flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Kulik Apa itu Transfer Internasional, Kendala, dan Solusi agar Bisnis Go International

Kulik Apa itu Transfer Internasional, Kendala, dan Solusi agar Bisnis Go International

 

Menjalin kerja sama dan bertransaksi dengan mitra bisnis dan vendor luar negeri bukan lagi menjadi masalah sekarang. Pasalnya, sudah tersedia fitur layanan untuk melakukan transfer uang ke luar negeri. Sebenarnya, apa itu transfer internasional? Apa saja kendala yang sering dihadapi dan bagaimana solusinya? Yuk, cari tahu penjelasan detailnya dengan membaca artikel ini.

 

Apa Itu Transfer Internasional? 

TI 1.jpeg

Sumber : Envato

Sering mendengar istilah transfer uang internasional? Istilah transfer internasional merupakan salah satu metode pengiriman dana yang dilakukan dari Indonesia dengan tujuan pengiriman rekening ke luar negeri. Proses transfer dari Indonesia ke luar negeri ini bisa dilakukan lewat melalui bank atau penyedia layanan teknologi finansial (fintech) atau keuangan digital.



 

Apa yang Dibutuhkan dalam Transfer Internasional? 

TI2.jpeg

Sumber : Envato

Sebelum memutuskan transfer uang ke luar negeri, Anda harus melakukan beberapa persiapan.  Pastikan Anda menyiapkan dana, memilih metode pengiriman, serta nomor rekening penerima.

Dana

Hal pertama yang dibutuhkan untuk pengiriman dana ke luar negeri adalah jumlah dana yang akan dikirim. Sebelum melakukan transfer internasional, siapkan semua dana yang diperlukan serta biaya administrasi. 

Metode pengiriman

Sekarang, ada banyak pilihan untuk melakukan pengiriman uang ke luar negeri atau remitansi. Pilih metode pengiriman uang yang paling aman dan cepat serta biaya administrasi pengiriman yang murah tanpa biaya-biaya tersembunyi. Pastikan juga Anda tahu lama transfer internasional sehingga penerima dana dapat memperkirakan waktu untuk menerima uangnya.

Nomor rekening luar negeri yang dituju

Anda juga wajib mempersiapkan nomor rekening penerima yang dituju. Pastikan tidak ada kesalahan di nomor rekening tersebut untuk menghindari terjadinya salah atau gagal transfer.

Kendala-kendala dalam Transaksi Internasional 

TI3.jpeg

Sumber : Envato

Di era yang serba digital ini, semua proses transaksi pembayaran hingga transfer internasional menjadi lebih cepat dan mudah. Namun, tetap saja banyak kendala yang ditemukan saat akan melakukan pengiriman uang ke luar negeri. Nah, berikut ini kendala transfer internasional yang mungkin Anda temui saat melakukan transaksi.

Tingginya biaya transfer 

Apabila Anda ingin bisnis go internasional, bersiap dengan segala konsekuensi. Anda akan bekerja sama dengan banyak mitra bisnis dan vendor luar negeri. Tentu saja, intensitas pengiriman uang ke luar negeri akan mengalami peningkatan. 

Hal ini juga berimbas pada meningkatnya jumlah uang yang dipersiapkan untuk membayar biaya administrasi untuk transfer ke luar negeri. Biaya administrasi yang cukup tinggi dapat memberikan beban finansial kepada perusahaan dan tak jarang mengganggu stabilitas keuangan.

Lambatnya proses transfer 

Kecepatan saat transfer uang di dalam negeri tidak bisa disamakan dengan transfer uang secara internasional. Pada umumnya, transfer dana ke luar negeri ini cukup lambat dan bisa memakan waktu berhari-hari tergantung layanan tempat Anda melakukan transaksi.

Kerumitan proses transfer 

Salah satu kendala pengiriman uang ke luar negeri adalah kerumitan proses transfer. Beberapa penyedia layanan transfer menghendaki Anda untuk datang ke kantor fisik untuk dapat memproses transaksi. Bayangkan jika Anda harus melakukan transfer berkali-kali dalam satu bulan? Pekerjaan menjadi terbengkalai karena harus menyediakan waktu untuk mengunjungi kantor tersebut.

Transparansi biaya transfer 

Biaya administrasi untuk pengiriman dana ke luar negeri cukup tinggi. Bahkan, terdapat biaya tambahan yang dibebankan kepada pengirim. Kurangnya transparansi biaya transfer menjadi permasalahan yang sering dihadapi setiap melakukan transaksi internasional.

Solusi atas Kendala dalam Transaksi Internasional  

TI4.jpeg

Sumber : Antara News

Sekarang, Anda tidak perlu terbebani dengan berbagai permasalahan di atas. Flip for Business merupakan solusi integrasi untuk kebutuhan transaksi pembayaran domestik dan internasional. Impian menjadikan bisnis go international pun akan segera menjadi kenyataan. Mengapa Flip for Business menjadi solusi untuk kendala dalam melakukan transaksi internasional? Yuk, simak penjelasannya.

Biaya transfer terjangkau

Biaya transfer internasional yang tinggi dapat mengganggu stabilitas finansial bisnis. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Di Flip for Business, Anda bisa menggunakan layanan kirim uang ke luar negeri. 

Biaya administrasi yang dikenakan pun lebih murah mulai dari Rp45.000 hingga Rp170.000 per transfer yang berhasil. Estimasi biaya tersebut disesuaikan dengan negara tujuan transfer. Berita baik lainnya adalah Anda hanya perlu membayar biaya administrasi tanpa tambahan biaya tersembunyi lainnya.

Proses transaksi cepat

Harus menunggu lama untuk transaksi pembayaran ke luar negeri? Dengan Flip for Business, Anda membutuhkan estimasi waktu dana terkirim ke penerima paling lama sekitar 2 hari di hari kerja. Namun, ada estimasi waktu transfer dalam hitungan jam. 

Bahkan beberapa negara, seperti Australia, India, Hongkong, Malaysia, Singapura, Thailand, Brasil, Meksiko, dan Pakistan dapat diproses transfernya secara langsung atau real time. Estimasi proses transaksi ini jauh lebih cepat daripada metode transfer biasa.

Keamanan lebih terjamin

Takut transfer uang ke luar negeri tidak sampai ke penerimanya? Jangan khawatir Flip for Business memberikan jaminan keamanan pengiriman sampai ke penerimanya. Semua transaksi yang dilakukan di layanan ini dipantau secara berkala. Selain itu, Flip for Business sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia sehingga semua layanan yang diberikan terjamin keamanannya.

Layanan platform satu pintu

Flip for Business selalu mengutamakan kenyamanan penggunanya. Fitur yang ada dibuat sederhana (user-friendly) agar pengguna dapat mengoptimalkan penggunaannya. Jika Anda takut ribet transfer dana ke luar negeri, layanan ini menggunakan satu platform saja. Semua transaksi domestik dan internasional diproses di platform yang sama.

Inilah penjelasan tentang transfer internasional, kendala, serta solusi atas kendala yang terjadi. Pahami permasalahan dan cari solusi agar bisnis Anda bisa go international dan menyasar target pasar di luar negeri. 

Sekarang, Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya transfer yang begitu mahal dan lama transfer uang ke luar negeri. Solusinya sudah ada di depan mata. Yuk, daftar dan bergabung bersama Flip for Business. Efisiensi proses transaksi bisnis meningkat lebih cepat. Tunggu apa lagi?

cta_banner_for_b2b_blog_banner_it.png

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi