mural
homeforward
Kuliah di Universitas Stanford Butuh Biaya Berapa? Intip Penjelasannya di Sini

Kuliah di Universitas Stanford Butuh Biaya Berapa? Intip Penjelasannya di Sini

Menjadi salah satu universitas terbaik di dunia menjadikan Universitas Stanford diincar banyak orang sebagai tujuan belajar. Kamu pun mungkin salah satu orang yang ingin berkuliah di kampus ini.

Nah, kalau kamu punya impian ingin berkuliah di kampus Stanford, mengenal serba-serbi Universitas Stanford menjadi langkah awal yang bisa kamu lakukan. Di artikel ini, kamu bisa kenalan dengan universitas yang jadi kampusnya Elon Musk dan mantan presiden Amerika, John F. Kennedy. Yuk, baca selengkapnya!

Benefit Kuliah di Universitas Stanford

Berkuliah di salah satu kampus terbaik dunia tentunya akan membawakanmu benefit sendiri sebagai mahasiswa. Kira-kira, apa saja ya benefitnya?

Kuliah di kampus terbaik dunia

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Universitas Stanford ranking merupakan salah satu universitas  terbaik di dunia. Nama besar Universitas Stanford ini akan menguntungkanmu nantinya selepas lulus karena lulusan Stanford terkenal sebagai lulusan yang berkualitas. 
 

Tak hanya itu, kamu juga akan dikelilingi sesama mahasiswa yang memiliki antusiasme belajar. Kamu pasti akan semangat belajar jika lingkungan sekitarmu kondusif, bukan?

Kualitas pendidikan yang terdepan

Bukan tanpa alasan Universitas Stanford menjadi salah satu universitas terkemuka di dunia. Ada berbagai jurusan di Universitas Stanford yang bisa kamu pilih. Semua jurusan tersebut tersebar di tujuh fakultas, mulai dari School of Education hingga School of Medicine.
 

Berbicara tentang kualitas pendidikan tentunya tidak bisa jauh dari tenaga pendidiknya juga. Di Stanford University, kamu akan menjumpai tenaga pengajar yang kapabel di bidangnya dan sudah memiliki pengalaman mengajar bertahun-tahun dan menghadapi beragam karakteristik mahasiswa. 

          Baca Juga : Cetak Banyak Tokoh Dunia, Intip Jurusan di Stanford University yang Unik
 

Terbiasa dengan problem-solving

Universitas Stanford terkenal sebagai universitas yang membantu mahasiswanya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan problem-solving. Nantinya, ini akan sangat membantu ketika kamu terjun langsung ke masyarakat setelah lulus.


Estimasi Biaya Pendidikan di Universitas Stanford 

Berapa biaya pendidikan di Universitas Stanford? Tentunya masing-masing jurusan akan memiliki biaya pendidikan yang berbeda. Universitas Stanford sendiri menyebutkan bahwa untuk 8-10 unit, rata-rata biaya pendidikan per tahun berada pada kisaran US$48.960 (regular graduates) dan US$52.160 (graduate engineering).


Living Cost

Dilansir dari situs resmi Universitas Stanford biaya hidup rata-rata untuk mahasiswa jenjang graduate per 3 bulan adalah sebagai berikut:

  1. Biaya tempat tinggal :  US$5.730
  2. Biaya makan :  US$2.225
  3. Pengeluaran pribadi :  US$2.280
  4. Biaya transportasi :    US$545
  5. Biaya buku/perlengkapan lain :   US$345
  6. Layanan kesehatan kampus :   US$241
  7. Asuransi kesehatan :  US$2.256

Jika ditotal, kamu perlu menyiapkan sekitar US$13.622 untuk biaya hidup selama tiga bulan. Perlu diingat, biaya hidup di atas dihitung dengan asumsi mahasiswa tinggal di asrama yang disediakan kampus. 

Kalau kamu tinggal di akomodasi lain di luar kampus, maka selisih biaya hidup yang perlu disiapkan berkisar antara 10-40%.


Cara Menyiasati Biaya Kuliah yang Mahal di Universitas Stanford 

Mencari beasiswa

Jika kita merujuk pada biaya pendidikan yang disebutkan di atas, mungkin sebagian dari kamu merasa biaya yang diperlukan untuk kuliah sangat mahal. Maka dari itu, tidak ada salahnya mencari beasiswa untuk meringankan biaya pendidikan yang perlu kamu bayar.

Mencari pekerjaan paruh waktu

Selain mencari beasiswa, tidak ada salahnya untuk mencari pekerjaan paruh waktu untuk menutupi biaya hidup. Sebagai mahasiswa, ada beberapa jenis pekerjaan paruh waktu yang bisa dilakukan. Misalnya seperti server di restoran/kafeteria, resepsionis perpustakaan, maupun front officer sebuah hotel.

Kamu juga bisa menjadi asisten peneliti dari dosen yang sedang melakukan penelitian ilmiah. Bisa juga kamu menjadi asisten pengajar jika profesormu memintanya untuk membantu mengajar.

Memasak

Jika dibandingkan dengan makan di luar, kamu bisa menghemat biaya untuk makan dengan memasak sendiri makananmu. Selain bisa menghemat, skill memasakmu juga akan jadi terasah, bukan?
 

Baca Juga : 5 Universitas Terbaik di Amerika dengan Jurusan Hukum yang Mendunia

Mencari akomodasi yang layak huni namun murah

Selain biaya pendidikan, akomodasi bisa dikatakan sebagai pengeluaran yang paling besar ketika kamu berkuliah di Universitas Stanford. Pilihan akomodasi yang paling murah tentu saja adalah menghuni asrama mahasiswa yang disediakan kampus. Akan tetapi, jika kamu kurang sreg dengan lingkungannya, kamu bisa mencari tipe hunian lain—misalnya seperti apartemen.

Menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak dibutuhkan 

Selain melakukan tips-tips di atas, berhemat juga bisa dilakukan dengan memangkas pengeluaran-pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Misalnya, dibanding sering-sering belanja baju, akan lebih baik untuk mengalokasikan uang tersebut untuk kebutuhan lainnya.  

Nah, itu dia serba-serbi kuliah di Universitas Stanford serta cara menyiasati biaya hidup yang mahal ketika berkuliah di kampus Stanford.

Gimana, makin tertarik untuk kuliah di Universitas Stanford? Semoga impianmu kuliah di kampus ini bisa terwujud, ya!

Buat kamu yang mendapatkan kiriman biaya hidup dari keluarga, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Flip supaya biaya transfer ke rekening luar negeri jadi lebih murah. Selain ke rekening bank Amerika Serikat, kamu juga bisa menggunakan fitur ini untuk transfer ke rekening bank di 50 negara lain, lho!

Yuk, download Flip sekarang dan dapatkan manfaatnya! Kamu bisa mengunduh Flip di AppStore atau PlayStore secara gratis!
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi