mural
homeforward
Belajar Hitung KPR Rumah, Biar Gak Salah Beli Rumah

Belajar Hitung KPR Rumah, Biar Gak Salah Beli Rumah

Siapa sih yang tidak ingin punya rumah sendiri? Masalahnya, beli rumah itu tak murah dan tak mudah; banyak yang perlu dipikirkan. Mulai dari bujet, pilihan rumah baru atau bekas, perkara nyicil atau tunai, dan lain sebagainya.

Belum lagi bila dana pas-pasan tetapi kebutuhan kian mendesak. KPR rumah mungkin bisa jadi alternatif, tetapi ini berarti kamu harus siap membayar cicilan tepat waktu. Salah satu tips agar tidak salah langkah adalah belajar menghitung simulasi KPR rumah terlebih dahulu.

Faktor-faktor apa lagi yang bisa memudahkan kamu menentukan pilihan saat mau beli rumah? Simak ulasannya berikut!

Baca Juga: Pengertian dan Keuntungan Investasi Properti

Pertimbangan Beli Rumah

persiapan sebelum membeli rumah

Sumber: Unsplash

Jangan tergesa-gesa; menemukan hunian terbaik itu perlu waktu dan persiapan matang. Berikut ini beberapa pertimbangan utama yang harus kamu perhatikan:

Seberapa Kuat Kondisi Finansialmu?

Pahami kondisi finansial kamu untuk menentukan alokasi gaji. Kebutuhan pokok harian adalah prioritas, setelahnya kamu bisa menabung setiap bulan untuk biaya beli rumah. Urusan finansial ini juga mempengaruhi pilihan sistem pembayaran kamu nantinya.

Seperti diketahui, sistem pembayaran kini makin mudah dengan opsi cicilan atau kredit. Sejumlah bank juga sudah banyak menawarkan program KPR (Kredit Pembelian Rumah) dengan skema cicilan dan besaran DP rumah yang beragam. Bila menggunakan sistem kredit, maka kamu perlu menyiapkan rencana terbaik, termasuk menghitung simulasi KPR rumah demi menghindari gagal bayar. 

Haruskah Beli Rumah Sekarang?

Perhatikan faktor urgensi sebelum membuat keputusan, seperti:

  • Persiapan dana untuk DP rumah
  • Apakah masih ada tanggungan utang atau tidak
  • Sudah menikah dan butuh hunian yang lebih luas
  • Harga properti sedang rendah
  • Status sudah menjadi karyawan tetap

Siapkah Menjadi Investasi Jangka Panjang?

Rumah yang baru dibeli akan menjadi investasi jangka panjang, termasuk investasi waktu. Maksudnya, kamu akan tinggal lebih lama di sana. Apakah sudah siap menua di rumah tersebut, bagaimana bila harus pindah ke kota lain, belum lagi harus bertetangga dengan orang yang itu-itu saja?

Nah, setelah mengetahui beberapa hal yang menjadi pertimbangan sebelum membeli rumah, Flip membuatkan comic strip berjudul โ€œKukira Kau Murahโ€ berikut ini

Faktor Penentu Harga Rumah 

faktor penentu harga rumah

Sumber: Unsplash

Harga kerap jadi pertimbangan utama saat membeli rumah. Tidak salah, karena umumnya harga itu turut mencerminkan kualitas. Ini beberapa faktor yang menentukan harga sebuah rumah:

Lokasi

Lingkungan fisik (vegetasi, lansekap, kualitas air, atau temperatur udara) dan sosial (sikap warga sekitar dan tingkat hidup) menentukan harga rumah. Makin nyaman kondisinya, makin tinggi harga rumahnya.

Aksesibilitas

Rumah di jalan utama umumnya lebih mahal daripada yang ada di jalan kecil. Inilah yang dimaksud dengan aksesibilitas. Makin mudah akses ke fasilitas-fasilitas umum, maka harga rumahnya juga makin tinggi.

Luas bangunan

Rumah yang luas tanah/ bangunannya lebih besar, harganya bisa dipastikan lebih mahal. Begitu pun dengan harga rumah yang ruang/ kamarnya lebih banyak.

Kualitas rumah

Ini termasuk kualitas desain, spek material yang digunakan, juga finishing bangunannya. Misalnya, rumah beratap keramik Kanmuri tentu lebih mahal daripada yang pakai genteng beton.

Fasilitas

Daya listrik dan fasilitas umum di sekitar rumah bisa mempengaruhi harga, terutama bila rumah incaranmu berada di kawasan perumahan. 

Reputasi developer

Kebanyakan konsumen cenderung memilih rumah yang pengembangnya memiliki reputasi baik. Terdengar sepele, tetapi cukup penting. Memilih developer tepercaya itu bisa menyelamatkanmu dari potensi penipuan.

Pajak dan biaya lain

Ada biaya PPN, IMB, BPHTB, dan AJB, belum lagi fee notaris dan biaya sambungan listrik; semuanya adalah faktor yang menentukan harga sebuah rumah.

KPR

Program cicilan rumah KPR ternyata juga berpengaruh pada harga rumah, lo. Biasanya, pihak bank akan bekerjasama dengan pihak tertentu (seperti instansi pemerintah). Jadi, daripada harus mengeluarkan biaya promosi, developer bisa memberi diskon atau subsidi bunga.

Baca Juga: Begini Cara dan Syarat KPR Rumah

Cara Mudah Hitung KPR Rumah

Kenapa perlu tahu cara hitung KPR rumah? Jawabannya, agar kamu bisa membandingkan mana yang lebih kamu butuhkan, apakah beli rumah atau mengontrak saja. Simak cara mudah hitung simulasi KPR rumah berikut:

Kamu ingin membeli rumah di area Serpong, Tangerang Selatan dengan rincian:

  • Luas tanah: 60 mยฒ
  • Luas bangunan: 40 mยฒ
  • Harga: Rp400 juta
  • DP 10% (Rp40 juta)
  • Jangka waktu cicilan: 20 tahun (240 bulan)
  • Bunga per bulan: 7%

Maka,

  • Pokok pinjaman: Rp400 juta - (Rp400 juta x 10%) = Rp360 juta
  • Cicilan bulanan: Rp360 juta x 7% x20 / 240 bulan = Rp2.100.000

Artinya, sampai 240 bulan ke depan, kamu harus siap membayar sebesar Rp2.100.000 setiap bulannya.

Syarat KPR rumah tidak sulit; kamu harus berusia minimal 18 tahun (KPR non- subsidi) atau 21 tahun (KPR subsidi) dan menyiapkan salinan KTP, KK, NPWP, rekening koran, dan slip gaji.

Kesimpulan

Pastikan kamu membeli hunian yang sesuai dengan kondisi finansial dan faktor urgensi serta kebutuhan, ya. Bila setelah menghitung simulasi KPR rumah kamu masih ragu untuk membeli rumah, mengontrak untuk sementara waktu tidak masalah, kok. Meski bukan aset milik pribadi, biaya yang kamu keluarkan bisa lebih terjangkau dan fleksibel.

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
ยฉ 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi