mural
homeforward
Ingin Kuliah ke Jepang? Ini dia 6 Universitas Terbaik di Jepang

Ingin Kuliah ke Jepang? Ini dia 6 Universitas Terbaik di Jepang

Jepang adalah sebuah negara yang sangat maju dalam berbagai hal, khususnya di bidang pendidikan. Karena itu, tidak heran jika dari tahun ke tahun, ada ribuan mahasiswa Indonesia yang memutuskan untuk melanjutkan studi ke berbagai universitas terbaik di Jepang. 

Menurut data Japan Student Services Organization (JASSO), lembaga pemerintah Jepang yang mengurus pelajar internasional dan domestik di Jepang, Indonesia termasuk 5 negara penyumbang pelajar internasional terbanyak di negeri sakura. Pada tahun 2021 saja, tercatat ada 5,792 pelajar Indonesia di berbagai institusi pendidikan di Jepang. Apakah kamu juga berminat melanjutkan studi ke Jepang? Simak dahulu nih daftar 6 universitas terbaik Jepang berikut ini. 

Baca juga: Mau Tahu Cara Kerja di Jepang? Simak Tipsnya!

 

1. University of Tokyo 

University of Tokyo didirikan pada tahun 1877, ketika Tokyo Kaisei School dan Tokyo Medical School memutuskan untuk melebur jadi satu, dan kemudian mendirikan fakultas hukum, ilmu pengetahuan alam, literatur, dan kedokteran, lengkap dengan sekolah persiapan universitas. Sejak itu, Universitas Tokyo juga telah menjalin kerja sama dengan banyak sekolah dan institusi lain sehingga akhirnya berkembang makin besar. Universitas Tokyo atau yang biasa disingkat Toudai, adalah salah satu universitas paling prestisius di Jepang. Memiliki 10 fakultas, total populasi mahasiswanya mencapai 27,826, dengan 4,000-an di antaranya merupakan mahasiswa internasional. Pada tahun 2023, University of Tokyo menduduki peringkat 23 menurut QS World University Rankings. Sementara menurut Times Higher Education, Universitas Tokyo duduk di peringkat dua dalam urutan universitas terbaik di Jepang pada tahun 2022.   

 

2. Kyoto University 

Kyoto University merupakan salah satu kampus terbaik di Jepang yang terkenal dengan risetnya. Universitas Kyoto didirikan pada tahun 1897 sehingga membuatnya menjadi universitas tertua kedua di Jepang. Ada 10 fakultas, 17 sekolah pascasarjana, 13 institut riset, serta 29 pusat riset dan pendidikan yang dimiliki oleh Kyoto University. Prestasi universitas berbasis riset ini tidak main-main. Universitas Kyoto telah mencetak 5 penerima Penghargaan Nobel pada bidang fisika teori, kimia, dan biologi molekuler. Sesuai namanya, Kyoto Universitas memiliki tiga kampus yang berlokasi di prefektur Kyoto. 

 

3. Tohoku University 

Universitas terbaik di Jepang berikutnya adalah Universitas Tohoku, yang berlokasi di Kota Sendai, prefektur Miyagi, wilayah Tohoku. Tohoku University menempati urutan pertama universitas terbaik Jepang menurut Times Higher Education dan urutan ke 79 menurut QS World University Rankings. Universitas Tohoku merupakan universitas pertama di Jepang yang menerima mahasiswa wanita dan internasional. Jurusan kedokteran merupakan jurusan yang paling terkenal di universitas yang awalnya memang berdiri pada tahun 1736 sebagai sekolah kedokteran ini. 

 

4. Osaka University 

Osaka University didirikan pada tahun 1931, ketika Sekolah Kedokteran Prefektur Osaka berubah menjadi Universitas Imperial Osaka. Sekarang, Universitas Osaka memiliki empat kampus dan 11 fakultas. Universitas Osaka juga merupakan satu di antara dua universitas nasional di Jepang yang memiliki jurusan studi luar negeri, dan merupakan universitas nasional terbesar di negeri sakura. Tahukah kamu, pendiri raksasa teknologi Sony, Akio Morita? Dia juga merupakan alumni dari Osaka University. 

 

5. Tokyo Institute of Technology 

Institut Teknologi Tokyo adalah lembaga pendidikan tinggi yang terkenal dengan riset teknologi terkininya serta menawarkan pengalaman studi yang praktikal dan menyenangkan. Institut ini memiliki enam fakultas: ilmu pengetahuan alam, teknik, teknologi material dan kimia, komputer, ilmu dan teknologi hayati, dan sosial lingkungan. Tokyo Tech, singkatan Tokyo Institute of Technology, menawarkan program studi dengan bahasa pengantar Inggris di semua jenjang. Hal ini tentunya menjadi daya tarik yang kuat untuk mahasiswa internasional yang tertarik menuntut ilmu di Tokyo. Menurut QS World University Rankings, salah satu universitas terbaik di Jepang ini menempati posisi ke 55. Sementara menurut Times Higher Education, Tokyo Tech berada pada urutan ke 3 kampus terbaik se-Jepang.   

 

6. Nagoya University 

Universitas Nagoya yang juga dikenal dengan sebutan Meidai. Salah satu kampus terbaik di Jepang ini punya sejarah panjang yang bisa ditelusuri hingga ke tahun 1871. Nagoya University memiliki 9 fakultas dan 13 sekolah pascasarjana yang terkenal kuat dengan riset di bidang ilmu pengetahuan alamnya. Salah satu hal unik yang terkenal dari universitas ini adalah festival universitasnya (Meidai-sai) yang diadakan setiap tahun pada bulan Juni. Meidai-sai merupakan festival universitas yang paling besar di Jepang dengan lebih dari 100 acara di dalamnya. Festival ini diprakarsai oleh klub-klub dan komunitas di dalam kampus. Nagoya University menempati peringkat 112 dalam QS World University Rankings. Sedangkan menurut Times Higher Education, Meidai berada pada peringkat delapan dalam urutan universitas terbaik di Jepang pada tahun 2022. 

 

Baca juga: Mengupas Salah Satu Kampus Top di Jepang – Universitas Tokyo

Nah itu dia, ulasan mengenai 6 universitas terbaik di Jepang buat kamu yang berminat kuliah ke Jepang. Soal biaya, kamu jangan khawatir, ada banyak sekali beasiswa ke Jepang, baik dari pemerintah Indonesia maupun Jepang. Orang tua kamu pun sekarang juga bisa mengirimkan dana dengan mudah ke luar negeri, tanpa adanya biaya tersembunyi melalui layanan Flip Globe. 

Flip Globe merupakan layanan transfer dana internasional yang melayani hingga 50 negara, termasuk Jepang. Jadi, kamu tidak perlu lagi khawatir sulit menerima uang saku dari Indonesia. Ayo unduh aplikasi Flip sekarang untuk mencobanya!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi