mural
homeforward
Penyebab Air PDAM Mati dan Cara Mengatasinya

Penyebab Air PDAM Mati dan Cara Mengatasinya

Air PDAM mati bisa menjadi masalah besar bagi masyarakat. Pasalnya, keberadaan air bersih sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Tak hanya itu saja, air bersih juga mendorong peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan aktivitas bisnis di berbagai industri. Kendati demikian, air bersih juga bisa mengalami kelangkaan. Salah satu penyebabnya adalah curah hujan rendah. Kekeringan atau surutnya air pada sumber air perpipaan berdampak pada kuantitas air bersih. Apabila terus berlanjut, hal ini mendorong terjadinya pemadaman air PDAM bergilir. 

Baca juga: Simpel! Begini Cara Bayar Tagihan PDAM Tirta Raharja

 

Penyebab Air PDAM Mati dan Cara Mengatasinya 

Selain faktor alam, terdapat beberapa hal yang menyebabkan penyaluran air PDAM terganggu. Adapun penyebab air PDAM mati, antara lain sebagai berikut. 

1. Jam Puncak Pemakaian Air 

Air PDAM menjadi andalan utama bagi penduduk kota besar. Air bersih ini bisa dimanfaatkan untuk mencuci pakaian, menyiram tanaman, dimasak sebagai air minum, ataupun membersihkan diri dari kotoran. Penggunaan debit air yang tinggi di jam tertentu kerap menyebabkan aliran air mati. Kenaikan konsumsi air biasanya terjadi sejak pukul 04.00 hingga 07.00 WIB dan 15.30 hingga 19.00 WIB. 

Di musim liburan, penggunaan air PDAM meningkat dua kali lipat. Artinya, potensi kehabisan air di jam sibuk lebih besar. Supaya terhindar dari hal tersebut, disarankan untuk menampung air menggunakan ember, toren, atau bak sebelum masuk jam puncak penggunaan. 

2. Kebocoran Pipa Air 

Pemadaman air PDAM juga bisa disebabkan adanya kebocoran pipa. Kebocoran pipa terjadi lantaran terkena eskavator proyek pembangunan jalan atau galian tanah. Akibatnya, pipa saluran pecah dan memancarkan air deras hingga membentuk genangan. Pipa yang bocor akan menyebabkan gangguan penyaluran suplai air ke rumah penduduk. Jika kamu pernah mengalami air mendadak mati tanpa pemberitahuan, besar kemungkinan terjadi masalah pada pipa di sekitar kawasan tempat tinggalmu. 

Untuk mengatasi hal tersebut, petugas PDAM terpaksa menghentikan suplai air. Air yang surut akan memudahkan dan memaksimalkan perbaikan pipa. Biasanya perbaikan pipa bocor menghabiskan waktu cukup lama, tergantung tingkat keparahannya. Ketika petugas berhasil memperbaiki pipa, dibutuhkan waktu beberapa saat untuk menormalkan suplai air serta mengisi pipa dan tangki yang kosong sebelum siap disalurkan ke pelanggan.   

3. Terdampak Pekerjaan Proyek 

Pesatnya pertumbuhan penduduk mendorong PDAM menambah jaringan infrastruktur dan pipa. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan sekaligus memperluas cakupan penyaluran air. Dalam prosesnya, PDAM akan menghentikan suplai air sementara waktu agar penyambungan pipa berjalan optimal. Pemutusan ini biasanya dilakukan dalam waktu tertentu selama proyek dilaksanakan. 

Umumnya, proyek saluran air PDAM membutuhkan waktu hingga tiga bulan atau lebih. Pekerjaan tersebut biasanya dilakukan di jam dengan penggunaan rendah, sekitar pukul 09.00 hingga 14.00 WIB. Meskipun demikian, terkadang pekerjaan pemasangan pipa berlanjut hingga dini hari. 

Apabila hal ini terjadi, cara terbaik adalah mempersiapkan cadangan air sebanyak mungkin. Sebelum suplai air dihentikan sementara, pastikan mengisi bak, tangki air, atau ember hingga penuh. Berbekal hal ini, kamu tidak akan kekurangan air bersih dan tetap bisa menjalankan aktivitas tanpa gangguan. 

4. Pemeliharaan Jaringan Pipa dan Infrastruktur 

PDAM akan melakukan pemeliharaan jaringan pipa dan infrastruktur secara berkala. Salah satunya adalah instalasi pengolahan air. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas air yang disalurkan ke pelanggan dan menjaga standar yang ditetapkan Permenkes dan WHO. Pemeliharaan jaringan pipa biasanya dilakukan bertahap. Hal ini dilakukan untuk mencegah pemadaman air PDAM secara serentak. 

Selama proses pemeliharaan berlangsung, beberapa wilayah akan mengalami gangguan suplai air. Tak perlu panik karena kegiatan pemeliharaan tersebut akan diinformasikan secara terbuka ke seluruh pelanggan PDAM. Hal ini akan memberikan kamu waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi pemadaman air sementara.  

Cara mengatasi air PDAM mati karena pemeliharaan jaringan pipa dan infrastruktur adalah dengan mempersiapkan cadangan air. Mengingat jangka waktu pemeliharaan cukup lama, pastikan kamu mengisi air sebanyak mungkin satu hari sebelum kegiatan tersebut dimulai. 

5. Listrik Mati 

Beberapa PDAM masih mengandalkan listrik sebagai sumber tenaga utama untuk mengolah air maupun menyalurkannya ke pelanggan. Ketika listrik padam atau mengalami masalah, suplai air bersih juga akan mengalami gangguan. 

Mengingat kejadian tersebut tidak dapat diprediksi, solusi terbaik untuk mengantisipasinya adalah selalu membiasakan diri menampung air dalam jumlah besar. Selain bak mandi atau ember, kamu juga bisa menampung air cadangan menggunakan toren, atau drum air berukuran besar. 

 

Baca juga: Pahami Cara Membaca dan Menghitung Meteran Air PDAM Di Sini!

Demikianlah sejumlah penyebab air PDAM mati beserta solusinya yang perlu kamu ketahui. Informasi tersebut akan membuat kamu lebih waspada terhadap kemungkinan yang bisa terjadi. Kalau kamu ingin melakukan pembayaran tagihan air, jangan ragu menggunakan Flip. Berkat aplikasi Flip, kamu bisa membayar tagihan air lebih praktis dan tepat waktu. Yuk, coba Flip sekarang juga!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi