flip for business logoburger menu
mural
homeforward
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis

6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis

Seiring dengan perkembangan zaman, kini masyarakat mulai jarang menggunakan uang fisik atau tunai dalam bertransaksi. Sebagai gantinya, masyarakat lebih memilih untuk melakukan transaksi secara nontunai, menggunakan pembayaran e-wallet atau dikenal dengan sebutan dompet elektronik.

Alhasil, pemilik bisnis mau tidak mau harus mengikuti pilihan masyarakat dengan menyiapkan metode transaksi nontunai, baik itu untuk toko offline maupun online. Sebenarnya, apa itu e-wallet? Apa saja manfaat yang bisa didapat suatu bisnis jika menggunakan e-wallet?

Mengenal E-Wallet

Pengertian e-wallet adalah teknologi dengan bentuk layanan elektronik yang dapat menyimpan data pembayaran, misalnya memakai kartu maupun uang elektronik untuk melakukan transaksi. Teknologi ini hadir dalam bentuk aplikasi yang dapat diakses dengan mudah melalui smartphone.

Kegunaan e-wallet paling utama tentunya untuk kemudahan bertransaksi, termasuk berbelanja dan membayar tagihan bulanan. Pengguna juga dapat melakukan isi ulang atau top up saldo di dompet elektronik melalui transfer, setor tunai, mobile banking, atau autodebet

Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang memiliki layanan dompet digital tentu harus memiliki izin dari Bank Indonesia terlebih dahulu. Tak hanya itu, regulasi terkait e-wallet payment juga telah diatur oleh pemerintah dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016 dan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 18/41/DKSP tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Perkembangan E-Wallet di Indonesia

Seiring waktu, cara membayar dengan e-wallet yang sangat praktis membuat metode ini makin diminati. Setiap tahunnya, model transaksi digital ini makin sering digunakan, terutama di segmen belanja online. Mengikuti tren tersebut, kini makin banyak jenis e-wallet yang bisa Anda pakai.

Adapun contoh dan daftar e-wallet yang ada di Indonesia misalnya OVO, Dana, Flip, Link Aja, ShopeePay, GoPay, i Saku, Doku, Jenius, Octo Mobile, Go Mobile CIMB, dan masih banyak lagi. Masing-masing tentu memiliki keunggulan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis

pembayaran transaksi online.jpg

Bergesernya preferensi masyarakat dari pembayaran tunai ke arah digital dengan menggunakan dompet elektronik tentu bukan tanpa alasan. Metode pembayaran e-wallet memiliki banyak manfaat untuk bisnis, di antaranya:

1. Transaksi yang lebih mudah

Manfaat memakai e-wallet yang paling utama adalah transaksi menjadi lebih mudah. Sebab, Anda tidak lagi harus menyiapkan uang dengan nominal lebih kecil untuk kembalian. Pembeli hanya perlu melakukan scan kode QR atau barcode untuk bisa melakukan pembayaran. Selanjutnya, uang yang berasal dari dompet elektronik pembeli akan masuk ke e-wallet penjual.

2. Lebih praktis dan efisien

Keuntungan lain yang bisa Anda dapat dengan menggunakan e-wallet payment adalah bisnis menjadi lebih praktis, efektif, dan efisien. Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa menjaga serta meningkatkan kualitas pelayanan pada pelanggan dengan kemudahan pembayaran menggunakan dompet digital ini.

Bahkan, Anda juga dapat menggabungkan bisnis dalam sistem online, baik dari sisi penjualan maupun pengaturan keuangan. Melalui sistem yang tentunya lebih canggih dan modern ini, Anda bisa melebarkan jangkauan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Sangat menguntungkan, ya?

3. Banyak promosi dan penawaran menarik

Pemilik usaha memerlukan strategi pemasaran yang tepat supaya bisa meningkatkan angka penjualan sehingga profit pun ikut naik. Salah satu strategi marketing yang kerap dipakai adalah menawarkan promo dan penawaran menarik untuk pelanggan.

Inilah keuntungan menggunakan pembayaran e-wallet yang lain, yaitu banyaknya promosi yang dilakukan secara berkala. Misalnya, adanya diskon untuk pembelanjaan dengan nominal tertentu, diskon untuk jenis produk khusus, potongan belanja untuk pengguna baru, atau berupa voucher maupun cashback untuk para pelanggan.

Ini artinya, Anda tidak harus mengeluarkan biaya lagi untuk melakukan promosi produk sebab bisa memanfaatkan program promosi yang diberikan oleh dompet digital. Program promosi ini hanya berlaku untuk para pelanggan yang telah melakukan transaksi secara digital alias menggunakan e-wallet. Menarik sekali, ya?

4. Keamanan terjamin

Tak kalah pentingnya, pembayaran e-wallet juga memberikan jaminan keamanan untuk setiap transaksi yang dilakukan, baik dari sisi penjual maupun pembeli. Bagi penjual, sistem transaksi secara digital membantu mengurangi tindak kriminal pencurian uang di toko. Sebab, semua bentuk transaksi yang dilakukan telah tersimpan secara otomatis pada dompet elektronik.

Sementara itu, bagi para pembeli, bertransaksi dengan e-wallet juga sama amannya. Sebab, pembeli tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar yang tentu saja akan mengundang pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kriminal pencurian uang.

Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk beralih dari transaksi konvensional menuju ke digital dengan menggunakan e-wallet. Pasalnya, dompet digital telah mengadopsi sistem keamanan berlapis yang kuat untuk setiap transaksi yang hendak dilakukan para penggunanya.

5. Membayar tagihan lebih mudah

Tak hanya membuat transaksi jadi lebih simpel, pembayaran e-wallet juga memudahkan Anda dalam membayar tagihan bulanan. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga hanya untuk mengunjungi gerai offline demi membayar tagihan. Ini juga berlaku untuk pembayaran tagihan kepada distributor.

6. Lebih rinci dan rapi dalam menyusun pembukuan transaksi

Salah satu kendala yang kerap dialami saat menjalankan usaha UMKM yaitu masalah administrasi, terlebih mengelola finansial. Transaksi yang dilakukan secara konvensional bukan tidak mungkin membuat pembukuan tidak rinci dan rapi. Tentunya hal ini akan berbeda dengan menggunakan e-wallet.

Hal ini karena data yang didapat dari histori transaksi melalui dompet elektronik cenderung lebih detail dan rapi. Semua pemasukan dan pengeluaran dapat dimonitor, baik dalam hal jumlahnya maupun waktu transaksi. Jadi, evaluasi finansial akan lebih mudah dievaluasi sehingga arus kas bisnis tetap terjaga.

Itu tadi beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memakai pembayaran e-wallet. Anda juga bisa memakai Flip for Business untuk transfer secara otomatis ke banyak rekening sekaligus, baik untuk tujuan domestik maupun internasional. Tak hanya itu, Flip for Business juga dapat menerima transaksi online via e-wallet hanya melalui satu platform.

Melalui Flip for Business, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Selain transaksi yang berlangsung secara langsung dan otomatis, Flip for Business juga telah terintegrasi API, aman, dan pastinya berlisensi. Selain itu, tersedia pula fitur verifikasi otomatis yang bisa mencegah terjadinya transfer ganda. Yuk, daftar di Flip for Business sekarang!

Bagikan

Lainnya

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu SaaS Payment Management
Mengenal Lebih Jauh Apa Itu SaaS Payment Management
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Modal Usaha UMKM: Pengertian, Jenis, dan Tips Mendapatkannya
Modal Usaha UMKM: Pengertian, Jenis, dan Tips Mendapatkannya
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
MRP dan ERP: Pengertian, Perbedaan, dan Seberapa Penting Perannya untuk Perusahaan
MRP dan ERP: Pengertian, Perbedaan, dan Seberapa Penting Perannya untuk Perusahaan

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTestimonyTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi