mural
homeforward
Mau Ikut Program Aupair Jerman? Simak Syarat dan Caranya!

Mau Ikut Program Aupair Jerman? Simak Syarat dan Caranya!

Bagi kamu yang pernah berencana untuk bekerja ke luar negeri seperti Jerman, au pair atau aupair adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi. Meski begitu, masih banyak orang yang belum begitu mengenal apa yang dimaksud dengan program aupair Jerman. Banyak yang mengira kalau aupair ini sama saja dengan TKI. Padahal keduanya berbeda.

Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan aupair? Bagaimana cara mendaftar aupair Jerman dan apa saja syarat dan kelengkapan yang dibutuhkan? Yuk, kita bahas selengkapnya dalam artikel ini!

Baca Juga: Kuliah Bisa Gratis Di 5 Universitas Di Jerman Ini

Apa yang Dimaksud dengan Program Au Pair Jerman? 

aupair

Sumber: Deutsch Academia

Istilah au pair atau aupair sebenarnya berasal dari bahasa Prancis yang artinya balas jasa. Aupair adalah program bagi pemuda dari luar Jerman yang berusia antara 18-30 tahun untuk bisa berkesempatan tinggal di Jerman, mempelajari budaya serta bahasa di negara tersebut.

Saat ikut program ini, kamu akan tinggal bersama host familyHost family inilah yang akan menanggung seluruh biaya selama kami berada di sana. Kamu akan diberi satu ruang kamar tidur di rumah host family, makan bersama di meja yang sama dan memiliki hak untuk belajar atau jalan-jalan sendiri seperti layaknya anggota keluarga. 

Kamu juga akan menerima tunjangan berupa uang saku dari host family tempat kamu tinggal. Tergantung pada masing-masing keluarga, kamu juga mungkin akan berkesempatan untuk dibiayai ikut sekolah bahasa.

Program aupair Jerman ini bertujuan untuk mempromosikan pertukaran budaya dan pendidikan bagi pemuda internasional. Lewat program ini, host family juga bisa mendapatkan bantuan untuk merawat anak-anak mereka dan melakukan pekerjaan rumah tangga. Karena peranmu sama seperti anggota keluarga lainnya, maka aupair ini tidak sama dengan pekerja seperti TKI atau TKW.

Apa Saja Syarat untuk Ikut Program Au Pair?

aupair

Sumber: Deutsch Academia

Syarat aupair Jerman bisa bervariasi, namun secara umum mencakup hal-hal sebagai berikut:

  • Usia. Aupair Jerman mensyaratkan usia peserta antara 18 sampai 26 tahun. Saat dalam perjalanan masuk jerman, peserta harus berusia minimal 18 tahun dan batasan usia saat pengajuan permohonan visa adalah 16 tahun dan maksimal 26 tahun
  • Kewarganegaraan. Peserta aupair harus berasal dari negara di luar Jerman
  • Keterampilan berbahasa. Keterampilan bahasa Jerman seringkali dibutuhkan. Beberapa host family juga mungkin mensyaratkan kamu untuk bisa berbahasa Inggris
  • Pengalaman merawat anak. Karena kamu akan berperan sebagai kakak bagi anak-anak host family kamu, pengalaman merawat anak bisa menjadi nilai tambah
  • Kondisi kesehatan. Peserta aupair mungkin akan diminta melakukan pemeriksaan kesehatan dan mendapatkan asuransi kesehatan selama tinggal di Jerman
  • Tidak boleh memiliki keluarga di Jerman selama program berlangsung
  • Durasi tinggal. Peserta aupair biasanya akan tinggal di Jerman selama 6 sampai 12 bulan
  • Tidak memiliki catatan kriminal
  • Bersedia belajar bahasa dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan budaya setempat.

Aturan dan syarat di atas bisa berbeda-beda, tergantung program aupair yang kamu ikuti.

Bagaimana Cara Ikut Program Au Pair? 

Untuk ikut program aupair Jerman, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut:

Persiapan Bahasa

Pastikan kamu memiliki kemampuan dasar bahasa Jerman. Ada banyak program aupair yang membutuhkan kemampuan bahasa tingkat tertentu. Kamu bisa mengambil kursus bahasa Jerman sebelum berangkat atau ikut kursus online.

Cari Program Aupair

Temukan agen aupair terpercaya dari internet yang bisa menghubungkan kamu dengan host family di Jerman. Lengkapi informasi pribadi kamu lengkap dengan pengalaman dan preferensi.

Lakukan Wawancara dengan Host Family

Setelah ada host family yang tertarik dengan kamu, kamu akan diundang untuk ikut wawancara. Ini adalah kesempatan untuk saling mengenal dan membahas mengenai ekspektasi dan persyaratan.

Siapkan Dokumen Aupair

Dokumen aupair mencakup dokumen yang perlu disiapkan dan dokumen yang akan dikirim ke Jerman. Dokumen yang perlu disiapkan mencakup paspor, sertifikat A1, surat keterangan kerja (jika ada), surat cuti (jika masih kuliah), ijazah terakhir, daftar riwayat hidup dalam bahasa Jerman (lebenslauf), surat motivasi, aplikasi pengajuan VISA dan formulir P55 (bisa diunduh di website Kedutaan Jerman).

Dokumen yang akan didatangkan dari Jerman antara lain adalah einladung (undangan), vertrag (kontrak), meldebestätigung (Surat keterangan tempat tinggal) dan krankenversicherung (asuransi kesehatan).

Pengajuan VISA Aupair

Pengajuan VISA dapat dilakukan di Kedutaan Besar atau Konsulat Jerman di Indonesia. Pastikan semua persyaratan VISA aupair yang berlaku sudah kamu penuhi.

Baca Juga: Panduan Mendaftar Program G To G Jerman Bagi Perawat

Itu dia berbagai hal yang perlu kamu ketahui terkait program aupair Jerman. Selama berada di sana, kamu bisa menggunakan Flip Globe untuk melakukan pengiriman atau menerima uang dari keluarga di Indonesia. Hanya di Flip Globe, transfer uang antar negara bisa dilakukan dengan mudah dan lebih murah.

new banner flip globe

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi