mural
homeforward
Apa itu E-Wallet? Definisi, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Apa itu E-Wallet? Definisi, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Menurut riset dari InsightAsia, dompet digital menjadi metode pembayaran yang paling banyak digunakan oleh orang-orang. Dikatakan, sebanyak 71% responden mereka mengaku aktif menggunakan e-wallet untuk beberapa transaksi keuangan sehari-hari. 

Transaksi yang dimaksud adalah belanja di e-commerce, transfer uang melalui platform aplikasi mobile, dan masih banyak lagi. Jumlah tersebut mengalahkan uang tunai yang hanya digunakan secara aktif oleh 49% responden. Memangnya, apa itu e-wallet dan benarkah manfaat e-wallet sebesar itu?

Baca juga: BPJS Bermasalah? Cari Tahu Call Center BPJS Kesehatan di Sini!

Definisi E-Wallet

E-Wallet, atau disebut juga dompet digital, adalah sebuah layanan berbasis aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk menyimpan uang serta menggunakannya sebagai metode pembayaran. 

Misalnya, kamu bisa menggunakannya untuk membeli voucher digital atau melakukan pembayaran barang dari e-commerce. Tidak hanya untuk melakukan transaksi online, dompet digital juga bisa digunakan sebagai metode pembayaran offline dengan bantuan teknologi QRIS.

Manfaat E-Wallet

Ketika menggunakan layanan dompet digital, kamu bisa memperoleh banyak manfaat, antara lain: 

1. Cara Bertransaksi yang Praktis

Manfaat pertama yang bisa kamu peroleh ketika memakai layanan dompet digital adalah kemudahan melakukan transaksi. Ketika melakukan pembelian barang atau jasa tertentu, kamu tidak perlu membawa uang banyak di dompet.

Sebagai gantinya, kamu cukup membayar dengan dompet digital. Ketika ingin melakukan pembayaran, kamu cukup melakukan pemindaian atau menuliskan akun dompet digital yang menjadi tujuan pembayaran. 

2. Kesempatan Berburu Promo

Ketika menggunakan dompet digital, kamu mempunyai kesempatan untuk mendapatkan banyak promo. Dalam berbagai kesempatan, kamu akan mendapati adanya potongan harga ketika melakukan pembayaran dengan dompet digital tertentu. 

3. Dapat Digunakan untuk Berbagai Transaksi

Pemanfaatan dompet digital sebagai sarana pembayaran sangat beragam. Kamu bisa menggunakannya untuk membayar jasa transportasi, membeli makanan, bayar tagihan bulanan, dan lain sebagainya. 

4. Memudahkan Proses Pengelolaan Keuangan

Manfaat yang tidak kalah penting adalah membantu kamu dalam mengelola keuangan. Kamu bisa memperoleh manfaat ini karena layanan dompet digital kerap disertai dengan fitur pencatatan transaksi. Dengan fitur ini, kamu pun dapat mencatat setiap pengeluaran secara detail dan akurat.

Kelebihan dan Kekurangan E-Wallet untuk Sehari-hari

Photo Credit: iMin Technology on Pexels

Jika belum menggunakan e-wallet, kamu wajib menyimak rangkuman mengenai kelebihan dan kekurangan e-wallet berikut ini. Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan ingin membuat akun e-wallet atau tidak.

Kelebihan e-wallet

Sebagai salah satu metode pembayaran yang populer, dompet digital memiliki beberapa kelebihan yang membuat penggunanya lebih praktis dalam melakukan transaksi sehari-hari. Jadi, apa saja kelebihannya?

  • Transaksi keuangan instan;
  • Bisa dipakai kapan saja;
  • Transaksi jadi lebih aman;
  • Banyak promo yang menggiurkan.

Kekurangan e-wallet

Meskipun memiliki banyak kelebihan, bukan berarti dompet digital tidak memiliki kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari metode pembayaran dompet digital.

  • Tidak semua tempat menerima pembayaran e-wallet;
  • Adanya biaya admin untuk beberapa transaksi;
  • Hidup jadi lebih konsumtif.

Cara Menggunakan E-Wallet

Apa pun dompet digital yang kamu pilih, umumnya cara menggunakan e-wallet sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi, kemudian membuat akun dan top up saldo. Setelah itu, e-wallet langsung dapat digunakan untuk bertransaksi sesuai kebutuhanmu. Agar top up dompet digital lebih mudah dan tidak ribet, pakai saja Flip!

Flip adalah aplikasi yang memudahkanmu melakukan isi ulang saldo dompet digital populer di Indonesia. Bahkan, kamu akan dibebaskan dari biaya admin, lho! Selain itu, aplikasi satu ini juga bisa kamu gunakan untuk melakukan transfer antarbank yang juga bebas biaya admin! Transaksi pun jadi lebih praktis dan hemat dengan aplikasi satu ini.

Contoh E-Wallet Populer di Indonesia

Di Indonesia sendiri, ada berbagai contoh e-wallet yang populer dan memiliki berbagai fitur uniknya masing-masing. Beberapa e-wallet ini bahkan menawarkan promo-promo yang menarik, lho! Jadi, tidak heran kalau sebagian besar orang sampai memilih untuk menggunakan lebih dari satu e-wallet dalam kesehariannya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. GoPay

Contoh e-wallet yang pertama adalah GoPay, salah satu produk dari decacorn Indonesia, GoTo. Awalnya, digital wallet satu ini dibuat untuk para pengguna GoJek agar dapat menikmati layanan mereka dengan metode pembayaran yang cepat dan mudah. 

Seiring berjalannya waktu, manfaat e-wallet satu ini semakin bertambah. Saat ini, kamu bisa menggunakan GoPay untuk pembayaran dengan metode QRIS, pembelian produk digital, hingga pembelian melalui e-commerce Tokopedia.

2. OVO

Berikutnya, ada digital wallet OVO dari PT Visionet Internasional. Awalnya, dompet digital satu ini dibentuk oleh Lippo Group untuk memenuhi keinginan masyarakat yang mulai memilih metode pembayaran cashless. Seiring berjalannya waktu, Grab mulai mengakuisisi saham OVO, dan saat ini menjadi pemilik utama dengan total saham 79,5%.

3. ShopeePay

Berikutnya ada ShopeePay, sebuah digital wallet yang terintegrasi dengan aplikasi e-commerce Shopee. Dompet digital ini menjadi populer setelah banyaknya promo yang ditawarkan bagi para pengguna ShopeePay pada platform Shopee. Layanan Shopee yang semakin beragam juga menjadi alasan mengapa dompet digital ini menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia.

4. DANA

Berikutnya, ada aplikasi DANA yang memiliki nama resmi PT Espay Debit Indonesia Koe. Aplikasi e-wallet satu ini menjadi populer setelah bekerja sama dengan banyak merchant yang sebelumnya belum pernah bekerja sama dengan e-wallet lainnya. Contohnya, DANA bisa digunakan sebagai metode pembayaran pada platform distribusi game, Steam. 

5. LinkAja

Contoh e-wallet terakhir adalah LinkAja, sebuah dompet digital yang didukung oleh beberapa perusahaan BUMN Indonesia. Selain Telkom Indonesia, saham dari e-wallet satu ini juga dipegang oleh beberapa perusahaan BUMN lain seperti Pertamina, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, dan masih banyak lagi. Jadi, tidak heran kalau fitur dari LinkAja ini sangat lengkap.

 

Baca juga: Cek Kode Transfer dan Cara Isi ShopeePay BCA dengan Cepat dan Mudah

Bagaimana, sudah paham apa itu e-walletTernyata manfaat e-wallet cukup banyak, ya! Cara menggunakan e-wallet pun juga mudah sehingga tidak heran kalau metode pembayaran satu ini menjadi populer di kalangan masyarakat. Agar top up e-wallet lebih praktis dan hemat, jangan lupa gunakan Flip, ya! Yukdownload Flip sekarang juga!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_2.png
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi