk kuliah maupun bekerja. Namun perlu diketahui bahwa biaya hidup di Inggris sekarang tidaklah murah. Bahkan jauh sebelum krisis ekonomi melanda Inggris, biaya hidup sehari-hari di sana tetap tinggi.

Berapa Biaya Hidup di Inggris?

Berapa kira-kira biaya bulanan yang dibutuhkan untuk tinggal di Inggris? Pada dasarnya tergantung pada kota yang ingin kamu jadikan tujuan. Kalau kamu memilih London, jelas biaya hidupnya sangat fantastis. Bahkan untuk masyarakat menengah asli London pun masih terbilang mahal.

Mau tinggal di kota yang biayanya murah? Kamu bisa memilih kota-kota seperti Liverpool, Manchester, Cambridge, Leicester, Durham, dan masih banyak lagi. Langsung saja simak perincian berikut agar semakin jelas.

Biaya hidup untuk pekerja

Biaya hidup di Inggris untuk pekerja tergantung kota yang kamu tempati. Untuk sewa flat satu kamar berkisar antara 550-750 GBP di kota-kota selain London. Beberapa sudah termasuk tagihan utilitas, tapi ada juga yang belum. Rata-rata tagihan utilitas adalah 669 GBP per tahun. Tagihan ini mencakup air, listrik, gas, dan beberapa sudah termasuk TV licensing serta internet.  

Untuk bahan makanan perlu sekitar 50-100 GBP per bulan, belum termasuk ongkos untuk makan di restoran. Sedangkan untuk transportasi berkisar 10 GBP per hari, tergantung jenis transportasi yang dipilih.

 

          Baca Juga : Intip! Biaya Hidup di Korea untuk Mahasiswa

Biaya hidup untuk mahasiswa

Biaya hidup di Inggris untuk mahasiswa bisa lebih murah asalkan tinggal di asrama kampus. Kalau kamu kuliah dengan beasiswa, otomatis kamu juga tidak perlu pusing menanggung biaya kuliah. Kalau dengan biaya pribadi, jelas kamu harus menanggung semuanya sendiri.

Biayanya tak jauh berbeda dari biaya untuk pekerja di Inggris. Dengan catatan kamu tidak kuliah di London. Jika iya, kamu perlu mengeluarkan dana sekitar 500-1.200 GBP hanya untuk sewa flat satu kamar saja. Belum termasuk biaya makanan, utilitas, transportasi, dan lain-lain yang bisa mencapai 1.500 GBP per bulan.

Biaya hidup untuk keluarga

Rata-rata biaya hidup di Inggris untuk keluarga yang terdiri dari empat orang (2 anak) adalah 2.300 GBP per bulan. Angka ini belum termasuk biaya sewa flat. Untuk flat tiga kamar di dekat pusat kota bisa mencapai 1.250 GBP dan sekitar 1.000 GBP per bulan jika di luar pusat kota. Sementara, tagihan utilitasnya berkisar antara 1.100-1500 GBP per bulan.

Selain biaya hidup, masih ada biaya lainnya yang harus ditanggung. Di antaranya biaya sekolah anak, asuransi kesehatan, rekreasi, dan lain-lain. Untuk bisa memenuhi itu semua, butuh sekitar 980 GBP per minggu.

Tips Hidup Hemat di Inggris

Biaya hidup di Inggris paling murah adalah sekitar 700-800 GBP di kota-kota selain London. Namun ongkos tersebut belum termasuk biaya sewa flat. Jadi, bisa dibilang total biaya hidup di Inggris masih tinggi, terutama untuk ekspat dan mahasiswa dari luar negeri. 

Untuk itu, kamu harus bisa berhemat kalau memang ingin tinggal di sana. Berikut tips hidup hemat di Inggris.

1. Usahakan memasak sendiri

Para diaspora di Inggris wajib memiliki kemampuan memasak. Menguasai basic cooking skills sudah lebih dari cukup untuk membantu menghemat pengeluaran bulanan. Pasalnya, perbandingan pengeluaran untuk makan di luar dengan memasak sendiri bisa mencapai 4:1.

2. Belanja di supermarket murah

Untuk belanja bahan makanan, kamu bisa pergi ke supermarket yang murah, seperti Aldi atau Lidl. Selain itu, beli juga produk-produk dari supermarket itu sendiri. Sebab harganya cenderung lebih murah dibanding merek-merek ternama.

3. Manfaatkan kartu diskon atau tiket langganan

Kalau jarak flat dengan tempat kerja atau kampus cukup jauh, pertimbangkan untuk membeli kartu langganan kereta atau bus. Dengan cara ini kamu bisa menghemat biaya pembelian tiket. Cari tahu juga apakah ada tiket diskon untuk usia tertentu. Biasanya ada diskon untuk pelajar di bawah usia 26 tahun.

4. Hemat penggunaan air dan listrik

Mau hidup hemat di Inggris? Pastinya kamu juga harus menghemat penggunaan listrik dan air. Misal, jangan mandi menggunakan bak mandi dan matikan keran saat menyikat gigi. Untuk listrik, coba gunakan lampu LED dan matikan lampu jika sudah tidak digunakan. Memang terdengar simpel namun pasti akan terasa bedanya setiap akan membayar tagihan.

 

          Baca Juga : Mau Kuliah Di Jepang? Simak Biaya Hidup Dan Perbedaan Sistem Pendidikannya!
 

Biaya hidup di Inggris memang kian mahal. Bahkan para WNI yang bekerja di sana pun harus kembali ke Indonesia karena mahalnya harga komoditas. Namun dengan menerapkan pola hidup hemat, kamu pasti bisa survive di sana. Selain dengan menerapkan tips di atas, kamu juga bisa hemat bersama Flip Globe.

Flip Globe adalah layanan transfer uang ke luar negeri dari Flip. Lewat Flip Globe, kamu bisa menerima transfer dana dari keluarga kamu di Indonesia dengan mudah dan cepat. Biaya transfernya terjangkau, kurs jualnya juga murah. 


 [SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi