mural
homeforward
Pengertian dan Keuntungan Investasi Properti

Pengertian dan Keuntungan Investasi Properti

Investasi jadi sorotan pada masa pandemi ini, di mana kondisi ekonomi tidak bisa diprediksi. Karenanya, pengaturan keuangan sangat dibutuhkan agar kondisi ekonomi tetap bisa stabil. Dalam pengaturan keuangan, investasi menjadi salah satu cara yang bisa digunakan. Jenis investasi beraneka ragam macamnya, salah satunya investasi properti. Nantinya, akan ada banyak keuntungan investasi properti yang bisa kamu peroleh. Dengan melakukan investasi properti, kamu bisa menjamin kondisi ekonomi jangka panjang. Hal ini karena investasi properti beda dari jenis investasi lain. 

Investasi properti dianggap lebih sedikit risikonya, sehingga peluang untuk merugi juga semakin kecil. Meski begitu, bukan berarti jenis investasi ini mudah dilakukan, ya. Sebab, semua jenis investasi tetap memiliki cara kerjanya tersendiri agar investor tidak merugi. Nah, apakah kamu sudah mulai tertarik untuk melakukan investasi ini? Jika iya, simak terlebih dahulu agar belajar investasi properti menjadi lebih mudah! 

Baca juga: Keuntungan Investasi Tanah, Besar Mana dengan Investasi Rumah?

 

Apa Itu Investasi Properti? 

apa itu investasi properti

Sumber: Freepik 

Sebelum mempelajari kelebihan investasi properti, kamu harus paham dulu apa itu investasi properti agar tidak salah langkah. Investasi properti adalah salah satu macam investasi dengan membeli, menyewa, memiliki, mengelola, atau menjual real estate dengan maksud menghasilkan keuntungan. Dalam penjelasan lain, investasi properti adalah pembelian properti real estate untuk memperoleh keuntungan yang disebut Return of Investment (ROI). ROI dapat berupa penjualan kembali atau bisa juga dengan hasil sewa. Dalam menjalankan investasi properti, investor bisa merupakan perorangan, kelompok kecil, atau korporasi. Hal ini tergantung dari jumlah modal yang dikeluarkan sebab investasi properti sendiri adalah investasi yang membutuhkan modal besar. Meski begitu, keuntungan investasi properti adalah memiliki tingkat risiko yang relatif kecil. Jadi, jika kamu memiliki modal, jenis investasi ini menjadi salah satu yang disarankan. 

 

Keuntungan Investasi Properti 

kelebihan investasi properti

Sumber: Freepik 

Bukan tanpa alasan investasi properti memiliki banyak peminat. Hal tersebut tidak terlepas dari berbagai kelebihan yang ditawarkan. Berikut ini beberapa keuntungan investasi properti: 

1. Harga Properti Terus Meningkat 

Salah satu kelebihan investasi properti adalah harga real estate yang terus meningkat. Sebagaimana kita tahu, bidang properti memiliki nilai yang cenderung tetap atau stabil. Hal ini karena kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal maupun bangunan lain akan selalu ada. Sehingga, penting bagi kamu untuk belajar investasi properti agar bisa memperoleh keuntungan yang meningkat. 

2. Bisa Jadi Pilihan Investasi Jangka Panjang 

Stabilnya nilai properti membuat jenis investasi ini bisa jadi pilihan investasi jangka panjang. Tak hanya stabil, bahkan jika kamu memiliki properti dengan nilai aset yang tinggi, keuntungan yang didapat di masa depan akan jauh lebih menggiurkan. 

3. Ada Bentuk Fisiknya 

Satu keuntungan investasi properti yang tidak bisa diabaikan adalah adanya bentuk fisik dari investasi itu sendiri. Tak seperti beberapa investasi lain, investasi properti bisa dilihat dengan jelas karena ada barang yang berwujud, yakni properti seperti tanah, rumah, gedung, ataupun apartemen. 

4. Pemilik Punya Kontrol Sepenuhnya 

Selain keuntungan di atas, kelebihan dari investasi properti yang bisa kamu rasakan adalah kontrol penuh pada investasi tersebut. Kamu bisa mengatur secara langsung investasi yang kamu punya; apakah kamu ingin menjualnya, menyewakan, atau membeli properti baru. 

5. Bisa Dikontrakkan 

Jika ingin keuntungan didapatkan secara stabil, kamu bisa juga menyewakan propertimu. Misalnya, saat ingin menyewakan apartemen, kamu bisa menggunakan sistem capitalization rate dengan rumus harga sewa per tahun sama dengan harga properti kali cap rate (%). Biasanya, nilai cap rate apartemen sekitar 7 persen hingga 10 persen. 

Sebagai contoh, katakanlah kamu ingin menghitung kisaran harga sewa apartemen yang punya nilai Rp500 juta dengan cap rate terendah atau 7%. Perhitungannya menjadi: 7% x Rp500 juta = Rp35 juta per tahun. Dari hitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa apartemen yang kamu miliki bisa disewakan dengan harga Rp35 juta per tahun. Harga itu adalah harga yang muncul jika kamu menggunakan cap rate terendah, ya. 

 

Baca juga: Investasi Adalah Hal Penting yang Perlu Anda Miliki, Berikut Manfaatnya!

Nah, itu tadi beberapa keuntungan investasi properti yang bisa kamu dapatkan. Tentunya dalam menjalankan investasi ini, perlu perhitungan mendetail agar tidak terjadi kerugian. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir, sebab banyaknya keuntungan tersebut menandakan bahwa investasi properti masih menjadi investasi yang paling dianjurkan karena nilainya yang stabil dan malah terus naik.

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi