mural
homeforward
Serba-Serbi Saham Syariah yang Perlu Kamu Ketahui

Serba-Serbi Saham Syariah yang Perlu Kamu Ketahui

Modal menabung saja tidak cukup untuk menjamin keamanan finansialmu. Agar keuangan terjamin dan kekayaan terus berkembang, investasi menjadi cara yang tepat. Ada bermacam-macam investasi yang bisa kamu coba, seperti misalnya investasi saham. Investasi saham kian diminati masyarakat dari tahun ke tahun. Kawula muda bahkan tak ketinggalan bergabung dalam jenis investasi ini. Pertumbuhan tersebut juga mendorong munculnya broker-broker di Indonesia, seperti BNI Sekuritas, Sinarmas Sekuritas, dan Mirae Asset Sekuritas. Kalangan muslim sah-sah saja mengikuti investasi saham. Namun, tak boleh pilih sembarang saham! Supaya lebih jelas kehalalannya, muslim bisa berinvestasi saham syariah. Sebelum memulai investasi ini, mari cek pembahasan berikut! 

Baca juga: Pasar Modal Syariah: Contoh dan Bedanya dari Jenis Konvensional

 

Apa Saja Syarat Saham Berbasis Syariah? 

Saham syariah adalah salah satu produk investasi yang diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dalam peraturan OJK No. 35/POJK.04/2017, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi saham berbasis syariah, antara lain, 

1. Emiten dilarang menjalankan kegiatan usaha yang dilarang oleh syariat. Misalnya, usaha riba, maisir, perdagangan ilegal, korupsi, suap, atau penyediaan produk haram. 

2. Emiten wajib memenuhi rasio keuangan sesuai aturan. Total pendapatan bunga dan pendapatan nonhalal lain harus di bawah 10 persen dari jumlah pendapatan usaha. Selain itu, jumlah utang berbunga wajib di bawah 45 persen dari jumlah aset. 

 

Indeks Saham Berbasis Syariah di Indonesia 

Berikut adalah beberapa indeks yang mengadakan saham di pasar modal syariah. 

1. Jakarta Islamic Index (JII) 

JII merupakan indeks yang diluncurkan pada 3 Juli 2000. Terdapat 30 saham berbasis syariah dengan likuiditas tinggi dalam JII dan semuanya tercatat di BEI (Bursa Efek Indonesia). Saham-saham yang ada di JII ditinjau ulang sebanyak dua kali dalam setahun. 

2. Jakarta Islamic Indeks 70 (JII70) 

Indeks ini baru dirilis pada 17 Mei 2018 dan mencakup 70 saham berbasis syariah paling likuid. Semuanya tercatat di BEI dan mempunyai rata-rata nilai transaksi harian tertinggi di pasar nasional. 

3. IDX-MES BUMN 17 

Setelah BEI dan MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) bekerja sama, IDX-MES BUMN 17 diluncurkan. Indeks ini mengukur performa harga saham dari 17 emiten BUMN (Badan Usaha Milik Negara). 

4. Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) 

ISSI merupakan indeks gabungan saham berbasis syariah yang dirilis pada 12 Mei 2011. Indeks ini dijadikan sebagai parameter performa pasar saham bersyariat Islam. Namun, tidak seperti indeks lainnya, ISSI tidak melalui proses seleksi dari BEI. 

 

Daftar Emiten Saham Syariah Terbaik di Indonesia 

Selanjutnya, kamu perlu mengetahui emiten-emiten saham syariah yang bisa memberikan keuntungan besar. Berikut daftarnya

1. Bank Syariah Indonesia (BRIS) 

BSI merupakan bank syariah hasil merger dari tiga bank, yakni BRI Syariah, Mandiri Syariah, dan BNI Syariah. Potensi pasarnya terbilang besar dan memiliki performa yang solid. Pada kuartal ketiga tahun 2021, BSI memiliki laba bersih sekitar Rp2 triliun dan aset sekitar Rp251 triliun. Tak berhenti di situ, laba bersih BSI meningkat ke angka Rp2,8 triliun dan asetnya mencapai Rp256 triliun. BSI juga sempat mempunyai nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp73 triliun. Tak heran, bank ini menjadi salah satu saham perbankan terbesar di Indonesia. 

2. Japfa Comfeed Indonesia (JAPFA) 

Perusahaan peternakan ini cukup terdampak akibat pandemi COVID-19. Namun, setelah berjalan beberapa tahun, tercatat bahwa laba periode berjalan JAPFA mencapai angka Rp1,3 triliun pada kuartal ketiga tahun 2022. Itu berarti saham JAPFA masih patut dipertimbangkan. 

3. Kalbe Farma (KLBF) 

PT Kalbe Farma memiliki performa yang mumpuni di 2022. Perusahaan ini tercatat mengalami peningkatan penjualan bersih sebanyak 11 persen ke angka Rp21 triliun. Performa Kalbe Farma banyak dipengaruhi oleh dampak pandemi COVID-19. Alhasil, perusahaan ini menjadi salah satu saham kesehatan berbasis syariah terbaik. 

4. Unilever Indonesia (UNVR) 

Perusahaan asal Belanda ini punya performa yang cukup stabil. Pada kuartal ketiga tahun 2022, penjualan bersih Unilever Indonesia meningkat sebesar Rp1,5 triliun dibanding tahun sebelumnya. Selain itu, perusahaan ini juga memperoleh laba bersih sebesar Rp300 miliar. 

5. Indofood Sukses Makmur (INDF) 

Selama masa pandemi, Indofood Sukses Makmur mengalami peningkatan daya beli masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan performa sahamnya yang fluktuatif pada 2022, yaitu di antara Rp6.500 sampai 6.870 per lembar. Lalu, pada akhir kuartal ketiga tahun 2022, INDF memperoleh laba bersih sebesar Rp6,6 triliun. 

 

Keuntungan Berinvestasi dengan Saham Syariah 

Tak ketinggalan, kamu harus tahu keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi ini. Berikut poin-poinnya! 

1. Bisa memperoleh keuntungan halal dan sudah terjamin oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia). 

2. Segala transaksi sudah diawasi dan dilindungi oleh OJK. 

3. Bebas dari unsur haram, seperti maisir, gharar, dan riba. Itulah serba-serbi saham syariah yang perlu kamu ketahui, mulai dari persyaratan, keuntungan, indeks, hingga contoh emitennya. Instrumen investasi ini cocok bagimu yang ingin memperoleh lebih banyak keuntungan. Ditambah lagi, saham berbasis syariah dijamin halal dan berkah! 

 

Baca juga: Kenali Investasi Syariah, Investasi yang Halal dan Cuan!

Berniat memulai investasi dalam waktu dekat? Jangan lupa gunakan aplikasi Flip untuk mendukung kegiatan investasimu. Flip mendukung transfer dana ke berbagai bank, dompet digital, dan ke luar negeri. Poin plusnya, kegiatan transfer tidak dikenakan biaya admin, bahkan berpotensi dapat cashback! Tunggu apa lagi? Yuk, unduh aplikasinya melalui App Store ataupun Play Store!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi