mural
homeforward
Paspor Elektronik Polikarbonat Beda dengan Paspor Biasa, Banyak Keunggulannya!

Paspor Elektronik Polikarbonat Beda dengan Paspor Biasa, Banyak Keunggulannya!

Ketika melakukan pengurusan paspor, kamu tidak hanya bisa mendapatkan paspor biasa. Pihak kantor imigrasi juga menyediakan opsi sehingga kamu bisa mendapatkan paspor elektronik. Selanjutnya, ada 2 jenis paspor elektronik yang tersedia, yakni paspor elektronik biasa dan paspor elektronik polikarbonat atau e-paspor polikarbonat. 

Paspor biasa, paspor elektronik, serta paspor elektronik polikarbonat adalah ketiga jenis paspor yang memiliki fungsi sama. Kamu dapat menggunakan sebagai bukti identitas selama perjalanan di berbagai negara. Lalu, apa yang membuat e-paspor polikarbonat beda dengan jenis paspor lainnya? 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Paspor Elektronik, Kelebihan, dan Biaya Pengurusannya

 

Apa Itu Paspor Elektronik Polikarbonat

Dalam pengertiannya, paspor elektronik polikarbonat adalah jenis e-paspor yang bisa kamu peroleh di Indonesia. Berbeda dengan e-paspor biasa yang menggunakan kertas, paspor elektronik polikarbonat dibuat dengan material polikarbonat. 

Penggunaan material inilah yang menjadi perbedaan paspor elektronik dan paspor elektronik polikarbonat paling utama. Selain itu, bahan polikarbonat membuat paspor tidak mudah rusak atau terlipat. Dengan begitu, paspor jadi lebih awet dan sekaligus menawarkan kelebihan seperti paspor elektronik biasa. 

Kelebihan Paspor Elektronik Polikarbonat

paspor elektronik polikarbonat 2

Dibandingkan dengan paspor biasa serta paspor elektronik, kamu bisa menemukan 4 kelebihan paspor elektronik polikarbonat, yaitu: 

1. Paspor yang Lebih Awet

Kelebihan paspor elektronik polikarbonat yang pertama adalah tingkat keawetannya. Pemakaian material polikarbonat membuat paspor tidak mudah rusak ataupun terlipat. Ingat, paspor rusak harus menjalani penggantian, dengan biaya beban sebesar Rp500 ribu. 

2. Tingkat Keamanan Data yang Lebih Baik

Seperti halnya paspor elektronik, paspor elektronik polikarbonat punya kemampuan menyimpan data yang canggih menggunakan chip. Data-data yang tersimpan pada paspor pun jadi lebih kompleks. Tidak cuma biodata serta foto, tetapi juga data biometrik seperti sidik jari serta tanda tangan.

Selain itu, sistem penyimpanan menggunakan chip juga mempunyai tingkat keamanan jauh lebih tinggi dibanding paspor biasa. Kamu dapat terhindar dari praktik pemalsuan paspor dan risiko kebocoran data pribadi dapat diminimalkan. 

3. Proses Pemeriksaan di Bandara yang Lebih Praktis

Keunggulan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dari e-paspor polikarbonat adalah kenyamanan ketika menjalani pemeriksaan di bandara. Kamu tidak perlu melewati pos pemeriksaan manual. Sebagai gantinya, terdapat fasilitas autogate yang secara khusus disediakan bagi para pemilik paspor elektronik. 

Autogate memungkinkan proses pemeriksaan berlangsung secara cepat dan praktis. Kamu hanya perlu melakukan pemindaian paspor dan pintu akan secara otomatis terbuka. Alhasil, kamu dapat melewati tahapan verifikasi paspor secara lebih cepat dan bebas antre. 

4. Proses Pengajuan Visa yang Lebih Mudah

Terakhir, ada kelebihan paspor elektronik polikarbonat berkaitan dengan proses pengajuan visa. Para pemilik e-paspor dapat lebih mudah mendapatkan persetujuan visa dari negara tujuan. Bahkan, ada negara-negara yang secara khusus memberlakukan kebijakan bebas visa bagi pemegang e-paspor, contohnya adalah Jepang. 

Cara Pengurusan dan Biaya Paspor Elektronik Polikarbonat

Dengan berbagai keunggulan tersebut, kamu tertarik untuk memiliki e-paspor polikarbonat, kan? Lalu, bagaimana cara mengurus serta berapa biaya paspor elektronik polikarbonat? Proses pengurusan e-paspor polikarbonat tak jauh berbeda dibandingkan paspor biasa. 

Dengan berbagai keunggulan tersebut, kamu tertarik untuk memiliki e-paspor polikarbonat, kan? Lalu, bagaimana cara mengurus serta berapa biaya paspor elektronik polikarbonat? Proses pengurusan e-paspor polikarbonat tak jauh berbeda dibandingkan paspor biasa. 

Kamu perlu mempersiapkan beberapa persyaratan seperti: 

  •     Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  •     Kartu Keluarga (KK)
  •     Akta kelahiran, surat baptis, akta perkawinan, atau surat nikah
  •     Surat penetapan nama dari pejabat berwenang, berlaku bagi kamu yang mengajukan penggantian nama

Hanya saja, tidak semua kantor imigrasi memiliki fasilitas untuk mencetak e-paspor polikarbonat. Beberapa kantor imigrasi yang menyediakan layanan penerbitan paspor elektronik polikarbonat antara lain adalah: 

  • Kantor Imigrasi Surabaya
  • Kantor Imigrasi Soekarno Hatta
  • Kantor Imigrasi Surakarta
  • Kantor Imigrasi Tanjung Perak
  • Kantor Imigrasi Tanjung Priok
  • Kantor Imigrasi Yogyakarta
  • Kantor Imigrasi Makassar
  • Seluruh Kantor Imigrasi di Wilayah DKI Jakarta
  • Kantor Imigrasi Batam

Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan biaya paspor elektronik polikarbonat sebesar Rp650 ribu. Kalau kamu ingin mempercepat proses penerbitan paspor elektronik, ada biaya tambahan yang perlu dibayar, yakni Rp1 juta. 

Nah, itulah informasi mengenai e-paspor polikarbonat yang perlu kamu ketahui. Ketika sudah menjadi pemegang paspor ini, kamu dapat merasakan semua manfaat di dalamnya. Kamu pun dapat menggunakannya untuk melakukan kunjungan ke berbagai negara. 

Selanjutnya, kamu perlu memastikan untuk tidak kehabisan uang selama berada di negara orang. Kalau butuh dana mendesak, kamu dapat memanfaatkan fasilitas kirim uang ke luar negeri yang praktis dan terjangkau menggunakan Flip. 

 

Baca juga: Pahami Apa Itu Paspor dan Syarat Lengkap Pembuatannya, Yuk!

Flip dapat membantu kamu untuk melakukan pengiriman uang ke luar negeri secara terjangkau ke lebih dari 50 negara dunia. Pakai Flip, kirim uang jadi praktis dan bisa kamu lakukan cukup menggunakan aplikasi di smartphone. Yuk, segera download Flip!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi