mural
homeforward
Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Deposito Syariah

Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Deposito Syariah

Deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa digunakan sebagai pos tabungan di masa depan. Risiko yang lebih minim dibandingkan instrumen investasi lainnya membuat deposito menjadi favorit banyak orang. Namun, selain deposito biasa, beberapa bank kini juga menghadirkan produk deposito syariah. Apa itu deposito syariah dan bagaimana sistem kerjanya? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: 6 Perbedaan Pinjaman Konvensional dan Pinjaman Syariah

 

Apa Itu Deposito Syariah 

Deposito syariah adalah produk investasi dan tabungan yang pengelolaannya dilakukan berbasis prinsip syariah. Sama seperti deposito konvensional, deposito jenis syariah pun masuk dalam kategori tabungan berjangka. Karena itu, keuntungannya melebihi tabungan syariah. Namun selaku nasabah, kamu tidak akan mendapatkan untung dari sistem bunga. Sebagai gantinya, keuntungan akan bersumber dari nisbah yang diberikan oleh bank syariah. Nisbah atau bagi hasil merupakan cara mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan prinsip syariat Islam. Perbandingan jumlah keuntungannya berdasarkan nisbah harus sesuai dengan akad yang disepakati oleh nasabah dan pihak pengelola (bank syariah). Akad deposito syariah yang digunakan adalah akad mudharabah. Akad mudharabah adalah salah satu akad tijarah, yang kerap digunakan dalam ekonomi Islam.   

Ketika mengajukan permohonan untuk menyimpan dana secara deposito syariah, terdapat 2 opsi akad mudharabah yang bisa dipilih oleh nasabah, yakni: 

1. Mudharabah Muqayyadah 

Melalui akad mudharabah muqayyadah, nasabah akan mendapatkan ruang untuk memilih jenis usaha, metode investasi, jenis usaha, dan instrumen investasi yang akan mereka pilih sebagai tujuan pengelolaan dana. 

2. Mudharabah Muthlaqah 

Melalui akad ini, nasabah harus memercayakan keputusan investasinya 100 persen kepada pengelola dana, dalam hal ini bank syariah. Pihak bank nantinya menentukan mana saja instrumen investasi yang akan digunakan untuk memutar dana nasabah. Meskipun demikian, nasabah diberikan wewenang untuk memantau hasil investasi tersebut. 

 

Kelebihan dan Kekurangan Deposito Syariah 

Sebagai produk investasi, deposito syariah tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Ayo ketahui sebelum melakukan investasi. 

Kelebihan Deposito Syariah 

Ada beberapa kelebihan deposito syariah yang bisa menjadi pemicumu untuk berinvestasi, yakni: 

1. Halal 

Kelebihan pertama dari deposito jenis syariah adalah halal. Jadi umat Islam yang berinvestasi tak perlu khawatir bahwa dananya dikelola dengan tidak benar. 

2. Aman 

Tak hanya halal, memiliki rekening deposito syariah dinilai lebih aman daripada menyimpan uang sendiri di rumah. Kerja bank syariah diawasi oleh dua lembaga kredibel yakni Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) serta Dewan Syariah Nasional MUI (DSN-MUI). Kesepakatan akad soal pembagian keuntungan yang dilakukan sejak awal juga meminimalkan adanya kecurangan dari pihak bank syariah. Bila bank pengelola bangkrut, uang nasabah yang ada dalam rekening deposito bisa dikembalikan secara utuh oleh LPS, asalkan jumlahnya di bawah Rp 2 miliar. 

3. Cocok dijadikan tabungan masa depan 

Keuntungan berikutnya dari deposito berprinsip syariah adalah cocok dijadikan tabungan masa depan. Saat berinvestasi deposito, kamu tidak dapat mengambil dana sesuka hati. Ini artinya dana yang diinvestasikan akan tetap utuh dalam jangka waktu tertentu. Kamu dapat memilih waktu atau tenor penyimpanan sesuai kebutuhan. Tenor yang tersedia antara lain 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan serta 24 bulan. Dengan sistem tersebut, tak salah bila deposito pun dijadikan sebagai tabungan masa depan. 

4. Pendapatan lebih kompetitif 

Bila dibandingkan dengan deposito konvensional yang imbal hasilnya didapatkan dari penerapan sistem bunga, deposito berprinsip syariah menggunakan sistem nisbah atau bagi hasil. Besar keuntungan yang didapatkan oleh nasabah telah ditentukan sejak awal. Umumnya persentase keuntungan yang didapatkan yakni 60 persen bagi pemilik dana atau nasabah. Sementara 40 persen keuntungan merupakan milik bank syariah selalu pengelola.   

Kekurangan deposito syariah 

Sama seperti instrumen investasi lainnya, deposito syariah juga memiliki sejumlah kekurangan yaitu: 

1. Imbal hasil lebih rendah 

Bila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, imbal hasil berinvestasi deposito syariah jauh lebih kecil. Jenis investasi lain seperti saham dan reksa dana memiliki imbal hasil yang lebih besar. 

2. Waktu penarikan tidak fleksibel 

Dana yang ada di dalam tabungan deposito hanya bisa ditarik bila tenor yang diambil sudah selesai. Itu artinya dana tidak dapat ditarik sesuka hati meskipun kamu memiliki kebutuhan yang mendesak. 

3. Butuh waktu untuk penggantian dana 

Bila bank syariah tempat kamu berinvestasi mengalami kebangkrutan, proses pengembalian dana cukup memakan waktu. Walaupun sudah ada jaminan dari LPS, kamu harus tetap bersabar. Tentu ini hal yang sangat merugikan terlebih bila nominal dana yang kamu simpan cukup besar. 

 

Baca juga: Raih Keberkahan dengan Penerapan Prinsip Ekonomi Syariah

Demikian seluk-beluk mengenai deposito berbasis syariah. Sebelum berinvestasi, jangan lupa lakukan riset ke beberapa bank syariah untuk mendapatkan pilihan deposito syariah terbaik. Bila kamu sudah melakukan penarikan saldo deposito dan ingin mengirimnya ke transfer antar bank dengan rekening yang berbeda. Kamu bisa menggunakan flip sebagai solusi transfer antar bank-mu.

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi