mural
homeforward
Bingung Transfer Uang ke Luar Negeri? Pakai IBAN BNI Saja

Bingung Transfer Uang ke Luar Negeri? Pakai IBAN BNI Saja

Dengan adanya kemudahan teknologi, kamu bisa melakukan transaksi keuangan di mana dan kapan saja. Namun demikian, untuk melakukan transfer uang ke luar negeri terutama Eropa, kamu perlu mengetahui tentang International Bank Account Number (IBAN).

Namun apakah pemegang rekening Bank Negara Indonesia (BNI), bisa melakukan transfer uang ke luar negeri dengan menggunakan IBAN BNI? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu IBAN

IBAN merupakan kode rekening bank internasional, yang akan membantu seseorang dari negara lain untuk mengirimkan sejumlah dana. IBAN dikembangkan untuk mengidentifikasi rekening bank luar negeri sesuai dengan sistem penomoran internasional. Negara-negara yang menggunakan metode identifikasi rekening seperti ini adalah negara-negara di Eropa.

Kode IBAN sendiri merupakan kombinasi huruf dan angka yang berjumlah 22 hingga 30 deret. Setiap negara akan diwakili dengan dua kode huruf negaranya, selanjutnya diikuti kode khusus, kode kantor cabang, serta nomor rekening penerima pada bagian terakhir. Jadi bila Anda ingin mengirimkan uang kepada kenalan atau kerabat yang ada di Eropa, jangan lupa minta kode IBAN dari mereka.

 

Baca Juga : Mengenal IBAN, Solusi Praktis untuk Transfer ke Eropa  

Kode IBAN BNI untuk Transfer Uang

Berbeda dengan negara-negara Eropa, mayoritas bank di Indonesia belum memiliki kode IBAN termasuk Bank BNI. Jadi, bila ada yang bertanya apa kode IBAN Bank BNI? Maka jawabannya tidak ada. Namun, demikan perubahan bisa saja terjadi dalam beberapa tahun ke depan. Sehingga cara cek IBAN BNI yang lebih valid adalah dengan menghubungi Call Center Bank BNI di 1-500-46.

Untuk transaksi keuangan internasional dari Eropa ke Indonesia, kamu bisa menggunakan kode swift (swift code). Kode swift bank BNI dapat digunakan jika kamu ingin mengirimkan uang kepada kerabat di Indonesia yang merupakan nasabah aktif Bank BNI. Swift code Bank BNI adalah BNINIDJA.

Empat huruf pertama (BNIN) menjelaskan nama bank. Kemudian dua huruf berikutnya (ID) merujuk kepada negara bank tujuan yaitu Indonesia. Dua huruf terakhir (JA) menunjukan lokasi perusahaan perbankan (Jakarta). Sebagai informasi, swift code Bank BNI konvensional berbeda dengan BNI Syariah. Karena itu, jangan sampai salah menyertakannya ketika mengirim uang. Bagi yang ingin mengirim uang kepada pemilik rekening Bank BNI Syariah, maka swift code yang harus digunakan adalah SYNIIDJA.

 

Baca Juga : Swift Code Bank BNI: Begini Cara Mudah Kirim Uang ke Berbagai Negara  

Cara Transfer Menggunakan IBAN BNI

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan transfer uang ke luar negeri dengan memanfaatkan IBAN dari Bank BNI. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Transfer melalui Kantor Cabang BNI

Untuk melakukan transfer dana ke luar negeri, Anda bisa langsung datang ke kantor cabang Bank BNI terdekat. Pilihlah layanan Outgoing Transfer (OTR). Untuk dapat melakukan transaksi, kamu harus menjadi nasabah Bank BNI. Saat datang ke Bank, kamu wajib membawa buku tabungan dan membayar biaya pengiriman sesuai ketentuan berlaku. Jangan lupa bawa dokumen underlying yang sesuai dengan kebutuhan transaksi OTR.

Salah satu keunggulan transaksi OTR adalah kiriman uang dapat diterima pada hari yang sama. Selain itu, Transfer juga dapat diterima dalam 125 jenis mata uang lokal di berbagai negara. BNI juga telah memiliki produk Ringgit Remittance, Yuan Remittance serta Won Remittance sehingga pengiriman dana ke Malaysia, China, dan Korea Selatan semakin mudah.

2. Melalui Mobile Banking

Demi kemudahan bertransaksi, BNI sudah menyediakan fitur transfer mata uang asing ke seluruh negara di dunia melalui BNI Mobile Banking. Dengan fitur ini, kamu tak perlu lagi repot berkunjung ke kantor cabang BNI. Transaksi keuangan pun dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Nah, agar tak salah dalam prosesnya berikut langkah-langkah transfer uang ke luar negeri dengan aplikasi BNI Mobile Banking.

  1. Login ke aplikasi kemudian pilih menu transfer.
  2. Pilih opsi menu international remittance.
  3. Pastikan kamu membaca syarat dan ketentuan yang muncul. Setelah itu, klik lanjut.
  4. Pilih nomor rekening debet dan pilih input baru.
  5. Pilih opsi negara tujuan yang akan ditransfer.
  6. Pilih Bank yang akan menjadi tujuan transfer.
  7. Input nomor rekening bank tujuan. Pastikan kode IBAN yang kamu dapatkan sudah sesuai.
  8. Masukan nama dan alamat penerima secara benar dan lengkap.
  9. Bila kamu ingin menambahkan nomor rekening penerima sebelumnya ke dalam Daftar Favorit, centang kolom simpan ke Daftar Favorit. Tulis nama singkat si pemilik rekening.
  10. Setelah itu, isi data mengenai nominal mata uang yang ingin dikirim (tersedia dalam mata uang Euro/Dolar AS, Dolar Singapura, dan Dolar Australia).
  11. Pilih beban Ongkos Bank Koresponden yang harus dibayarkan.
  12. Pilih tujuan transaksi yang dilakukan.
  13. Jangan lupa masuk ke halaman validasi dan masukan password transaksi.
  14. Tekan lanjut dan transaksi yang kamu lakukan telah selesai.

 

Demikianlah informasi mengenai IBAN BNI dan cara mentransfer uang ke luar negeri bagi kamu yang memiliki rekening BNI. Agar lebih praksi, kamu juga dapat melakukan transfer uang ke negara lain dengan biaya hemat melalui Flip Globe. Flip Globe melayani transfer uang ke puluhan negara di dunia.

Bagikan

Lainnya

Top Recommendations for University in Korea, Where are They?
Top Recommendations for University in Korea, Where are They?
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Crash Course on Living Costs in Jakarta for International Expats
Crash Course on Living Costs in Jakarta for International Expats
Bank Permata: Profil, Sejarah, Produk dan Keunggulan Pelayanannya
Bank Permata: Profil, Sejarah, Produk dan Keunggulan Pelayanannya
Manfaat dan Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online
Manfaat dan Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.5

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2023 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi