mural
homeforward
Cara Perusahaan Membayarkan Iuran BPJS Kesehatan Pegawai

Cara Perusahaan Membayarkan Iuran BPJS Kesehatan Pegawai

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, perusahaan wajib untuk memberikan benefit BPJS Kesehatan kepada karyawannya sebagai bentuk jaminan kesehatan. Perusahaan akan menanggung iuran BPJS Kesehatan sehingga karyawan tak perlu lagi terlalu repot dengan total bayar BPJS Kesehatan mereka.

Lewat program ini, maka perusahaan telah memenuhi salah satu hak karyawan, yaitu mendapatkan jaminan sosial jika suatu saat ada masalah kesehatan yang terjadi. Namun, jika belum, berikut adalah langkah-langkah mendaftarkan BPJS Kesehatan untuk karyawan.

 

Cara Perusahaan Mendaftarkan BPJS Kesehatan untuk Karyawan

Pertama-tama, perusahaan perlu mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan terdekat. Setelah terdaftar sebagai peserta, perusahaan dapat mendaftarkan seluruh karyawan sebagai peserta BPJS Kesehatan juga.

Perusahaan dapat mendaftarkan karyawannya secara online melalui website resmi BPJS Kesehatan atau langsung ke kantor terdekat. Dalam prosesnya, perusahaan perlu menyiapkan beberapa dokumen penting, antara lain:

  • Formulir pendaftaran peserta BPJS Kesehatan;
  • Salinan Kartu Keluarga (KK);
  • Salinan KTP karyawan;
  • Surat keterangan kerja atau bukti penghasilan;

Kemudian, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buat akun perusahaan di situs BPJS Kesehatan;
  2. Daftarkan karyawan dengan mengisi data diri karyawan dan nomor NPWP perusahaan;
  3. Setelah mendaftarkan karyawan, perusahaan akan mendapatkan nomor Virtual Account untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan;
  4. Setelah nomor Virtual Account didapatkan, perusahaan dapat membayarkan iuran BPJS Kesehatan karyawan.

 

Baca Juga : BPJS Pensiun: Pengertian, Syarat, dan Manfaatnya
 

Kenapa Harus Pakai BPJS Kesehatan?

Photo Credit: Freepik

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan harus memberikan BPJS Kesehatan pada karyawannya, termasuk:

1. Menjamin penyakit yang dikecualikan asuransi pada umumnya

Memberikan jaminan kesehatan yang lebih luas, BPJS Kesehatan menjamin seluruh penyakit, termasuk penyakit kritis yang sering dikecualikan oleh asuransi kesehatan pada umumnya. Sebagai karyawan, kamu akan merasa lebih aman karena bisa mendapatkan layanan kesehatan yang lengkap tanpa khawatir akan biaya. Selama iuran BPJS Kesehatan rutin dibayar tiap bulan, kamu akan bisa langsung menggunakannya.

2. Premi terjangkau

Premi atau biaya BPJS Kesehatan sangat terjangkau dan sesuai dengan kemampuan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, perusahaan dapat memberikan jaminan kesehatan bagi karyawannya dengan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan asuransi kesehatan pada umumnya.

3. Mau menanggung tanpa perlu melihat kondisi sebelumnya

Manfaat lain dari BPJS Kesehatan adalah ketentuan bahwa setiap peserta berhak mendapatkan perlindungan kesehatan tanpa harus menunjukkan kondisi kesehatannya terlebih dahulu. Dalam asuransi swasta, kondisi kesehatan seseorang akan menjadi faktor penentu apakah dia bisa mendapatkan asuransi atau tidak. 

Dengan demikian, seluruh karyawan dapat terlindungi dengan baik tanpa harus khawatir ditolak karena kondisi kesehatan yang tidak memenuhi syarat.

 

Baca Juga : 5 Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan, Mudah dan Praktis

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan bagi Perusahaan

Setelah mendaftarkan karyawan ke BPJS Kesehatan, tugas perusahaan tidak berhenti sampai di situ saja. Perusahaan juga harus membayar iuran BPJS Kesehatan bagi karyawan secara rutin setiap bulannya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk bayar BPJS Kesehatan karyawan, antara lain:

1. Potong gaji karyawan

Cara yang paling umum dilakukan oleh perusahaan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan adalah dengan memotong gaji karyawan. Potongan ini dilakukan setiap bulan dengan jumlah tertentu sesuai dengan besarnya biaya BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan.

2. Bayar BPJS Kesehatan langsung ke bank

Cara berikutnya adalah dengan mendatangi bank yang menjadi mitra BPJS Kesehatan dan membayar iuran BPJS Kesehatan secara langsung.

3. Lewat Internet Banking

Perusahaan juga bisa bayar BPJS Kesehatan karyawan lewat internet banking dengan melakukan transfer ke nomor Virtual Account BPJS Kesehatan yang sudah ditetapkan.

4. Lewat aplikasi BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan juga menyediakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membayar premi bulanan. Dalam aplikasi ini, perusahaan dapat melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan dengan mudah, cepat, dan mengecek tanggal jatuh temponya. Biasanya, BPJS Kesehatan memberikan tenggat waktu pembayaran iuran BPJS Kesehatan hingga tanggal 10 setiap bulannya.

 

Dengan memberikan jaminan kesehatan bagi karyawannya, maka perusahaan telah mematuhi peraturan yang berlaku. Jadi, pelajari cara bayarnya dengan baik, ya! Kalau kamu cari cara mengecek dan membayar iuran BPJS Kesehatanmu sendiri, gunakan saja Flip!

Melalui aplikasi Flip yang akan membantu aktivitas perbankanmu, kamu bisa membayar iuran BPJS Kesehatan secara mandiri. Karyawan atau individu tetap akan mendapatkan jaminan kesehatan yang sama dengan peserta BPJS Kesehatan lainnya, kok.

Flip menyediakan fitur pembayaran BPJS Kesehatan yang mudah dan praktis, serta tersedia di berbagai bank yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Yuk, segera download Flip di Google Play Store dan App Store. Jangan sampai terlambat bayar BPJS Kesehatan, ya!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi