mural
homeforward
Tips Aman Scan QRIS Online agar Transaksi Lancar

Tips Aman Scan QRIS Online agar Transaksi Lancar

Sering transaksi dengan QRIS? Pastikan scan QRIS online aman sebelum kamu mengisi nomor PIN! Popularitas metode transaksi digital ini telah mengundang berbagai oknum untuk mencoba mendapat keuntungan dari pengguna dengan berbagai cara. 

Dengan bertindak waspada, kamu telah mengurangi risiko dan menjaga uangmu tetap aman. Bagaimana caranya? Ikuti tips keamanan berikut agar transaksi QRIS kamu aman.

Baca Juga: Jangan Panik, Kenali Sebab Pembayaran QRIS Tidak Masuk

Verifikasi Asal-Usul Kode QR 

verifikasi scan qr online

Sumber: Pajakku

Apakah kamu selalu melakukan scan QRIS online secara langsung? Mulai sekarang, biasakan melakukan verifikasi asal-usul kode QR. Cocokkan antara nama penjual atau penyedia jasa dengan yang tercantum di kode tersebut. Lakukan hal yang sama setelah memindai kode (tetapi sebelum menekan nomor PIN).

Jika ada perbedaan nama, cek jika perbedaan tersebut masih tersebut wajar, misalnya nama brand yang memang berbeda dari nama korporasinya.

Periksa Kondisi Fisik Kode QR

Tips ini berlaku untuk kamu yang akan memindai kode QR tercetak. Cek jika kode tersebut utuh, tidak terpotong atau terhapus di beberapa bagian walau kecil. Hal tersebut bisa menggagalkan transaksi.

Pengecekan kondisi fisik juga penting untuk mengecek jika ada oknum yang mencoba mengambil keuntungan. Salah satu metode umumnya adalah membuat stiker kode palsu dan menempelkannya di atas kode asli. Pegang permukaan kode untuk memastikan tidak ada yang menutupinya.

Cari Tahu Tujuan Keberadaan Kode QR

Banyak orang yang melakukan scan QRIS online tanpa memeriksa tujuan keberadaan kode tersebut. Misalnya, mereka mungkin mengunjungi toko besar dan melakukan pemindaian kode yang ditempelkan di tempat asing, tetapi terlihat resmi. Akibatnya, uang melayang ke rekening oknum yang menempelkannya.

Jika kamu melihat kode QR di tempat yang sepertinya janggal, hindari melakukan pemindaian. Kode QR biasanya diletakkan di tempat yang terkait dengan transaksi, misalnya dekat meja kasir. Sementara itu, kode QR yang sifatnya non-transaksional seperti petunjuk penting biasanya ditempelkan di dekat area yang berkaitan dengan petunjuk tersebut.

Jika masih ragu, tanyakan segera ke petugas resmi di tempat tersebut!

Verifikasi Nomor Rekening

Karena nomor rekening bank panjang, banyak orang malas mengeceknya. Padahal, hal ini penting untuk menghindari risiko penipuan. Catat nomor rekening pihak yang akan kamu transfer uang, lalu cocokkan dengan nomor rekening yang muncul di kode QR setelah proses scan.

Hindari Membagikan Informasi Pribadi

Bayar pakai QRIS Flip

Semua penyedia jasa scan QRIS online pasti akan memberi saran yang sama ke pengguna: jaga semua informasi pribadi. Hindari menyebarkan kode OTP, kata kunci, nomor PIN, atau kode QRIS milikmu ke sembarang orang. Ingat, pihak bank atau lembaga resmi lainnya tidak akan meminta info yang bersifat pribadi seperti password dan PIN.

Waspadalah jika kamu mendapat email atau pesan β€œresmi” yang meminta informasi pribadi. Cek nama email, akun, atau nomor telepon yang mengirim pesan, dan cocokkan dengan informasi kontak resmi di website lembaga tersebut. Banyak oknum yang mencoba menipu dengan memalsukan desain dan nama lembaga resmi seperti bank.

Hal serupa berlaku untuk pesan yang masuk lewat chat media sosial atau WA. Pihak resmi seperti bank biasanya sudah memiliki tanda centang kuning di X, centang biru di Facebook dan Instagram, serta centang hijau di WA. Cek juga hal lain seperti jumlah pengikut serta aktivitas mereka.

Laporkan setiap Keberadaan Kode Palsu atau Mencurigakan 

Apakah kamu menemukan kode QR mencurigakan atau yang jelas-jelas palsu? Jangan diam saja! Segera laporkan keberadaan kode tersebut ke pihak penyelenggara jasa transaksi QR. Beri informasi lengkap tentang lokasi, posisi, dan waktu penemuan kode tersebut.

Untuk laporan langsung, kamu bisa memotret kode tersebut sebagai salah satu bukti. Pihak penyelenggara transaksi QRIS mungkin akan memintamu mengunggah foto tersebut untuk keperluan investigasi. Dengan melakukan ini, kamu tidak hanya menghindari risiko, tetapi juga menolong orang lain.

Gunakan Pemindai Kode QR yang Aman

Pastikan alat scan QR online kamu aman dan memiliki sistem untuk mencegah virus, bug, atau gangguan lainnya. Untuk amannya, kamu bisa menggunakan alat pemindai yang dikeluarkan pengelola QRIS resmi, seperti bank atau Flip.

Baca Juga: Kenali 3 Mode Transaksi Aplikasi Pembayaran QRIS

Pilih Aplikasi Dompet Digital Tepercaya 

Flip bisa menjadi alternatif dompet digital serta alat transfer uang yang aman, lho! Dengan sistem yang sudah dienkripsi, Flip memastikan setiap transaksi aman dan cepat, baik lewat transfer biasa antar sesama pengguna maupun transaksi QRIS.

Flip membantumu mengirim uang ke sesama pengguna atau rekening bank lain di dalam dan luar negeri. Jika kamu ingin menggunakan QRIS, kamu tinggal mengisi uang ke Saldo Flip untuk keperluan transaksi. Semua bisa kamu lakukan di satu aplikasi!

Flip telah resmi dan diawasi oleh Bank Indonesia sehingga kamu tidak perlu cemas saat menggunakannya. Jangan ragu menggunakan Flip untuk scan QR online maupun transfer uang digital ke sesama pengguna. Proses yang cepat, aman, dan tanpa biaya tersembunyi pun membuat transaksi harian kamu menjadi lancar.

Bayar dan scan QRIS Flip

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
Β© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi