mural
homeforward
Mau Kuliah di Luar Negeri? Coba Daftar ke 6 Universitas Terbaik di Asia Ini

Mau Kuliah di Luar Negeri? Coba Daftar ke 6 Universitas Terbaik di Asia Ini

Jika bicara tentang kuliah ke luar negeri, daerah mana yang masuk dalam bayanganmu? Apakah Amerika, Eropa, atau masih di sekitar Asia? Nah, jika pilihanmu jatuh pada kawasan Asia, kamu bisa cek daftar universitas terbaik di Asia menurut Times Higher Education berikut ini.

1. Tsinghua University

Tsinghua University merupakan universitas di Beijing, China, yang masuk ke dalam daftar universitas terbaik di Asia 2021 dan 2022. Kampus universitas ini berada di lokasi yang dulunya adalah taman kerajaan Dinasti Qing. Didirikan pada tahun 1911, Tsinghua menjadi universitas unik yang menggabungkan antara tataran kuno dan modern.

Universitas Tsinghua telah banyak mencetak alumni berkualitas di berbagai sehingga tidak heran disebut sebagai universitas terbaik di Tiongkok. Banyak alumni Tsinghua menjadi politikus besar di Tiongkok, termasuk presiden ketujuh mereka saat ini, yaitu Xi Jinping.

2. Peking University

Satu lagi universitas terbaik Asia di Beijing, yaitu Peking University yang awalnya bernama Universitas Kapital Imperial. Universitas yang juga disebut Beida ini didirikan pada tahun 1898 dan merupakan universitas nasional pertama dalam sejarah Cina.

Pada tahun 2023, menurut Times Higher Education, Peking University menempati urutan ke-17 peringkat universitas dunia. Universitas Peking memainkan banyak peran dalam kelahiran Gerakan Budaya Baru, Gerakan 4 Mei, Demonstrasi Tiananmen 1989, dan banyak kejadian signifikan lainnya di Cina.

3. National University of Singapore (NUS)

National University of Singapore merupakan universitas terbaik Asia yang berlokasi di Singapura. Universitas ini memiliki 17 fakultas yang tersebar di 3 lokasi kampus. National University of Singapore ini awalnya didirikan pada tahun 1905 sebagai sekolah kedokteran oleh sekelompok pebisnis yang dipimpin oleh Tan Jiak Kim.

Sejak pendiriannya, NUS telah berkembang pesat sebagai universitas ternama di Singapura. Bahkan menurut data di laman resmi mereka, lebih dari 40% pendaftaran mahasiswa baru di Singapore merupakan pendaftaran ke NUS.

 

Baca Juga : 4 Universitas di Singapura Ini Tawarkan Beasiswa S1 Penuh!  

4. University of Hong Kong

Didirikan pada tahun 1911, University of Hong Kong adalah universitas terbaik se-asia di posisi berikutnya. University of Hongkong memiliki awal sejarah dengan Hong Kong College of Medicine for Chinese (1987). Sekarang, universitas ini telah memiliki 10 fakultas dengan bahasa pengantarnya bahasa Inggris.

Universitas yang berstatus sebagai universitas negeri, termasuk universitas yang memiliki banyak kerja sama dengan universitas lain di seluruh dunia. University of Hongkong juga banyak menerima mahasiswa internasional. Pada tahun 2021-2022 saja ada 4,408 mahasiswa internasional jenjang S1 di sini.

5. Nanyang Technological University (NTU)

NTU adalah satu di antara dua universitas negeri terbesar di Singapore. Meskipun berusia relatif muda–berdiri pada tahun 1991–Nanyang Technological University telah berkembang sebagai universitas berbasis riset dan teknologi yang diakui di Asia.

Kampus utama NTU yang berlokasi di bagian barat Singapura merupakan “kampus pintar” yang telah menyabet 61 Green Mark Platinum Awards untuk bangunan-bangunannya.

Sebagai universitas yang fokus pada ilmu teknik dan teknologi, NTU sukses mendapatkan peringkat 4 dunia untuk universitas teknik dan teknologi menurut QS World University Rankings pada tahun 2022.

6. The University of Tokyo

University of Tokyo didirikan pada tahun 1877 ketika Tokyo Kaisei School dan Tokyo Medical School bergabung dan mendirikan fakultas hukum, ilmu pengetahuan alam, literatur, dan kedokteran, lengkap dengan sekolah persiapan universitas. Sejak itu, Universitas Tokyo yang biasa disingkat Toudai ini telah bergabung dengan banyak sekolah dan institusi lain sehingga berkembang semakin besar.

Untuk bisa kuliah di Toudai ini tidak mudah karena ujian masuknya yang bahkan sulit bagi orang Jepang sendiri. Universitas Tokyo memiliki 10 fakultas dengan total 4,000-an di antara para mahasiswanya merupakan mahasiswa internasional.

 

Baca Juga : Ingin Kuliah ke Jepang? Ini dia 6 Universitas Terbaik di Jepang  

Nah itu dia daftar 6 universitas terbaik di Asia yang layak kamu pertimbangkan untuk dijadikan pilihan jika kamu berencana untuk melanjutkan kuliah ke negara-negara Asia. Saat memilih universitas, selain memastikan jurusan yang kamu inginkan ada di universitas tersebut, kamu juga harus mempertimbangkan masalah bahasa.

Tidak hanya itu, kemudahan transfer dana menuju negara tempat universitas itu berada itu juga perlu dipertimbangkan. Pasalnya, untuk mengirimkan dana ke luar negeri butuh cara yang sedikit berbeda dibanding transfer dana dalam negeri.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, sekarang sudah ada Flip Globe yang menyediakan layanan transfer ke lebih dari 50 negara dengan aman dan anti ribet. Transfer dana melalui Flip Globe juga bisa dipantau statusnya secara real time melalui aplikasinya langsung. Makanya, kamu tidak perlu ragu, ayo unduh aplikasi Flip sekarang!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi