mural
homeforward
Kenapa Tagihan Listrik Belum Tersedia? Ini Jawabannya

Kenapa Tagihan Listrik Belum Tersedia? Ini Jawabannya

Sebelum pemakaian listrik secara prabayar atau pengisian pulsa (token) listrik populer, hanya ada satu layanan listrik yang ditawarkan oleh PLN sebagai pemasok daya listrik utama di Indonesia, yaitu pascabayar. Jadi, pelanggan bisa menggunakan listrik setiap saat dan mendapatkan tagihan total pemakaian listrik pada akhir bulan. 

Meski begitu, beberapa pelanggan hingga sekarang ini masih menggunakan layanan listrik pascabayar. Mungkin, tak sedikit pelanggan yang telah nyaman memakai layanan listrik ini. Hanya, tak jarang muncul keluhan kenapa tagihan listrik belum tersedia padahal harus segera dibayarkan.

Baca Juga: 2 Aplikasi Cek Tagihan Listrik yang Wajib Kamu Punya di Ponsel

Kenapa Tagihan Listrik Belum Tersedia?

cek tagihan listrik lewat hp

Sumber: Freepik

Ternyata, ada beberapa faktor yang menjadi alasan kenapa tagihan listrik belum tersedia yang membuat pelanggan yang menggunakan layanan listrik pascabayar belum dapat melakukan pembayaran tagihan. 

Sayangnya, tidak semua pelanggan layanan tersebut tahu akan hal ini sehingga mengakibatkan pembayaran tagihan menjadi tertunda, lupa, dan berujung denda. Kalau kamu termasuk salah satunya yang kerap mempertanyakan hal serupa, berikut ini beberapa alasannya: 

Masih awal bulan

Jika kamu berniat mengecek tagihan pemakaian listrik bulanan pada awal bulan, misalnya tanggal 1 setiap bulan, besar kemungkinan tagihan listrik kamu masih belum tersedia. Ini karena memang tagihan masih belum ada atau belum terakumulasi. 

Lalu, kapan waktu yang tepat melakukan pengecekan? Jika ingin mengecek pemakaian dan tagihan listrik bulanan, kamu bisa melakukannya pada tanggal 2 atau setelah tanggal 5. Lalu, segera lakukan pembayaran jika tagihan listrik sudah muncul. 

Pastikan kamu tidak membayar lewat dari tanggal 20 setiap bulannya atau kamu akan terkena denda. Sebab, tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan listrik bulanan adalah setiap tanggal 20. 

Salah memasukkan nomor ID pelanggan

Alasan berikutnya kenapa tagihan listrik belum tersedia adalah salah memasukkan nomor ID pelanggan. Inilah yang kerap terjadi pada pelanggan layanan listrik pascabayar. Pastikan kamu tidak salah atau terbalik dalam menuliskan nomor pelanggan, sebaiknya simpan struk bukti pembayaran tagihan sebelumnya atau catat dalam ponsel. 

Biasanya, nomor ID untuk pelanggan layanan listrik pascabayar berjumlah 12 digit. Agar lebih yakin, kamu bisa langsung melakukan pengecekan pada meteran yang ada di rumah.

Pengecekan yang keliru

Terakhir, tak sedikit pelanggan yang keliru saat melakukan pengecekan. Dalam hal ini, pelanggan layanan pascabayar melakukan pengecekan tagihan dan pembayaran pada bagian listrik prabayar atau token. 

Sudah pasti pengecekan akan gagal karena nomor ID pelanggan untuk layanan pascabayar dengan prabayar tentu tidak sama. Ini berarti, kamu harus memastikan menu layanan yang dipilih sudah benar, apakah untuk token atau pascabayar. 

Beli Token dan Bayar Tagihan Listrik Secara Online

beli token dan bayar listrik di flip

PLN menyebutkan bahwa pelanggan dapat melakukan pengecekan taksiran tagihan penggunaan listrik bulanan. Caranya yaitu melalui aplikasi Mobile PLN dengan memilih fitur Catat Meter. 

Melalui fitur tersebut, pelanggan dapat mengetahui taksiran pemakaian dan tagihan listrik sebelum tagihan keluar secara resmi. Kamu bisa melakukan pencatatan mandiri ini mulai dari tanggal 23 sampai 27 setiap bulannya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Akses aplikasi Mobile PLN, lalu pilih menu Catat Meter.
  2. Kamu akan diminta untuk melakukan swacam dan memfoto angka yang ada di kWh meter. 
  3. Selanjutnya, kamu bisa memilih ID Pelanggan dan masukkan angka yang tertulis pada stand meter. Terakhir, kirimkan. 

Baca Juga: Tagihan Listrik Keluar Tanggal Berapa? Catat Tanggalnya!

Setelah kamu mengikuti semua langkah tadi, selanjutnya akan terlihat perkiraan total pemakaian dan tagihan listrik. Dengan begitu, kamu bisa menaksir berapa besar tagihan listrik yang harus kamu bayarkan. 

Jadi, sekarang kamu sudah tahu alasan kenapa tagihan listrik belum keluar. Sebisa mungkin, hindari hal-hal tersebut sehingga kamu bisa tetap mengecek tagihan tiap bulan. Selain itu, jangan lupa untuk membayarkan tagihan listrik tepat pada waktunya agar tidak didenda.

Sekarang, kamu bisa membayar tagihan listrik lebih mudah, simpel dan praktis secara online menggunakan aplikasi Flip. Memang benar, dahulu Flip populer untuk transfer uang bebas biaya admin, tetapi saat ini aplikasi satu ini juga mendukung untuk isi ulang pulsa (listrik dan ponsel) serta bayar tagihan. 

Caranya, pada bagian halaman depan, kamu bisa pilih menu Top Up dan Tagihan. Lalu, pilih Tagihan Listrik pada bagian Postpaid. Setelahnya, isikan nomor ID pelanggan dengan benar pada kolom yang sudah tersedia. Detail informasi tagihan listrik akan muncul setelah kamu memasukkan ID pelanggan. 

Selain itu, kamu juga bisa isi ulang token pulsa dari aplikasi Flip. Caranya, pada bagian halaman depan, pilih menu Top Up dan Tagihan, lalu pilih Token Listrik. Selanjutnya, kamu bisa memasukkan nomor ID pelanggan dengan benar. Pilih nominal pulsa yang hendak kamu isikan sesuai kebutuhan. 

Terakhir, selesaikan transaksi dengan metode yang sudah tersedia. Sangat mudah dan praktis, bukan? Jadi, tak ada lagi alasan terlambat membayar tagihan bulanan listrik karena melalui Flip, semua akan menjadi lebih mudah. Yuk, pakai Flip sekarang!

Beli Token dan Bayar Listrik via Flip
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi