mural
homeforward
Cetak Banyak Tokoh Dunia, Intip Jurusan di Stanford University yang Unik

Cetak Banyak Tokoh Dunia, Intip Jurusan di Stanford University yang Unik

Stanford University merupakan salah universitas swasta di Amerika Serikat yang cukup bergengsi. Universitas ini mencetak banyak sekali tokoh-tokoh yang berpengaruh di dunia. Indonesia punya Maudy Ayunda, seniman yang multitalenta, menjadi aktor, pencipta lagu, dan penyanyi. Sementara itu Amerika punya J.F. Kennedy, Presiden Amerika yang ke-35.

Selain di bidang politik dan pemerintahan, beberapa alumni Stanford University juga punya kiprah di bidang teknologi dengan mendirikan berbagai aplikasi yang kita pakai sehari-hari. Misalnya, Google yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Meskipun keduanya jurusan terbaik di Stanford University, universitas ini punya jurusan yang unik dan jarang diketahui lho.

Sejarah Singkat

Stanford University bernama resmi Leland Stanford Junior University. Berdiri pada tahun 1885, nama universitas ini diambil dari nama putra satu-satunya pasangan Leland dan Jane Stanford yang meninggal karena penyakit tifus di usia 16 tahun. 

Meskipun pembangunannya tercatat mulai dari 1885, universitas ini baru menerima mahasiswa pada 1 Oktober 1891. Mahasiswa yang diterima awalnya sejumlah 559. Presiden pertamanya ialah David Jordan. Motto mereka diambil dari bahasa Jerman, yaitu Die Luft Freiheit Weht yang artinya “Angin kebebasan berembus”.

Kampus

Stanford University terletak di Santa Clara Valley, California yang berjarak kira-kira 60 km dari San Fransisco. Menempati lahan seluas 33,1 km2, kampus ini punya fasilitas lengkap. Kampus utamanya berada di Palo Alto, sementara kampus lainnya tersebar di beberapa titik. Arsitekturnya kebanyakan bernuansa Romawi dan Baroque.

Jurusan Unik di Stanford University

Selain beberapa jurusan terbaik di Stanford University yang mainstream seperti politik, ekonomi, teknologi, dan sains, Stanford University juga punya jurusan yang unik. Beberapa jurusan bahkan belum ada di Indonesia.

 

          Baca Juga : 5 Universitas Terbaik di Amerika dengan Jurusan Hukum yang Mendunia

Aeronautics and Astronautics 

Waktu kecil mungkin kamu sangat mengagumi Pak Habibie, mantan Presiden Indonesia yang menggagas pesawat produksi dalam negeri. Jika ingin seperti beliau kamu harus belajar di kampus yang punya jurusan dirgantara atau jurusan aeronautics and astronautics, salah satunya Stanford University. 

Jurusan ini punya visi membekali lulusannya dengan prinsip dan teknik yang dibutuhkan dalam konsep, desain, implementasi, dan operasional yang terkait dengan bidang kedirgantaraan.  Prospek kerjanya di bidang mesin pesawat dan pesawat ruang angkasa, kemiliteran, penelitian, komunikasi berbasis udara dan ruang angkasa, serta bidang ilmu terkait.

Atmosphere/Energy

Isu tentang lingkungan, seperti perubahan iklim akhir-akhir sedang hangat diperbincangkan. Jika kamu tertarik pada isu ini, kamu bisa mempelajarinya di jurusan atmosphere/energy. Jurusan ini punya tujuan memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswanya untuk memahami permasalahan iklim, pencemaran udara, serta permasalahan energi. 

Classic 

Jurusan classic sangat sesuai bagi kamu yang menyukai sejarah. Di jurusan ini kamu akan mempelajari budaya Yunani, Roma, dan Mediterania pada era klasik yang meliputi sejarah, bahasa, seni, filsafat, dan arkeologi. Mahasiswa juga diajak mempelajari keterhubungan budaya masa kini dengan budaya klasik dari perspektif hukum, sains, dan papyrology.

Comparative Studies in Race and Ethnicity 

Indonesia memiliki kemiripan dengan Amerika dalam hal keragaman. Dua negara ini terdiri atas berbagai etnis, agama, budaya, dan bahasa. Untuk mempelajari isu multikulturalisme, kamu bisa belajar di jurusan comparative studies in race and ethnicity. Tidak hanya mempelajari multikulturalisme di Amerika, mahasiswa juga akan mempelajari permasalahan keragaman di berbagai kelompok masyarakat di dunia.

Creative Writing 

Jika menulis merupakan bakat dan minatmu, mengapa kamu tidak mempelajarinya secara akademis dan menjadikannya profesi? Di jurusan creative writing, kamu akan belajar menulis fiksi, puisi, feature, dan berbagai jenis tulisan lainnya. Kamu bisa merintis kariermu menjadi penulis fiksi, kolumnis, kritikus, maupun reporter.

Feminist, Gender, and Sexuality Studies 

Isu tentang gender dan seksualitas sedang naik daun. Di berbagai forum, diskusi tentang hal ini selalu ramai. Di jurusan feminist, gender, and sexuality studies, kamu akan mempelajarinya dengan perspektif ras, kelas, etnis, dan disabilitas. Lulusannya diharapkan dapat membawa nilai-nilai kesetaraan gender dalam berbagai bidang tempat ia bekerja.

 

          Baca Juga : Apa Saja Universitas Terbaik di Inggris? Ini Dia Daftarnya!

Beasiswa

Setelah melihat jurusan apa saja di Stanford University, pertimbangkan juga masalah biayanya. Jika itu menjadi kendala, ada berbagai beasiswa yang sebaiknya kamu coba. 

1. Beasiswa Knight-Hennessy Scholars (KHS)

Beasiswa ini ditujukan untuk jurusan S2 di Stanford University dan S-3, meliputi biaya kuliah, biaya hidup, biaya transportasi, dan uang saku akademik.

2. LPDP

Beasiswa ini merupakan program dari Kementerian Keuangan untuk S-2 dan S-3, meliputi biaya kuliah, biaya hidup, transportasi, asuransi, dan tunjangan keluarga bagi mahasiswa S-3.

Kuliah di luar negeri tentunya bisa menjadi kebangaan tersendiri. Apalagi, sekarang untuk urusan transfer internasional ada aplikasi Flip yang sangat membantu para mahasiswa. Kirim uang ke lebih dari 50 negara jadi lebih mudah, cepat, dan terjangkau tanpa adanya biaya tersembunyi. Segera instal aplikasi Flip di gawai Android atau iPhone-mu, supaya studimu tidak lagi terkendala masalah transfer uang.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi