Tips dan Panduan | 9 Mei 2024
Oleh : Aditya R
Bayangkan kamu memesan produk impian di toko online dan membayar dengan QRIS. Tiba-tiba, penjual menghubungi dan bilang kalau pembayaran QRIS tidak masuk! Hal ini tentu saja membuatmu panik dan bingung: kenapa pembayaran tidak masuk padahal kamu sudah mengisi nomor PIN dengan benar?
Transaksi yang gagal sebenarnya masalah umum, jadi jangan langsung panik. Gunakan panduan umum berikut ini untuk mencari solusi jika transaksi kamu gagal.
Baca Juga: Sebelum Pakai, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan QRIS
Sumber: Xendit
Ada beberapa alasan kenapa pembayaran dengan QRIS tidak masuk. Periksa apakah yang terjadi salah satu di antara penyebab berikut:
Pemindaian kode QRIS yang tidak sempurna akan membuat transaksimu gagal. Contohnya adalah peletakan posisi kamera ponsel yang kurang sempurna atau kode QRIS yang terpotong, koyak, atau terhalang. Pastikan kode tersebut utuh dan kameramu diposisikan dengan benar agar transaksi lancar.
Sistem perbankan di era digital dibebani dengan berbagai aktivitas. Ketika lalu-lintas sistem perbankan sedang sangat sibuk (misalnya pada awal bulan), hal ini bisa menyebabkan kegagalan pemrosesan. Transaksi QRIS mungkin terhambat karena sistem bank sedang terbebani, bukan karena kesalahan kode atau lainnya.
Pembayaran QRIS tidak masuk bisa jadi karena masalah koneksi, misalnya pada jaringan internet atau data ponselmu. Ketika koneksi terhambat, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi: pemindaian kode gagal dilakukan, atau transaksimu terhambat padahal kamu sudah melakukan konfirmasi dan memasukkan PIN.
Aplikasi transaksi yang kamu gunakan juga tidak luput dari kesalahan teknis. Biasanya ini terjadi karena adanya bug, gangguan sistem, atau deteksi error dan bahkan virus. Jika kamu memasang mode pembaruan otomatis, aplikasi kamu mungkin mengalami pembaruan pada saat transaksi QRIS berlangsung. Akibatnya, prosesnya menjadi terhambat dan bahkan gagal.
Kekeliruan dalam data transaksi seperti ketidaksamaan nama pemilik kode, kesalahan memasukkan PIN, hingga angka nominal yang salah bisa berkontribusi pada kegagalan transaksi.
Penyedia layanan pembayaran juga bisa melakukan kesalahan atau mengalami error. Kegagalan transaksi QRIS bisa terjadi akibat masalah pada sistem, pembatasan jumlah transaksi, hingga error pada jaringan pembayaran mereka.
Setelah mengetahui beberapa kemungkinan penyebab, kamu bisa mulai mencari solusi kenapa pembayaran QRIS tidak masuk. Coba lakukan langkah-langkah berikut:
Jika transaksi langsung gagal sejak kamu menekan PIN, coba hubungi CS pihak penyedia layanan transaksi QRIS. Misalnya, jika kamu menggunakan layanan QRIS lewat bank, hubungi CS bank tersebut. Hal ini setidaknya memberimu penjelasan dan bahkan solusi langsung dari pihak yang memahami masalahnya.
Pihak penyedia layanan transaksi biasanya memberi kabar jika mereka akan melakukan pemeliharaan atau pembaruan sistem. Jika tidak ada kabar dari mereka, kamu bisa coba menunggu beberapa jam sebelum mencoba bertransaksi lagi.
Hal ini untuk mengantisipasi jika kegagalan transaksi terjadi akibat lalu-lintas sistem yang terbebani atau adanya kesalahan teknis dari pihak lain.
Tips: coba lakukan transaksi di luar jam-jam larut malam (lewat pukul 22:00, misalnya) hingga pagi sebelum jam kerja. Waktu tersebut biasanya digunakan bank atau pihak penyedia layanan lainnya untuk melakukan pemeliharaan sistem. Jadi, kamu bisa menghindari kemungkinan kegagalan transaksi.
Lacak kembali kronologi transaksi yang kamu lakukan sebelum melakukan pembayaran dengan QRIS. Screenshot percakapan dengan penjual, simpan nota pembelian, dan buat screenshot laporan atau bukti transaksi. Bukti ini bisa kamu laporkan ke pihak CS penyedia layanan transaksi untuk keperluan investigasi.
Jika memungkinkan, pastikan kamu selalu meminta bukti pembayaran dari pihak penjual. Hal ini akan memudahkan proses pelaporan dan penyelidikan jika transaksi ternyata gagal.
Baca Juga: Cara Bayar QRIS yang Anti-Ribet untuk Berbagai Transaksi
Jika semua laporan sudah kamu kirimkan beserta buktinya, tidak ada jalan lain kecuali menunggu. Proses investigasi ini bisa berlangsung satu minggu hingga satu bulan. Jika pembayaran gagal tetapi saldomu sudah terpotong, kamu mungkin akan diberi pilihan antara membatalkan transaksi atau meneruskannya setelah investigasi selesai.
Salah satu cara menghindari peristiwa seperti pembayaran QRIS tidak masuk adalah menggunakan layanan transaksi yang bisa diandalkan. Gunakan Flip sebagai solusi transaksi QRIS yang aman, cepat, dan tepercaya.
Dengan Flip, kamu bisa melakukan transaksi QRIS langsung dari Saldo Flip kamu. Cukup isi saldo sesuai kebutuhan dan kamu sudah bisa bertransaksi tanpa harus keluar aplikasi lainnya.
Flip telah mendapat izin dan diawasi oleh Bank Indonesia sehingga semua transaksi dijamin aman. Sistem enkripsi untuk transaksi serta layanan customer service yang sigap dijamin membuat hati tenang saat transaksi.
Jangan panik saat pembayaran QRIS tidak masuk. Gunakan berbagai solusi di atas dan manfaatkan Flip sebagai cara transaksi aman, cepat, dan mudah.
Bagikan