mural
homeforward
Ketahui 5 Penyebab Listrik Padam Yang Umum Terjadi

Ketahui 5 Penyebab Listrik Padam Yang Umum Terjadi

Listrik sudah menjadi kebutuhan pokok manusia. Karena itu, pada saat listrik padam, kamu dapat merasakan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Terlebih lagi, bagi kamu yang banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, misalnya bekerja menggunakan komputer, memasak, menyetrika, atau belajar. Jika terjadi listrik padam, hal pertama yang terlintas di benakmu mungkin saja karena terjadinya arus pendek listrik atau korsleting. Padahal, ada beberapa penyebab listrik padam yang umum terjadi. Untuk mengetahui penjelasannya, berikut ini diuraikan apa saja penyebab listrik padam. Simak penjelasannya di bawah ini. 

Baca juga: Alarm Token Listrik Berisik? Ini 3 Cara Mematikannya!

 

Penyebab Listrik Padam yang Umum Terjadi 

Sebelum membahas penyebabnya, ada baiknya kamu mengetahui apa itu listrik padam. Dilansir dari Wikipedia, listrik padam merupakan sebuah kondisi ketika daya listrik hilang dari pemasok listrik ke pengguna listrik lainnya. Terjadinya listrik padam ini tak hanya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, tetapi juga berdampak buruk bagi alat-alat elektronik. Jika kamu kerap menggunakan alat-alat listrik untuk mendukung aktivitas dan pekerjaanmu setiap hari, serta di wilayah tempat tinggalmu sering terjadi pemadaman listrik, ada baiknya kamu memiliki alat generator listrik yang akan menyala otomatis apabila terjadi listrik padam. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya listrik padam secara mendadak di daerahmu. Inilah beberapa penyebab yang umum terjadi:   

1. Korsleting Listrik 

Salah satu penyebab listrik padam yang paling umum terjadi adalah terjadinya arus pendek listrik atau korsleting listrik. Mungkin kamu pernah memperhatikan banyaknya kabel berantakan dan menumpuk di sebuah tiang listrik, inilah yang dapat menyebabkan terjadinya korsleting listrik. 

2. Pemadaman Terpusat 

Penyebab listrik padam berikutnya adalah terjadinya pemadaman listrik secara terpusat yang dilakukan oleh perusahaan listrik. Pemadaman ini biasanya dilakukan ketika perusahaan listrik akan melakukan perawatan maupun pemeriksaan secara berkala. Sebelum melakukan pemadaman listrik, biasanya perusahaan listrik akan memberikan informasi terkait pemadaman secara terpusat. Dengan begitu, kamu bisa bersiap untuk menyelesaikan keperluanmu sebelum terjadi pemadaman sesuai jadwal yang ditentukan. Namun, bagaimana bila kamu tidak mengetahui kabar tentang pemadaman listrik terpusat sebelumnya? Nah, cara paling mudah adalah bertanya kepada tetangga. Jika rumah tetanggamu juga mengalami pemadaman listrik, berarti wilayahmu telah terjadi pemadaman terpusat. 

3. Adanya Peningkatan Daya Listrik 

Adanya peningkatan daya listrik secara tiba-tiba juga dapat menyebabkan listrik padam. Peningkatan daya mendadak ini biasanya disebabkan oleh petir yang menghantam pembangkit listrik dalam jarak dekat. Akibatnya, terjadi peningkatan daya listrik dalam jumlah besar secara mendadak. Untuk mencegah terjadinya kebakaran, maka listrik akan padam secara otomatis. 

4. Adanya Penggunaan Listrik Terlalu Tinggi 

Saat penggunaan listrik yang terlalu tinggi tetapi tidak diimbangi dengan pasokan listrik yang ada, maka listrik padam akan terjadi secara tiba-tiba. Misalnya, pada saat kamu menyalakan beberapa elektronik yang menggunakan watt besar seperti AC, pompa air, atau mesin cuci, dan tiba-tiba listrik padam. Hal ini terjadi karena konsumsi listrik melonjak lebih tinggi dibandingkan kapasitas daya listrik di sana. Akibatnya, sistem pembangkit listrik akan secara otomatis melakukan pemadaman untuk menghindari kerusakan. Jika hal ini terjadi, ada baiknya bila kamu mematikan beberapa alat elektronik atau mencabut kabel terlebih dahulu sebelum menyalakan listrik kembali. 

5. Terdapat Bencana Alam 

Saat terjadi bencana alam seperti banjir maupun gempa bumi, perusahaan listrik akan melakukan pemadaman listrik di daerah yang terdampak bencana alam tersebut. Misalnya pada saat terjadi banjir, maka ada kemungkinan terjadinya kabel yang putus dan dapat menyebabkan warga tersengat listrik. Sementara itu, gempa bumi yang terjadi dalam skala besar dapat mengakibatkan kerusakan; salah satunya pada aliran listrik karena terputusnya kabel listrik di daerah gempa. Bencana alam lainnya yang dapat menyebabkan listrik padam adalah angin kencang saat musim hujan. Angin ini bisa memutus kabel listrik. Pun, dengan angin yang menumbangkan pohon dan menimpa kabel listrik.   

Tips Saat Menghadapi Listrik Padam 

Nah, berikut tadi adalah penyebab umum terjadinya listrik padam secara tiba-tiba. Lantas, apa yang bisa kamu lakukan apabila listrik padam? Setelah mengetahui penyebab listrik padam, kamu bisa melakukan pengaduan gangguan listrik ke PLN dengan menghubungi PLN 123, menggunakan aplikasi PLN Mobile, maupun melalui media sosial atau email ke [email protected]. Tips lainnya yang bisa kamu lakukan pada saat listrik padam yaitu menyiapkan alternatif sumber daya listrik cadangan seperti generator set atau genset, power bank, serta menyediakan lilin atau senter untuk penerangan. Ada baiknya, kamu tidak membuka kulkas pada saat pemadaman listrik untuk menjaga agar makanan tetap terjaga suhunya, setidaknya selama empat jam. 

 

Baca juga: Cek Pengertian Meteran Listrik, Jenis dan Fungsinya di Sini!

Itulah beberapa informasi tentang penyebab listrik padam dan tips saat menghadapi listrik padam yang bisa kamu lakukan. Kalau terjadi listrik padam karena token listrik habis, kamu bisa beli token listrik via aplikasi Flip, ya! Tersedia berbagai macam metode pembayaran untuk memudahkan kamu saat bertransaksi. Yuk, download aplikasi Flip sekarang!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_5.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi