mural
homeforward
Mau Transfer ke Eropa? IBAN BCA Solusinya!

Mau Transfer ke Eropa? IBAN BCA Solusinya!

Banyak keuntungan yang Anda peroleh ketika menjadi nasabah BCA, seperti kemudahan dalam transaksi finansial. Salah satunya adalah transaksi finansial lintas negara, terutama di kawasan Eropa. Sebagai fasilitas transfer ke kawasan tersebut, bank ini menyediakan IBAN BCA. Namun, sebelum transfer menggunakan IBAN, Anda harus memiliki rekening BCA untuk mentransfer dananya. Selain itu, pastikan nomor rekening penerima sesuai dengan ketentuan dari pihak bank. Supaya lebih memahami seputar cara cek IBAN BCA, simak pembahasan di bawah ini. 

Baca juga: Ingin Transferan Cepat Sampai? Pakai IBAN BRI Saja!

 

Apa Itu IBAN BCA? 

Bank Central Asia atau BCA merupakan bank nonpemerintah yang terbesar di Indonesia. Ada lebih dari 17 juta rekening dan 1.235 kantor cabang BCA tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, BCA memiliki kantor cabang di Hongkong dan Singapura. Untuk meningkatkan layanan pelanggan, BCA kini menyediakan routing number yang mendukung transaksi ke kawasan Eropa. Routing number sendiri diartikan sebagai identitas sebuah bank berupa kode. Nah, kode identitas itulah yang disebut dengan IBAN. Kode IBAN dari BCA terdiri dari kode negara tujuan, bank, dan rekening penerima. Jumlah kodenya ada sembilan digit alphanumeric yang unik. Cara mengetahui kode IBAN BCA bisa dengan menanyakan langsung ke pihak bank.   

 

Perbedaan IBAN dan SWIFT BCA 

Sebagian orang menyebut IBAN mirip dengan SWIFT BCA; padahal keduanya berbeda. 

Salah satu perbedaannya adalah kode IBAN hanya dapat membantu mengidentifikasi bank menurut negara bagian di Amerika Serikat serta memudahkan transfer domestik. Sebaliknya, SWIFT mengidentifikasi kantor cabang untuk transaksi dalam lingkup lebih luas. 

Perbedaan juga terlihat dari bentuk kode IBAN dan SWIFT. Jika IBAN terdiri dari 22—30 huruf dan angka, SWIFT justru hanya rangkaian huruf. Kemudian, dari tujuan penggunaan, kode IBAN untuk mengidentifikasi akun perorangan. Sementara SWIFT BCA dapat digunakan bank tertentu atau entitas. 

Dari sisi ruang lingkup penggunaan, IBAN dapat diterapkan di negara-negara kawasan Eropa saja. Sebaliknya, SWIFT menjangkau skala internasional, yakni di luar kawasan Eropa. 

Perbedaan lainnya, yakni IBAN hanya dapat digunakan untuk transaksi finansial ke kawasan Eropa. Sementara itu, SWIFT memberikan fasilitas transaksi finansial maupun nonfinansial ke berbagai negara. 

 

Cara Mengecek IBAN BCA 

Cara paling mudah untuk menemukan IBAN dari BCA adalah menanyakan langsung kepada pihak bank saat mengisi formulir transaksi. Jika Anda terhubung internet, kode IBAN tersebut bisa ditemukan di website ekonomi dan keuangan. 

Secara keseluruhan, IBAN terdiri dari dua huruf negaranya, kode khusus, kantor cabang, dan nomor rekening tujuan. Sebagai contoh, Anda ingin mengirim dana ke Prancis, berarti kodenya FR14 2004 1010 0505 0001 3M02 606.   

 

Cara Menghubungkan IBAN BCA dan Paypal 

Apakah Anda bekerja sebagai freelancer yang menerima pembayaran dari luar negeri? Kalau iya, berarti Anda tidak asing dengan aplikasi PayPal. Pasalnya, aplikasi ini cukup populer di kalangan freelancer, youtuber, atau pebisnis yang bertransaksi hingga ke luar negeri. PayPal diartikan sebagai rekening virtual yang menawarkan layanan jasa transfer dan pembayaran secara online. Jaringan PayPal tergolong kuat dan mampu melayani berbagai transaksi finansial dari seluruh negara. Semuanya dilakukan menggunakan surat elektronik (email) sehingga lebih efektif dan efisien. Metode PayPal ini menggantikan cara klasik pengiriman uang ke luar negeri, yakni via wesel pos. Tentunya, PayPal juga menjadi alat pembayaran virtual paling aman dan nyaman. Karena itu, PayPal digunakan oleh banyak pemasar online. 

Lalu, bagaimana menghubungkan IBAN dari BCA dengan PayPal? IBAN dapat digunakan ketika bertransaksi di PayPal sebagai kode identifikasi BCA. Biasanya, kode tersebut dipakai saat PayPal mengirimkan uang ke rekening terdaftar dan syarat menghubungkan aplikasi tersebut dengan IBAN BCA. 

IBAN atau routing number BCA untuk PayPal terdiri dari 7 digit angka, yaitu 0140012. Langkah-langkah menggunakan IBAN di PayPal sebagai berikut. 

1. Pertama, pastikan PayPal sudah terpasang di smartphone Anda dan memiliki akun di aplikasi tersebut. 

2. Kedua, bukalah aplikasi PayPal. Kemudian, login menggunakan username dan password Anda. Untuk memudahkan login, Anda dapat memanfaatkan fitur sidik jari. 

3. Langkah berikutnya, klik “Setting” di halaman utama. Letaknya ada di bagian pojok kanan atas. Lalu, pilihlah “Bank and Cards”. 

4. Langkah keempat, klik tanda plus (+) yang terletak di bagian pojok kanan atas. 

5. Selanjutnya, pilihlah “Bank Account”. 

6. Langkah keenam, Anda harus memilih "Go To Our Website" untuk masuk ke halaman penambahan rekening bank di web paypal.com. 

7. Setelah web PayPal terbuka, hubungkan rekening bank dengan cara memasukkan data nama bank, kodenya, dan nomor rekening Anda. Lalu, klik opsi BCA dan input kode 0140012. 

8. Terakhir, pilih menu "Hubungkan Bank Anda". Kalau sudah, biarkan proses berjalan sampai selesai. 

 

Baca juga: Bingung Transfer Uang ke Luar Negeri? Pakai IBAN BNI Saja

Demikian pengenalan IBAN BCA, perbedaannya dengan SWIFT, dan cara cek IBAN BCA yang mudah dan cepat. Jika ingin cara lebih mudah, Anda bisa mengunduh Flip Globe. Aplikasi ini mendukung transaksi ke berbagai negara, termasuk Eropa. Jadi, tinggal masukkan kode IBAN dan nomor rekening tujuan, dana yang ingin Anda kirimkan segera diproses. Untuk aktivitas transfer dana ke beda bank tanpa beban admin, beralih ke Flip Globe yuk! Dengan Flip Globe, transfer ke luar negeri juga jadi lebih praktis.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi