flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Kesulitan Kelola Gaji Karyawan? Coba Solusi Money Transfer dari Flip

Kesulitan Kelola Gaji Karyawan? Coba Solusi Money Transfer dari Flip

Pengelolaan gaji karyawan merupakan salah satu isu human resource (HR) terbesar, baik untuk bisnis skala kecil, menengah, maupun besar. Tanpa manajemen gaji yang baik, karyawan tentunya tidak akan merasa puas dengan perusahaan dan kinerja akan menurun. Flip menawarkan solusi untuk memperlancar pengelolaan gaji.

Apa Itu Money Transfer? 

money transfer_select method.png

Sumber : Envato

Layanan Flip ini memungkinkan Anda untuk mentransfer dana ke berbagai tujuan, baik bank, virtual account (VA) maupun e-wallet dengan mudah. Anda bisa mengirimkan uang hingga ke 20,000 alamat tujuan yang berbeda dengan menggunakan layanan ini.

Pengiriman uang dengan menggunakan fitur ini bisa dilakukan dengan tiga langkah sederhana, yaitu:

  • Memilih metode input rekening tujuan sesuai dengan jumlah transaksi.
  • Melengkapi data transaksi yang nantinya akan diverifikasi oleh sistem.
  • Mengirimkan gaji karyawan ke alamat tujuan.

Fasilitas pembayaran dari Flip ini tidak hanya bisa digunakan untuk membayar take home pay karyawan. Benefit lain seperti iuran BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan bisa dibayarkan menggunakan layanan ini. 

Fitur Money Transfer untuk Pengelolaan Gaji

Kesulitan Kelola Gaji Karyawan_ Coba Solusi Money Transfer dari Flip.jpg

Sumber : Medium

Anda bisa memperoleh berbagai manfaat dari beberapa fitur pengiriman uang untuk bisnis yang ditawarkan oleh Flip, di antaranya adalah:

Pengiriman ke Berbagai Tujuan dengan Satu Klik

Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mengirimkan dana ke berbagai tujuan sekaligus hanya dengan satu kali klik. Fitur tersebut meningkatkan efisiensi bisnis Anda karena orang yang bertugas mengurus payroll tidak lagi harus mengirimkan gaji ke rekening karyawan satu per satu atau secara manual.

Sistem Flip sendiri memudahkan Anda karena input tujuan transaksi hanya perlu dilakukan di awal. Cloud database akan menyimpan data karyawan Anda sehingga bisa digunakan untuk keperluan penggajian di bulan-bulan berikutnya. Belum lagi fitur verifikasi otomatis Flip yang memastikan bahwa Anda tidak akan salah mentransfer dana.

Selain praktis, menggunakan aplikasi penggajian seperti Flip juga meningkatkan kesejahteraan karyawan Anda. Sistem penggajian yang efisien memastikan bahwa karyawan akan menerima gajinya tepat waktu. Mereka bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya sehingga mampu mencurahkan konsentrasi untuk bekerja dengan produktif.

Membangun sistem penggajian yang efisien juga merupakan bentuk ketaatan terhadap undang-undang ketenagakerjaan. Menurut Pasal 93 Ayat 2 dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, usaha Anda bisa dikenakan denda oleh pemerintah apabila terlambat membayarkan hak karyawan.

Transfer Tanpa Biaya

Produk Flip ini memungkinkan Anda untuk melakukan transfer dengan biaya yang rendah, tanpa adanya hidden cost atau biaya tersembunyi. Transfer hemat biaya ini mengakomodasi tujuan pengiriman dana ke mana saja. Menurut usaha yang telah menggunakan layanan ini, Flip bisa menekan biaya transfer hingga 60%.

Ketiadaan hidden cost merupakan salah satu keunggulan fitur ini. Anda hanya perlu membayar biaya transfer ketika transaksi sukses dilakukan. Tidak ada juga biaya yang akan dibebankan kepada pengguna yang ingin mengintegrasikan platform usahanya dengan Flip. Pelanggan pun tidak perlu membayar biaya pemeliharaan.

Perusahaan dengan skala lebih besar yang memproses hingga lebih dari 3.000 transaksi per bulannya juga bisa menghubungi tim Flip untuk mendapatkan penawaran yang lebih baik. Hal tersebut penting karena biaya transfer untuk pengelolaan gaji karyawan perusahaan bisa menjadi pos anggaran yang membebani Anda dalam jangka panjang.

Biaya transfer yang tinggi terutama menjadi permasalahan untuk usaha kecil dan menengah dengan modal usaha yang masih terbatas. Pada awalnya biaya transfer  untuk tata kelola gaji karyawan akan terasa ringan. Padahal jika dijumlahkan, biaya tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan usaha Anda.

Karyawan Tidak Perlu Membuat Akun Flip

Manfaat lain yang ditawarkan oleh layanan ini untuk manajemen gaji karyawan adalah karyawan tidak perlu membuat akun Flip atau rekening bank tertentu untuk menerima gajinya. Mereka tetap bisa menggunakan rekening maupun e-wallet yang biasa digunakan untuk menerima gaji karena keunggulan Flip berbagai bank dan e-wallet.

Banyak karyawan yang diwajibkan untuk membuat nomor rekening baru ketika masuk ke perusahaan pertama kalinya. Biasanya perusahaan menerapkan kebijakan ini untuk memudahkan proses transfer gaji dan juga menekan biaya. Meskipun begitu, tidak semua karyawan sebenarnya bersedia membuka rekening baru.

Bingung Bagaimana Cara Hitung Gaji Karyawan_ Ini Dia Tips-Tipsnya!.png

Memiliki banyak rekening bank memang memberikan beberapa manfaat, misalnya membantu seseorang melakukan budgeting dengan memisahkan berbagai pos anggaran. Meskipun begitu, pengguna harus membayar biaya administrasi di berbagai bank yang bisa jadi memberatkan. Belum lagi, pengguna harus menyimpan beberapa kartu ATM sekaligus.

Beberapa perusahaan memang mengizinkan karyawannya untuk tetap menerima gaji dengan rekening lama, dengan risiko perusahaan menanggung biaya transfer antar-rekening yang bisa jadi cukup tinggi. Ada juga beberapa perusahaan yang akan memotong biaya rekening dari gaji, meskipun praktik semacam ini akan membebani karyawan.

Keamanan Penggajian Karyawan dengan Money Transfer

money transfer_payment method.png

Sumber : Flip for Business Dashboard

Salah satu permasalahan utama berkaitan dengan transaksi digital adalah keamanan. Gaji karyawan merupakan salah satu komponen terbesar pengeluaran sebuah badan usaha. Tentunya Anda tidak ingin melakukan transaksi gaji di aplikasi yang berisiko. Hal ini membuat beberapa perusahaan masih sangsi menggunakan aplikasi semacam Flip.

Flip merupakan fintech yang operasionalisasinya diawasi dengan ketat oleh Bank Indonesia (BI), bank pusat di negara ini. Lisensi dari BI menunjukkan bahwa Flip beroperasi sesuai dengan standar perbankan yang diterapkan oleh otoritas keuangan di Indonesia, selayaknya institusi finansial legal lain di sini.

Konsumen bisa dengan tenang menggunakan aplikasi keuangan yang berlisensi BI karena bank sentral akan memberikan beberapa bentuk perlindungan atas penggunaan aplikasi. Aplikasi keuangan berlisensi BI telah memenuhi standar keamanan siber yang berarti bahwa data pengguna dijaga kerahasiaannya. 

Sebagai contoh, Flip menggunakan enkripsi berlapis untuk melindungi data konsumen. Hal ini menurunkan risiko bahwa orang-orang yang tidak bertanggung jawab mengakses akun yang Anda gunakan untuk menggaji pegawai.

BI pun akan memberikan perlindungan terhadap semua kerugian finansial maupun potensi kerugian finansial yang bisa dialami konsumen layanan fintech berlisensi seperti Flip. Jika pengguna mengalami kerugian dalam penggunaan layanan, lebih mudah bagi pengguna untuk mendapatkan ganti rugi.

Mengelola gaji karyawan jelas bukan urusan mudah, terutama untuk perusahaan yang perkembangannya pesat. Fitur Money Transfer dari Flip bisa membantu Anda membuat proses payroll menjadi efisien. Selain membantu pelaku usaha, fitur ini pun meningkatkan kepuasan karyawan. Sesuai dengan kebutuhan Anda? Coba ketuk banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya.

cta_banner_for_b2b_blog_banner_mt.png

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi