mural
homeforward
Jurusan di Cambridge University di Bidang Ilmu Alam, Kampusnya Isaac Newton

Jurusan di Cambridge University di Bidang Ilmu Alam, Kampusnya Isaac Newton

Hingga saat ini, Eropa masih sering dijadikan rujukan untuk pendidikan tingkat tinggi. Tidak heran, mengingat di benua tersebut, tradisi keilmuan telah berlangsung sejak berabad-abad lamanya. Kampus-kampus di Eropa, terutama Britania Raya, sering jadi pilihan mahasiswa asing untuk melanjutkan studi. Beberapa kampus di sana bahkan merupakan kampus tertua di dunia lho.

Cambridge University sendiri merupakan universitas tertua kedua di Inggris setelah Oxford. Universitas ini berdiri pada abad ke-13—ketika pemerintahan Indonesia bahkan belum berdiri. Karenanya, tidak mengherankan jika universitas ini telah mencetak banyak lulusan yang mendapatkan hadiah Nobel, terutama di bidang eksakta. Berikut ini ulasan seputar jurusan di Cambridge University yang berhubungan dengan bidang ilmu alam.

Sejarah Singkat 

Cambridge University didirikan pada tahun 1209 oleh para cendekiawan yang melarikan diri dari University of Oxford karena konflik dengan warga lokal di kota tersebut. Tiga cendekiawan dari Oxford dihukum gantung karena dikaitkan dengan kematian seorang warga kota. Mereka lari ke kota yang lebih nyaman, seperti Paris, Reading, dan Cambridge.

Belum memiliki bangunan yang tetap, kampus pertama di Cambridge University baru berdiri pada tahun 1824. Kampus pertamanya ialah Peterhouse. Kampus ini didirikan oleh Hugh de Balsham, Bishop of Ely. Barulah kemudian menyusul kampus lain seperti Sidney Sussex, Downing, Robinson, dan Homerton College.

Kampus

Kampus Cambridge University berlokasi di Cambridge, Inggris, menempati lahan seluas 288 ha. Ada 31 kampus di Cambridge University. Kampus dibedakan menjadi dua. Kampus “tua” adalah kampus yang didirikan antara 1284 dan 1596 (sejumlah 16). Kampus “baru” dibangun antara 1800 dan 1977 (sejumlah 15). Arsitekturnya bernuansa Collegiate Gothic. 

Kampus ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti perpustakaan yang besar dan lengkap, rumah sakit pendidikan, museum, gereja, dan fasilitas olahraga. Saat ini Cambridge University menempati posisi kedua perguruan tinggi terbaik di dunia versi QS World University Ranking tahun 2023. Di atasnya ada MIT (Massachusetts Institute of Technology), sedangkan di bawahnya ada Stanford University.  

 

          Baca Juga : Mau Kuliah di Luar Negeri? Coba Daftar ke 6 Universitas Terbaik di Asia Ini

Jurusan di Cambridge University di Bidang Ilmu Alam 

Dari kampus ini lahir pula ilmuwan yang sangat sering kamu jumpai di buku pelajaran. Misalnya saja, Isaac Newton yang mencetuskan teori gravitasi, Charles Darwin yang mencetuskan teori evolusi, dan Stephen Hawking, ahli fisika dan kosmologi. Berikut ini daftar jurusan di Cambridge University di bidang ilmu alam. 

Faculty of Earth Sciences and Geography

Faculty of earth sciences and geography memiliki dua jurusan, yakni earth science dan geography. Prospek kerja dari jurusan ini sangat luas, seperti perencana tata kota, analis lingkungan, ahli transportasi, kartografer, penyuluh di bidang kebencanaan, atau bekerja di lembaga terkait kebumian seperti BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika).

Faculty of Mathematics

Bagi kamu yang menganggap matematika itu menyenangkan seperti halnya yang dilakukan Jerome Poline dalam konten YouTube-nya, belajar saja di faculty of mathematics. Ada dua jurusan di fakultas ini, yaitu matematika terapan & fisika teoretis dan matematika murni & statistika matematis. Prospek kerja dari fakultas ini ialah pengajar (guru atau dosen), peneliti, ahli keuangan, ahli statistika, analis asuransi (aktuaris), software engineer, dan data scientist.

Faculty of Physics and Chemistry

Faculty of physics and chemistry terdiri atas empat jurusan, yakni astronomi, fisika, kimia, dan ilmu material & metalurgi. Jangan disamakan dengan astrologi yang sering dikaitkan dengan ramalan bintang, astronomi adalah ilmu yang mempelajari benda langit dan gejala alam di luar bumi. Prospek kerja lulusannya antara lain menjadi pengajar, astronot, peneliti, dan bekerja di lembaga yang terkait seperti LAPAN dan BMKG.

Sementara itu, lulusan fisika dapat bekerja di bidang pertambangan, industri teknologi komunikasi, industri keuangan, industri manufaktur, dan pendidikan. Lulusan dari kimia dapat bekerja di berbagai bidang yang membutuhkan kerja di laboratorium, misalnya farmasi, quality control, BNN, dan keselamatan kerja. Lulusan ilmu material & metalurgi dapat bekerja di berbagai industri, terutama industri logam.

 

          Baca Juga : Apa Saja Universitas Terbaik di Inggris? Ini Dia Daftarnya!

 

Setelah melihat jurusan di University of Cambridge, terutama di bidang ilmu alam segera siapkan berbagai hal yang kamu butuhkan terkait perkuliahan dan kehidupan di Cambridge. Di sela-sela perkuliahan nanti, kamu bisa mengeksplor keindahan Cambridge dan berbagai sudut Inggris. Namun, seindah-indahnya negara orang, tetap saja kamu akan merasakan kerinduan akan kampung halaman. Pulang kampung akan menjadi momen yang kamu nantikan.

Sebelum pulang, biasanya orang akan mengabari keluarga dan kawan untuk mengatur jadwal pertemuan. Tidak jarang mereka akan titip sesuatu sebagai oleh-oleh. Nah, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka jastip (jasa titip).

Untuk menghindari pembayaran yang tersendat, kamu bisa meminta mereka untuk mentransfer uang sesuai nilai barang yang ingin dibeli. Transaksi antarnegara sekarang jadi lebih mudah karena ada Flip dengan fitur Flip Globe. Flip Globe punya kelebihan biaya administrasi yang relatif terjangkau dan ada banyak pilihan mata uang asing. Untuk mata uang poundsterling, biayanya cukup Rp65.000 saja. Yuk, segera instal Flip ke ponsel Android atau iPhone-mu!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi