mural
homeforward
Mengupas Salah Satu Kampus Top di Jepang – Universitas Tokyo

Mengupas Salah Satu Kampus Top di Jepang – Universitas Tokyo

Universitas Tokyo merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Jepang. Kalau kamu punya impian kuliah di Negeri Matahari Terbit, Universitas Tokyo bisa kamu jadikan pertimbangan. Mengapa harus kampus ini? Langsung simak saja pembahasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Universitas Tokyo

Universitas Tokyo atau The University of Tokyo adalah kampus penelitian negeri yang berdiri di Kota Tokyo, Jepang. Diresmikan pada 1877, kampus yang dikenal dengan sebutan Todai atau UTokyo ini menduduki peringkat ke-23 dunia menurut QS Rankings 2023.

Sementara menurut Times Higher Education, Utokyo menempati peringkat ke-6 sebagai kampus terbaik di seluruh Asia. Universitas yang sudah ada sejak imperialisme Jepang ini memiliki lima kampus dan 10 fakultas. Total mahasiswanya mencapai 30.000 orang di mana sekitar 2.100 di antaranya adalah mahasiswa internasional.

Universitas Tokyo dan Tokyo University of Foreign Studies: Sama kah?

Bagi sejumlah mahasiswa asing, Universitas Tokyo kerap dikira sama dengan Tokyo University of Foreign Studies (TUFS). Padahal keduanya adalah dua institusi yang berdiri sendiri. TUFS lebih mengarah ke kampus riset, khususnya untuk studi bahasa asing, budaya, dan studi internasional.

Universitas ini bahkan lebih tua dibanding Todai, yakni didirikan pada 1873 di Kota Fuchu. TUFS menyediakan banyak program bahasa asing, di antaranya bahasa Polandia, Kamboja, Laos, Jerman, Indonesia, dan masih banyak lagi.

 

          Baca Juga : Ingin Kuliah ke Jepang? Ini dia 6 Universitas Terbaik di Jepang

Jurusan di Universitas Tokyo

UTokyo merupakan universitas prestisius di Jepang yang memiliki 10 fakultas dengan banyak program studi. Berikut kesepuluh fakultas tersebut:

  1. Fakultas Pertanian: Fakultas Pertanian UTokyo memiliki tiga program studi, yakni Ilmu Hayati Terapan, Ilmu Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan, dan Ilmu Kedokteran Hewan.
  2. Fakultas Hukum: Memiliki tiga program studi, yakni Hukum Umum, Profesi Hukum, dan Ilmu Politik.
  3. Fakultas Farmasi: Memiliki dua program studi, antara lain Farmasi Sains dan Farmasi.
  4. Fakultas Seni dan Sains: Terdapat empat program studi, yakni Humaniora dan Ilmu Sosial, Ilmu Interdisipliner, Ilmu Terpadu, dan Program Lintas Disiplin.
  5. Fakultas Pendidikan: Memiliki satu program studi, yakni Ilmu Pendidikan Terpadu.
  6. Fakultas Ekonomi: Ada tiga program studi di Fakultas Ekonomi UTokyo, yakni Ekonomi, Administrasi Bisnis, dan Keuangan.
  7. Fakultas Sastra: Termasuk fakultas dengan program studi terbanyak, yakni 27 program yang dibagi menjadi empat divisi. Di antaranya adalah Agama dan Filsafat, Sejarah, Bahasa dan Budaya, serta Psikologi dan Sosiologi.
  8. Fakultas Sains: Terdapat 9 program studi, yakni Matematika, Informasi Sains, Fisika, Astronomi, Fisika Bumi dan Planet, Ilmu Lingkungan, Kimia, Biofisika dan Biokimia, Bioinformatika dan Sistem Biologi, serta Ilmu Biologi.
  9. Fakultas Teknik: Memiliki 16 program studi, yakni Teknik Sipil, Arsitektur, Fisika Terapan, Kimia Terapan, Penerbangan dan Astronotika, dan masih banyak lagi.
  10. Fakultas Kedokteran: Fakultas Kedokteran UTokyo memiliki dua program studi, yakni Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Terpadu.

Beasiswa di Universitas Tokyo

Kalau kamu tertarik berkuliah di Universitas Tokyo, ada tujuh beasiswa yang bisa digunakan untuk mahasiswa internasional. Di antaranya adalah:

  1. ADB JSP: Beasiswa S2 fully funded di School of International Health Todai.
  2. MEXT University Recommendation: S3 fully funded untuk program studi Teknik Multidisipliner.
  3. Todai Fellowship: Beasiswa S3 partial.
  4. MEXT University Recommendation: Beasiswa S2 dan S3 fully funded untuk program studi Teknik Nuklir.
  5. The University of Tokyo Summer Internship Program: Beasiswa partial untuk undergraduate di Kashiwa.
  6. MEXT University Recommendation: Beasiswa S2 dan S3 fully funded untuk program internasional Studi Pembangunan Agrikultur.

Meskipun mendapat beasiswa, kamu harus tetap mepertimbangkan biaya hidup sehari-hari saat berkuliah di UTokyo.

 

          Baca Juga : Mau Tahu Cara Kerja di Jepang? Simak Tipsnya!

Biaya Hidup Mahasiswa di Tokyo

Biaya hidup di Tokyo termasuk yang paling mahal di seluruh Jepang dan bahkan dunia. Untuk mahasiswa yang berkuliah di Tokyo dan tidak menggunakan beasiswa atau mengikuti program beasiswa partial, butuh sekitar 10,5 juta rupiah atau 92 ribu yen per bulan.

Untuk sewa apartemen per bulan di Tokyo, butuh sekitar 44 ribu yen atau setara dengan 5 juta rupiah. Biaya ini belum termasuk tagihan utilitas seperti listrik, air, dan gas. Per bulannya bisa mencapai 7 ribu yen atau sekitar 800 ribu rupiah.

Untuk biaya makan per bulan, rata-rata bisa mencapai 30 ribu yen atau setara dengan 3,5 juta rupiah. Sementara untuk transportasi bisa menghabiskan sekitar 5 ribu yen atau 600 ribu per bulan. Biaya lain, seperti untuk rekreasi/hiburan, butuh sekitar 6 ribu yen atau 700 ribu rupiah per bulan. 


Bagaimana, sudah punya rencana mau kuliah di Universitas Tokyo jurusan apa? Kalau sudah, persiapkan semuanya dari sekarang, termasuk masalah biaya. Untuk mempermudah keluarga kamu di Indonesia untuk mengirim biaya kuliah ke kamu saat di Jepang, kamu bisa memanfaatkan layanan Flip Globe dari Flip. Biaya transfernya murah, bebas biaya tersembunyi, dan kurs jualnya pun juga murah. Yuk, pakai Flip Globe dari Flip sekarang juga!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi