mural
homeforward
Mengenal Apa Itu Paspor Elektronik, Kelebihan, dan Biaya Pengurusannya

Mengenal Apa Itu Paspor Elektronik, Kelebihan, dan Biaya Pengurusannya

Saat melakukan pengurusan paspor, kamu punya pertimbangan untuk mendapatkan paspor biasa dan paspor elektronik atau e-paspor. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai dokumen untuk verifikasi identitas saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun, tahukah kamu kalau e-paspor mempunyai banyak kelebihan dibanding paspor biasa, lho!

Baca juga: Pahami Apa Itu Paspor dan Syarat Lengkap Pembuatannya, Yuk!

 

Pengertian Paspor Elektronik

Paspor elektronik adalah salah satu bentuk inovasi dalam pembuatan dokumen. Berbeda dengan paspor biasa yang memuat data pribadi, e-paspor punya kemampuan penyimpanan data yang lebih kompleks. Selain itu, informasi data pribadi yang ada di paspor juga dapat tersimpan dengan tingkat keamanan yang lebih baik. 

Kemampuan paspor elektronik dalam menyimpan data lebih kompleks dan tingkat keamanan lebih baik berkat penggunaan chip di dalamnya. Chip tersebut memiliki kemampuan dalam menyimpan data biometrik, tanda tangan, ataupun foto. Semua data tersebut dapat diakses dengan praktis cukup dengan melakukan pemindaian.

Gambar Paspor Elektronik

Seperti halnya paspor biasa, paspor elektronik adalah dokumen yang memiliki bentuk berupa buku. Hanya saja, kamu bisa menjumpai perbedaannya pada bagian sampul depan. Kamu bisa menjumpai adanya lambang berbentuk kotak kecil yang dilengkapi lingkaran pada bagian tengah.

Biar lebih jelas, kamu bisa melihat gambar serta contoh paspor elektronik sebagai berikut: 

paspor elektronik.jpeg
Source Bobo.ID

Kelebihan Memiliki Paspor Elektronik

Kamu mungkin berpikir, kenapa harus memilih paspor elektronik? Apalagi, paspor biasa sudah mencukupi untuk kebutuhan bepergian ke berbagai negara. 

Untuk hal yang satu ini, kamu harus tahu kalau ada banyak kelebihan paspor elektronik dibandingkan dengan paspor biasa. Kelebihan tersebut di antaranya adalah: 

1. Tingkat Keamanan

Kelebihan pertama yang bisa kamu dapatkan dari e-paspor adalah tingkat keamanannya. Risiko pemalsuan paspor dapat kamu hindari ketika menggunakan e-paspor. Paspor biasa dapat dipalsukan dengan mudah cukup menggunakan biodata dan foto. Namun, hal ini tak berlaku untuk e-paspor. 

Data yang termuat dalam e-paspor tidak cuma biodata serta foto. Namun, ada pula data biometrik seperti tanda tangan serta sidik jari yang tersimpan pada chip. Data-data tersebut tersimpan dengan tingkat akurasi tinggi sehingga sangat sulit untuk bisa dipalsukan.  

2. Kenyamanan di Bandara

Dalam setiap perjalanan ke luar negeri, kamu perlu menjalani pemeriksaan paspor oleh petugas keimigrasian. Terdapat proses pemeriksaan paspor secara manual bagi para pemilik paspor biasa. Karena berlangsung secara manual, maka proses ini butuh waktu yang cukup lama dan terdapat antrean cukup panjang. 

Lain halnya kalau kamu menggunakan e-paspor. Kelebihan paspor elektronik bisa kamu rasakan ketika melewati pemeriksaan paspor. Kamu tak perlu menjalani tahapan ini secara manual. Sebagai gantinya, kamu cukup menggunakan fasilitas autogate yang tersedia di bandara. Dengan fasilitas ini, proses pemeriksaan paspor berlangsung praktis dengan cara pemindaian. 

Contoh implementasi sistem autogate dapat kamu rasakan di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng. Di sini, kamu bisa melewati pemeriksaan pintu pertama cukup dengan memindai paspor. Selanjutnya, pintu kedua akan terbuka kalau kamu selesai melaksanakan pemindaian sidik jari. 

3. Proses Persetujuan Visa yang Lebih Mudah

Kelebihan paspor elektronik yang tidak kalah penting adalah proses persetujuan visa yang relatif lebih mudah. Bahkan, pemerintah Jepang memberlakukan kebijakan bebas visa bagi para pemegang paspor elektronik Indonesia. Kebijakan ini berlaku untuk kunjungan dengan durasi maksimal 15 hari. 

Kemudahan dalam proses persetujuan visa berkaitan erat dengan teknologi pada e-paspor. Sistem penyimpanan data yang ada pada e-paspor sudah memenuhi standar internasional yang ditetapkan oleh International Civil Aviation. Oleh karena itu, proses verifikasi dapat berlangsung lebih mudah dan cepat. 

Biaya Pengurusan Paspor Elektronik

paspor elektronik 2

Dengan berbagai kemudahan dan kelebihan paspor elektronik, kamu tertarik untuk menjadi salah satu pemiliknya, kan? Untuk memperoleh e-paspor sangat mudah. Kamu tinggal menjalani proses pembuatan proses seperti biasa. Hanya saja, terdapat perbedaan dari segi biaya

Pembuatan paspor biasa memerlukan biaya Rp350 ribu. Sedangkan, biaya paspor elektronik adalah Rp650 ribu. 

Dalam pengurusannya, kamu dapat memilih untuk membuat paspor elektronik biasa atau paspor elektronik polikarbonat. Dengan biaya tersebut, kamu akan memperoleh paspor elektronik dengan 48 lembar halaman. 

Sebagai tambahan, kamu perlu pula memperhatikan adanya biaya beban senilai Rp1 juta ketika paspor hilang. Selain itu, ada pula biaya yang perlu kamu bayar ketika terjadi kerusakan, nilainya sebesar Rp500 ribu.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kalau paspor elektronik adalah jenis paspor yang menawarkan lebih banyak keuntungan dibanding paspor biasa, kan? Dengan paspor ini, kamu bisa bepergian ke mancanegara dengan lebih nyaman. 

Tak hanya liburan, kamu bisa pula memakai paspor untuk belajar atau bekerja di luar negeri. Selanjutnya, kamu pun tinggal menyiapkan dana cukup untuk biaya hidup selama di sana. Sebagai tambahan, kamu dapat pula meminta kiriman uang dari saudara. Apalagi, saat ini kamu bisa kirim uang ke luar negeri dengan mudah dan terjangkau menggunakan Flip Globe. 

 

Baca juga: Ingin Pergi ke Luar Negeri? Pahami Perbedaan Visa dan Paspor, Yuk!

Flip Globe membantu kamu ketika ingin melakukan pengiriman dana ke lebih dari 50 negara dunia. Dengan Flip, kirim-kirim uang tak perlu biaya mahal. Yuk, segera download Flip dan rasakan kemudahan dalam melakukan pengiriman uang ke luar negeri!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi