flip for business logoburger menu
mural
homeforward
Begini Tips Kelola Keuangan Toko Online, Pasti Cuan!

Begini Tips Kelola Keuangan Toko Online, Pasti Cuan!

toko1.jpeg

Sumber : Pexels

Ada banyak tips kelola keuangan toko online yang dapat Anda coba untuk memaksimalkan keuntungan. Sebagaimana diketahui, manajemen keuangan merupakan hal penting dalam kemajuan suatu bisnis, termasuk pada bisnis toko online

Kendati hanya dilakukan di rumah, dimulai secara kecil-kecilan, dan belum memiliki toko offline, bukan berarti Anda bisa mengelolanya dengan sesuka hati. Tanpa manajemen keuangan yang tepat, bisnis Anda akan terancam mengalami kerugian. Bahkan, tidak menutup kemungkinan gulung tikar. 

Tips Kelola Keuangan Toko Online, Mudah dan Efisien 

toko2.jpeg

Sumber : Pexels

Sebenarnya, di era modern ini, mengelola keuangan menjadi lebih mudah dan sederhana. Hal inilah yang mendorong sebagian orang berani mengambil risiko dan memulai usahanya sendiri. Kalau Anda tertarik dan ingin menjadi pebisnis sukses, berikut sejumlah tips mudah mengelola keuangan toko online.

Susun Strategi Budgeting 

Strategi budgeting berfungsi memberikan arah dan target yang harus dicapai pebisnis dalam jangka waktu tertentu selama menjalankan bisnis. Strategi ini juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur dan mengevaluasi kinerja dalam mencapai tujuan bisnis. 

Penyusunan rencana keuangan harus dilakukan dengan menentapkan target jangka pendek dan jangka panjang. Hal ini dilakukan untuk membatasi pengeluaran dan mengoptimalkan langkah-langkah keuangan yang telah disusun untuk mencapai target yang diharapkan. 

Mengingat kondisi maupun kebutuhan bisnis setiap bulan berbeda, ada baiknya Anda menyusun rencana keuangan secara berkala—mulai dari dana yang dibutuhkan, pengeluaran bulanan, hingga pendapatan yang diterima. Hal ini memudahkan Anda menggunakan uang bisnis sebaik mungkin.

Pisahkan Keuangan Bisnis dan Pribadi 

Ketika memulai bisnis toko online, penting bersikap bijaksana dan disiplin dalam mengatur keuangan bisnis. Tak sedikit pebisnis pemula yang melakukan kesalahan, yakni mencampur uang bisnis dengan pribadi. Meskipun tampak sepele, hal ini berdampak besar bagi pertumbuhan bisnis.

Perlu diingat bahwa pengeluaran pribadi merupakan beban di luar biaya dan keperluan bisnis. Apabila pengeluaran pribadi dibebankan pada pengeluaran bisnis, hasil keuntungan dan modal bisnis Anda lambat laun akan habis. Alhasil, bisnis Anda akan berhenti beroperasi.

Untuk menghindari hal tersebut, biasakan untuk memisahkan uang pribadi dengan bisnis. Mulailah dengan membuat rekening bisnis dan pastikan uang tersebut hanya digunakan untuk kepentingan bisnis. Berbekal rekening bisnis, Anda juga bisa mengecek arus kas setiap hari dan mengontrol pengeluaran ketika melebihi bujet yang ditetapkan. 

Cek Biaya Tetap dan Biaya Variabel 

Apabila Anda tertarik mencoba bisnis reseller barang impor, pastikan untuk mengecek biaya tetap dan biaya variabel. Sesuai namanya, biaya tetap adalah biaya yang selalu dan pasti akan dikeluarkan pemilik bisnis dalam kurun waktu satu bulan atau satu tahun. Biaya tetap, meliputi biaya gaji karyawan, sewa hosting dan domain, internet, serta listrik.

Mencatat biaya tetap akan memudahkan Anda memperkirakan jumlah pengeluaran setiap bulan. Selain biaya tetap, terdapat biaya variabel yang sifatnya dinamis sesuai variable cost (volume kegiatan usaha). Biaya variabel memiliki rentang waktu lebih pendek dibandingkan biaya tetap, yakni setiap hari atau setiap minggu.

Apabila Anda merupakan seorang agen bisnis online, biaya variabel mencakup biaya yang dibayarkan ketika mengambil stok barang. Jika Anda memproduksi barang, biaya variabel mencakup seluruh biaya untuk proses produksi. Sebagai penjual barang impor, Anda juga harus melengkapi dokumen impor barang agar bisnis berjalan lancar dan tidak melanggar aturan.

Buat Laporan Keuangan 

Tips kelola keuangan toko online selanjutnya adalah membuat pembukuan laporan keuangan. Proses pembukuan dapat dilakukan dengan merekap data seluruh informasi terkait pemasukan dan pengeluaran bisnis. Berbekal laporan keuangan, Anda akan mendapatkan acuan dalam pengambilan keputusan bisnis di masa mendatang.

Kendati demikian, tak sedikit pebisnis pemula yang kebingungan memulai pembukuan laporan keuangan. Cara sederhana membuat laporan keuangan dapat dilakukan dengan mencatat arus kas keluar dan masuk dalam buku catatan. Dalam laporan keuangan, idealnya terdapat beberapa komponen yang harus masuk, yakni:

  • Laporan neraca
  • Laporan laba rugi
  • Laporan arus kas
  • Catatan atas laporan keuangan

Investasikan Laba Bisnis 

Tak banyak pebisnis yang menyadari bahwa investasi merupakan hal penting yang disarankan untuk dilakukan. Alih-alih menggunakan keuntungan bisnis untuk keperluan pribadi, lebih baik mengalihkannya untuk investasi. 

Investasi tidak hanya bermanfaat untuk mengelola keuangan bisnis, melainkan juga dapat meningkatkan aset bisnis, persiapan biaya yang mungkin diperlukan untuk mengembangkan bisnis di masa mendatang, ataupun hal mendesak lainnya. Beberapa investasi yang direkomendasikan, meliputi deposito, saham, logam mulia, atau properti.

Siapkan Dana Cadangan 

Ketika Anda menjalankan bisnis, ada masanya bisnis mengalami masalah dan tidak sesuai prediksi yang diharapkan. Sebut saja sepi pelanggan, produk banyak dikeluhkan pelanggan, penjualan menurun, hingga merugi dalam jumlah besar. Sangat penting mempersiapkan dana cadangan untuk mengatasi berbagai masalah tersebut.

Berbekal dana cadangan, Anda bisa melakukan perbaikan produk, membuat produk baru dengan kualitas premium, atau menggunakan influencer untuk pemasaran bisnis. Cara ini bisa mengembalikan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda dan menjaring calon pelanggan baru. Alhasil, bisnis tetap dapat bertahan dan bersaing sekalipun dihantam masalah.

Jadwalkan Pembayaran Secara Rutin 

Mengelola keuangan bisnis juga dapat dilakukan dengan mengatur penjadwalan pembayaran secara rutin. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi kesalahan penagihan dan mengurangi potensi keterlambatan pembayaran, seperti gaji karyawan, biaya tagihan listrik, internet, dan lainnya.

Gunakan Sistem Akuntansi 

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan, disarankan menggunakan sistem akuntansi. Sistem ini dapat membantu Anda mencatat laporan keuangan dengan sistematis, teratur, rapi, dan minim risiko kesalahan. Berbekal laporan akuntansi, Anda bisa merencanakan anggaran, mengontrol pengeluaran, serta mencatat utang dan piutang. 

Demikianlah sekilas informasi mengenai tips kelola keuangan toko online yang bisa Anda terapkan untuk memajukan bisnis. Untuk memudahkan pengelolaan bisnis dan menjadikannya lebih efektif, gunakan Flip for Business. Flip for Business memberi kemudahan menerima pembayaran serta transfer dari dalam maupun luar negeri dengan aman tanpa repot. Tunggu apa lagi? Segera daftar Flip for Business sekarang!


cta_banner_for_b2b_blog_banner_ap.png

Bagikan

Lainnya

Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
Etika Bisnis: Pengertian, Jenis, Contoh dan Alasan Kenapa Etika Bisnis Itu Penting
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
6 Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
E-Wallet: Metode Pembayaran Bisnis yang Kian Diminati
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
Perkembangan Sistem Pembayaran di Indonesia, Dari Masa Kemerdekaan sampai Era Digital
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel
7 Strategi untuk Meningkatkan Efisiensi Transaksi Bisnis Ritel

Kategori

flip logo

Pesona Khayangan Blok CK No. 50

Jl. Margonda Raya, Depok

Jawa Barat, Indonesia

Layanan Sales

Senin-Jumat

(kecuali hari libur nasional)

08.00-17.00 WIB

Layanan Bantuan

Setiap hari (24 jam)

Temukan Kami Di

Tentang Flip

Buat AkunBisnisBantuanSyarat & KetentuanKebijakan PrivasiTimKarirBlog

Hubungi Kami

Bisnis & Kerja Sama

+62 813-8760-6852

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68

© 2022 PT. Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi