mural
homeforward
Seputar Charging Mobil Listrik: Komponen, Daya, dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Seputar Charging Mobil Listrik: Komponen, Daya, dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Karena menggunakan motor elektrik alih-alih mesin pembakaran dalam (internal combustion engine/ICE), mobil listrik dilengkapi dengan baterai yang bisa diisi ulang. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan seputar charging mobil listrik, mulai dari komponen, daya listrik, waktu pengisian, dan hal-hal yang harus diperhatikan.

 

Baca Juga : Berbagai Jenis Pemasangan Listrik dan Cara Mengecek Tagihan Listrik

Komponen

Perangkat yang digunakan untuk charging mobil listrik disebut sebagai EVSE atau electric vehicle supply equipment. Perangkat ini juga dikenal dengan sebutan charging station. EVSE berfungsi mengisi daya listrik ke baterai mobil listrik. Sederhananya, perangkat ini ibarat kepala charger untuk ponsel kita.

EVSE sendiri terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

  1. Enclosurebagian luar atau casing dari perangkat EVSE. Fungsinya adalah sebagai pelindung perangkat-perangkat sensitif di dalamnya.
  2. Control board: komponen ini mengatur aliran daya dari sumber listrik ke sistem pengisian di dalam mobil.
  3. Fitur keselamatan: karena tegangan listrik yang tinggi, terutama pada perangkat SPKLU, EVSE membutuhkan sistem keamanan untuk memastikan keselamatan pengguna. Fitur keselamatan ini umumnya berupa grounding dan pemutusan aliran secara otomatis.
  4. Input tenaga: EVSE membutuhkan sambungan listrik dari sumber listrik. Untuk perangkat rumahan, sumbernya bisa dari stop kontak biasa atau bisa dari sirkuit khusus.
  5. Output: seperti charger untuk gawai lainnya, komponen ini disambungkan ke slot charging port pada mobil listrik untuk mengalirkan daya listrik ke baterai. Bagian output biasanya terdiri dari kabel dan plug atau colokan yang menyambungkan EVSE dengan charging port.

Daya Listrik yang Dibutuhkan

Dalam hal perangkat rumahan, tidak sembarangan rumah bisa memasang EVSE. Daya listrik rumah yang direkomendasikan untuk pemasangan EVSE rumahan adalah 2.200 VA ke atas. Pelanggan 1.300 VA dan 900 VA disarankan untuk menaikkan daya atau memasang aliran baru dari PLN khusus untuk pengisian mobil listrik.

Hal ini untuk memastikan aliran listrik di rumah tidak terganggu ketika melakukan charging mobil listrik. Hal ini karena perangkat EVSE rumahan membutuhkan daya listrik hingga 2600 VA, tergantung dari kuat arus yang disalurkan.

Karena itu, jika tidak ingin memasang aliran baru dari PLN, sebaiknya pertimbangkan untuk menaikkan daya listrik menjadi 3.500 VA, 4.400 VA, atau 5.500 VA. Dengan daya listrik sebesar itu, masih ada sisa daya listrik yang cukup untuk menyalakan perangkat elektronik lainnya di rumah.

Jika memilih opsi memasang aliran baru khusus untuk perangkat charging, kamu tinggal menyesuaikan daya listrik dengan konsumsi maksimal yang dibutuhkan. Misalnya, jika konsumsi daya maksimal perangkat adalah 1.750 Watt, kamu cukup memasang aliran baru dengan daya 2.200 VA.

Sebelum melakukan charging mobil listrik, jangan lupa isi token atau bayar tagihan listrik. Sekarang, kamu bisa dengan mudah membayar tagihan listrik atau membeli token listrik lewat Flip, lho! Buka aplikasi Flip untuk langkah-langkahnya ya!

Kuat Arus dan Durasi Pengisian

Saat ini, kuat arus yang dihasilkan dari modul pengisian rumahan bervariasi, mulai dari 8A, 10A, hingga 12A untuk modul standard charging. Rumus perhitungannya adalah Kuat arus x Tegangan listrik1000. Standar listrik PLN memiliki tegangan 220V, artinya daya listrik yang dihasilkan oleh charger 8A, 10A, dan 12A masing-masing adalah 1,76kW, 2,2kW, dan 2,64kW.

Durasi pengisian sendiri dipengaruhi oleh kuat arus dan kapasitas baterai pada mobil. Semakin tinggi kapasitasnya, semakin banyak waktu yang dibutuhkan. Sebagai contoh, untuk mengisi penuh baterai mobil Wuling Air EV Standard Range dari kosong menggunakan charger 10A membutuhkan waktu sekitar 9 jam.

Modul fast charging dapat menyalurkan listrik yang lebih besar, yaitu 20-150 kW. Biasanya, modul ini digunakan pada SPKLU karena membutuhkan daya listrik yang besar.

 

Baca Juga : 5 Kelebihan Mobil Listrik Dibandingkan Mobil Konvensional

Kapasitas Pengisian

Daya listrik yang dibutuhkan untuk mengisi penuh baterai mobil listrik berbeda-beda pada setiap mobilnya. Hal ini karena masing-masing model mobil listrik memiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda pula. Bahkan, model-model tertentu memiliki versi long range yang memiliki kapasitas baterai lebih besar dari versi standar.

Daya listrik yang disimpan dalam baterai dihitung menggunakan satuan kWh (kilo-Watt hour). Dari semua model mobil listrik yang dijual di Indonesia, kapasitas terkecil ada pada Wuling Air EV varian Standard Range (17,3 kWh). Sementara itu, kapasitas tertinggi dimiliki oleh Tesla Model S dengan kapasitas baterai 100 kWh.

Lebih Baik di Rumah atau SPKLU?

Jawaban dari pertanyaan ini akan bergantung pada lokasi tempat tinggalmu. Kalau di sekitar tempat tinggal atau kantormu ada SPKLU, kamu tidak perlu memasang charging station sendiri di rumah. Kamu cukup melakukan pengisian di SPKLU dan membayar sesuai daya yang kamu isi.

Jika tidak ada SPKLU di dekat tempat tinggal atau tempat kerjamu, sebaiknya kamu memasang charging station rumahan. Dengan begitu, kamu bisa langsung melakukan pengisian di rumah setiap selesai beraktivitas. Jangan lupa sesuaikan daya listrik dengan kebutuhan charging station.

Demikian penjelasan singkat seputar charging mobil listrik dan perangkat yang dibutuhkan. Bagaimana, semakin tertarik memiliki mobil listrik?

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi