mural
homeforward
7 Pilihan Jurusan di Oxford University yang Paling Banyak Peminat

7 Pilihan Jurusan di Oxford University yang Paling Banyak Peminat

Inggris menjadi salah satu negara yang mempunyai sistem pendidikan terbaik dunia. Oleh karenanya, banyak anak muda di Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan kuliah di sana. Pilihan tempat kuliah yang tersedia sangat beragam. Salah satunya adalah deretan jurusan di Oxford University yang merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik dunia. 

Terkait keputusan untuk berkuliah di Oxford University, ada beberapa fakta menarik yang bisa kamu ketahui terkait perguruan tinggi ini. Beberapa fakta tersebut di antaranya adalah: 

  • Jumlah mahasiswa internasional di Oxford sangat banyak, mencapai hampir 45% dari total mahasiswa atau sekitar 11.500 orang
  • Oxford University adalah perguruan tinggi dengan tingkat drop out yang sangat rendah. Pada 2019/2020, angka DO di Oxford hanya 0,9%. Angka tersebut jauh di bawah rata-rata DO Inggris sebesar 5,3%
  • Oxford termasuk salah satu perguruan tinggi tertua dunia. Tidak ada catatan yang pasti mengenai waktu pendirian Oxford. Namun, sistem perkuliahan di Oxford telah ada sejak tahun 1096
  • Jumlah mahasiswa Indonesia di Oxford memang tidak dominan. Meski begitu, lulusan Oxford asal Indonesia cukup banyak, termasuk di antaranya adalah Maudy Ayunda dan Emil Dardak

 

          Baca Juga : Kuliah di Universitas Stanford Butuh Biaya Berapa? Intip Penjelasannya di Sini

Pilihan Jurusan di Oxford University Terfavorit

Kalau kamu ingin mengikuti jejak Maudy Ayunda atau Emil Dardak, ada banyak pilihan program studi menarik yang bisa kamu temukan di Oxford University. Sebagai referensi, berikut ini adalah jurusan favorit yang dapat kamu pilih: 

1. Department of Economics

Pilihan program studi favorit yang pertama adalah Department of Economics. Program studi ini berdiri sejak tahun 1999. Di sini, kamu akan memperoleh pengetahuan secara mendalam tentang ekonomi dalam tingkat mikro ataupun makro. 

Mahasiswa lulusan Department of Economics Oxford University akan mendapatkan titel BA dalam bidang ekonomi dan manajemen. Dengan modal keahlian selama berkuliah di sini, kamu bisa memilih banyak pilihan karier, termasuk di antaranya adalah analis keuangan, penasihat keuangan, ekonomi, risk analyst, dan banyak lagi yang lain.

2. Faculty of Philosophy

Faculty of Philosophy merupakan salah satu jurusan di Oxford University yang paling favorit. Apalagi, program studi filosofi di sini merupakan salah satu yang terbaik dunia. Jurusan ini sangat sesuai bagi kamu yang mempunyai kemampuan berpikir secara mendalam tentang hal-hal yang terlihat sepele. 

Banyak orang beranggapan kalau jurusan filsafat mempunyai prospek kerja yang sangat minim. Padahal, mereka adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan problem solving luar biasa. Kemampuan ini sangat dibutuhkan hampir di segala bidang pekerjaan. Oleh karena itu, kamu tak akan mengalami kesulitan dalam mencari kerja setelah lulus. 

3. English Language and Literature

Selanjutnya, ada pertimbangan jurusan di Oxford University yang tak kalah menarik, yaitu English Language and Literature. Dalam program studi ini, kamu akan diajak untuk mempelajari aspek sastra dan linguistik bahasa Inggris secara mendalam dan detail. 

Sebagai lulusan English Language and Literature Oxford University, kamu mempunyai banyak pilihan prospek kerja menarik. Prospek kerja tersebut tidak terbatas sebagai dosen atau guru bahasa Inggris. Namun, kamu bisa pula menjalani karier sebagai penulis, penerjemah, atau copywriter.

4. Faculty of Classic

Kalau kamu suka belajar tentang sejarah, ada pertimbangan jurusan di Oxford University  yang cukup menarik, yakni Faculty of Classic. Di sini, kamu akan belajar tentang kesusastraan, bahasa, serta budaya peradaban kuno. Secara khusus, kamu bakal mempelajari banyak hal berkaitan dengan peradaban Romawi kuno. 

Setelah mendapatkan gelar sarjana dari Faculty of Classic Oxford University, kamu bisa menjalani karier sebagai ahli sejarah. Selain itu, bekal kemampuan yang kamu dapatkan bisa pula digunakan untuk modal berkarier sebagai jurnalis, peneliti, penulis buku, dan banyak lagi yang lain.

5. Department of Statistics

Department of Statistics saat ini menjadi salah satu jurusan yang populer. Di program studi ini, kamu akan memperoleh pembelajaran secara fokus tentang pengolahan data. Aktivitas belajar kamu akan banyak berkaitan dengan proses pengumpulan data, analisis data, serta cara penyajiannya. 

Lulusan Department of Statistics bakal dicari oleh banyak perusahaan. Kemampuan kamu dalam melakukan pengolahan data sangat dibutuhkan berkaitan dengan era big data. Pilihan karier yang dapat kamu jalani sangat beragam, termasuk di antaranya adalah data analyst, data scientist, aktuaris, serta konsultan.

 

          Baca Juga : Jurusan di Cambridge University di Bidang Ilmu Alam, Kampusnya Isaac Newton

6. School of Geography and Environment

School of Geography and Environment termasuk salah satu jurusan terbaik yang bisa kamu temukan di Oxford University. Lulusan program studi ini bisa menjalani karier sebagai dosen atau peneliti yang mempunyai keterkaitan erat dengan lingkungan. 

7. Department of Chemistry

Terakhir, kamu bisa memilih Department of Chemistry. Jurusan di Oxford University ini sudah ada sejak tahun 1860. Kamu akan belajar banyak hal tentang ilmu kimia di sini, mulai dari struktur materi, interaksi antara setiap materi, dan banyak lagi yang lain. Sebagai tambahan, Department of Chemistry Oxford dilengkapi dengan museum sejarah alam sebagai fasilitas penunjang.

Itulah referensi program studi favorit yang bisa kamu pilih saat kuliah di Oxford. Selanjutnya, kamu pun perlu fokus belajar dengan baik sehingga bisa menguasai setiap materi kuliah. 

Untuk memenuhi berbagai kebutuhanmu selama kuliah di luar negeri, kamu bisa menggunakan Flip sebagai solusi transfer dana yang sudah terlisensi oleh Bank Indonesia. Dengan Flip, proses pengiriman uang dari Indonesia ke Inggris berlangsung secara cepat. Biayanya, terjangkau lho! Yuk, segera manfaatkan Flip untuk kemudahan pengiriman uang ke luar negeri!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi