mural
homeforward
6 Kelebihan E-wallet yang Canggih dan Nyaman Digunakan

6 Kelebihan E-wallet yang Canggih dan Nyaman Digunakan

E-wallet atau electronic wallet merupakan tempat penyimpanan uang secara digital yang bisa kamu akses hanya dengan membuka smartphone. Metode ini kemudian menjadi sangat massif digunakan, terlebih di era digitalisasi seperti sekarang ini. 

Tidak heran, sebab kelebihan e-wallet memang sangat banyak, baik itu untuk konsumen maupun pemilik bisnis itu sendiri. Lantas, apa saja keuntungan menggunakan e-wallet yang membuatnya begitu diminati? Mari simak bersama-sama pada artikel berikut!

Baca Juga: Apa itu E-Wallet? Definisi, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Kelebihan Menggunakan E-wallet untuk Konsumen

keuntungan menggunakan e-wallet

Sumber: Freepik

Ada banyak keuntungan menggunakan e-wallet yang bisa kamu rasakan sebagai konsumen bisnis. Apa sajakah itu? Ini dia penjelasan lengkapnya!

1. Transaksi lebih cepat selesai

Pertama, para pengguna dompet digital pasti paham bahwa salah satu kelebihan e-wallet, yakni bisa membuat transaksi jual beli menjadi jauh lebih cepat. Dari sisi konsumen, kamu tidak perlu merogoh kocek tertentu, lalu menunggu kembalian dari kasir. Proses menunggu uang kembalian bisa jadi sangat lama pada beberapa kasus dan kamu mungkin juga tidak sempat menunggu.

Metode bayar e-wallet sangat mudah. Kamu hanya perlu membuka smartphone yang sudah terdapat aplikasi e-wallet di dalamnya. Buka aplikasi tersebut, lalu tekan tombol QR Pay. Nantinya, smartphone-mu akan membuka kamera untuk memindai  barcode  pada  merchant  bisnis. Selanjutnya, tinggal scan, ketikkan nominal pembayaran, dan masukkan password, deh!

2. Tidak perlu membawa uang tunai

Poin sebelumnya sudah sedikit membahas mengenai uang tunai. Ya, memang, dalam pembayaran digital via e-wallet, kamu jadi tidak perlu menggunakan uang tunai. Artinya, kamu tak perlu repot menyiapkan uang cash untuk melunasi transaksi. Ini bisa menjadi kelebihan e-wallet kalau transaksimu bernilai jutaan rupiah.

3. Riwayat transaksi langsung tercatat

Keuntungan menggunakan e-wallet yang berikutnya adalah riwayat transaksi langsung tercatat secara otomatis. Jika kamu adalah seseorang yang rajin membuat laporan pengeluaran setiap hari bahkan bulan, transaction history seperti ini mestinya sangat membantu dalam pembuatan laporan keuangan tersebut.

Bahkan, dalam transaction history tersebut, biasanya pengeluaranmu akan diurutkan berdasarkan jam, tanggal, bulan, dan tahun transaksi, lho. Transaksi terkini tentunya menempati urutan teratas. Tentunya, kamu pun bisa mengontrol arus kas bila terdapat selisih antara pemasukan dan pengeluaranmu saat ini.

4. Banyak promo yang menggiurkan

Kelebihan e-wallet selanjutnya, yakni banyak promo menggiurkan yang kerap hadir dalam aplikasi tersebut. Promo-promo yang ditawarkan oleh pengembang aplikasi dompet digital ini memang sangat menarik, sehingga mampu memikat perhatian non-pengguna supaya segera beralih menjadi pengguna aktif.

Supaya mendapatkan keuntungan maksimal, sebaiknya kamu menghafalkan masing-masing penawaran utama dari setiap aplikasi dompet digital. Misalnya, jika aplikasi A sering menawarkan keuntungan belanja pada tanggal kembar, gunakan ketika kamu hendak belanja di tanggal-tanggal tersebut.

Kelebihan E-wallet untuk Bisnis

Top up e-wallet lebih hemat biaya

Nyatanya, keuntungan menggunakan e-wallet itu tak hanya berlaku bagi konsumen bisnis, melainkan juga bagi pemilik usahanya. Apa sajakah manfaat yang dimaksud?

1. Perlindungan dari uang palsu

Pembayaran yang diproses secara digital tentu akan menghindarkanmu dari kerugian akibat uang palsu. Sebagai pelaku usaha, musibah semacam ini tentu menjadi ancaman yang merugikan, apalagi jika bukan kamu yang secara langsung berada di balik mesin kasir.

Selain itu, dengan e-wallet, kamu juga tidak perlu menyediakan lampu neon berwarna ungu untuk mendeteksi keaslian uang tunai. Ini artinya, kamu menghemat biaya operasional bisnis dan ini bisa sangat menguntungkan pada masa awal pendirian usaha.

Baca Juga: 5 Produk Dompet Digital Populer di Indonesia

2. Rekapitulasi transaksi jadi lebih mudah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, e-wallet memang bisa mencatat transaksi secara otomatis. Bagi bisnis, catatan keuangan semacam ini menjadi sangat penting karena akan berdampak pada proses penyusunan laporan keuangan. Laporan tersebut tentu juga berdampak besar bagi keberlangsungan usaha, sebab bisa mengukur kemajuan bisnis.

Saat transaksi pemasukan dan pengeluaran tercatat dengan baik, otomatis bagian keuangan perusahaan atau bisnis kamu jadi bisa memperkirakan, sejauh mana bisnis bisa bertahan bahkan dikembangkan. Laporan keuangan yang detail juga bisa mengukur efisiensi kinerja karyawan dan memberikan pertimbangan bagi dewan direksi untuk mengambil keputusan.

Melihat seluruh kelebihan e-wallet tersebut, apakah kamu tertarik untuk mulai beralih ke pembayaran digital? Jika kamu adalah seorang pemilik usaha, pastikan bahwa e-wallet pilihanmu menawarkan transaksi transfer tanpa biaya admin, sehingga proses pembelian bahan baku bisa lebih irit. 

Untungnya, sekarang ada aplikasi Flip yang menawarkan hal itu sebagai salah satu keuntungan menggunakan e-wallet. Tunggu apa lagi? Langsung download Flip sekarang!

Top up e-wallet lebih hemat biaya

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi