mural
homeforward
Lengkap! Ini 10 Hikmah Zakat Bagi Pemberi dan Penerimanya

Lengkap! Ini 10 Hikmah Zakat Bagi Pemberi dan Penerimanya

Sebagai umat muslim, kamu tentu tahu kalau zakat adalah kewajiban yang harus dilaksanakan. Ada berbagai hikmah zakat yang bisa diraih jika kamu mau menunaikannya. Salah satunya, kamu akan lebih dekat dengan Allah.

Menurut laman resmi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), zakat dijelaskan sebagai bagian tertentu dari harta kita yang wajib dikeluarkan ketika telah memenuhi syarat yang ditetapkan.

Baca Juga: Kapan Waktu Bayar Zakat Fitrah Paling Tepat? Berikut Infonya!

Hal tersebut akan memberikan berbagai hikmah atau manfaat, baik bagi pihak pemberi maupun penerima. Berikut beberapa di antaranya!

Hikmah Zakat Bagi Pemberi

hikmah zakat bagi penerima

Sumber: Freepik

Pemberi atau orang yang wajib membayar zakat disebut sebagai muzaki. Kepada mereka, zakat memiliki hikmah sebagai berikut.

1. Mendekatkan Diri pada Allah

Zakat merupakan salah satu perintah Allah yang harus dijalankan dengan mengeluarkan harta yang dimiliki. Artinya, dalam hal ini Allah menguji keikhlasan hamba-Nya.

Oleh sebab itu, ketika seseorang rela melaksanakan perintah ini, artinya ia memiliki keyakinan yang kuat terhadap kekuasaan Allah.

Hal ini menandakan bahwa ia menjadi semakin dekat dengan Allah. Jika sudah demikian, hidupnya pasti akan lebih tenang dan bahagia.

2. Menyucikan Harta

Hikmah zakat bagi muzaki berikutnya ialah menyucikan harta. Dalam Al-Qur’an Surah Adz-Dzaariat ayat 19, Allah menjelaskan bahwa di dalam setiap harta yang kita miliki, terdapat hak orang lain. Artinya, kita wajib memberikan hak orang lain tersebut kepada pemiliknya.

Setelah hak orang lain disalurkan, maka harta kita akan lebih suci dan berkah. Oleh sebab itu, zakat menjadi sangat penting untuk dilaksanakan.

3. Menghapus Sifat Egois

Setiap orang memiliki sifat egois atau mementingkan diri sendiri. Oleh karena itu, sebisa mungkin sifat ini harus diminimalisir. Hal ini bisa dilakukan dengan membayar zakat.

Melalui cara tersebut, kita akan melatih empati dan kepedulian terhadap orang lain. Artinya, hikmah zakat bisa menjadi sarana untuk mengurangi, bahkan menghapus sifat egois yang dimiliki.

4. Mendapat Pahala dan Berkah

Dalam Islam, setiap amal kebaikan yang dilakukan pasti akan dibalas Allah dengan balasan yang setimpal, bahkan lebih. Demikian halnya dengan zakat, jika kita melaksanakannya, pasti kita akan mendapat pahala dari-Nya.

Di samping itu, melalui zakat pula, hidup kita pasti akan menjadi lebih berkah. Entah terwujud dalam bentuk ketenangan jiwa, kesehatan, rezeki yang tak pernah putus, maupun yang lainnya.

5. Membangun Kesejahteraan Sosial

Terakhir, zakat juga turut berkontribusi dalam membangun kesejahteraan sosial. Maksudnya, ketika kita membayar zakat, maka akan ada orang-orang kurang beruntung yang terbantu dari zakat tersebut.

Oleh sebab itu, semakin banyak orang yang sadar membayar zakat, akan semakin banyak pula orang yang terbantu. Alhasil, kesejahteraan sosial pun akan meningkat.

Hikmah Zakat Bagi Penerima

Banner Article Blog Zakat & Sedekah

Jika pemberi zakat disebut muzaki, maka orang yang berhak menerima zakat disebut mustahik. Nah, bagi mereka, zakat memiliki hikmah sebagai berikut.

1. Memberdayakan Ekonomi

Melalui bantuan zakat, sangat mungkin para mustahik untuk meningkatkan kondisi ekonominya. Mereka bisa menjadikan bantuan tersebut untuk modal usaha, meningkatkan kapasitas diri, dan sebagainya, sehingga hidupnya akan semakin berdaya.

2. Meringankan Beban Hidup

Secara umum, mustahik adalah orang-orang yang memiliki banyak beban hidup. Oleh sebab itu, zakat bisa menjadi sarana bagi mereka untuk lebih meringankan beban tersebut.

Sebagai contoh, ada orang kekurangan sampai tidak bisa makan. Maka dengan bantuan zakat, ia bisa makan secara cukup. Artinya, zakat telah membantu meringankan bebannya.

3. Menjamin Pendidikan

Hikmah zakat bagi mustahik berikutnya adalah menjadi sarana untuk menjamin pendidikan. Melalui zakat, anak-anak kurang mampu bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Tentunya hal ini merupakan hal yang penting, mengingat pendidikan merupakan investasi jangka panjang. Melalui pendidikan yang baik, seseorang akan mampu mengubah keadaan ekonominya menjadi lebih sejahtera.

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Melalui zakat, seorang mustahik bisa menjadi muzaki. Artinya, ia bisa meningkatkan kualitas hidup.

Prosesnya memang tidak mudah. Namun, melalui program-program pemberdayaan yang tepat, zakat bisa mengubah hidup seseorang secara signifikan. Jika sekarang menjadi penerima zakat, sangat mungkin di masa depan ia jadi pembayar zakat.

Baca Juga: 5 Pilihan Aplikasi Zakat, Tunaikan Kewajiban Lebih Mudah

5. Mengurangi Kesenjangan Sosial

Hikmah zakat yang terakhir bagi mustahik adalah mengurangi kesenjangan sosial. Artinya, jarak antara orang kaya dan orang miskin bisa dikurangi.

Hal ini bisa diwujudkan jika orang kaya mau berbagi kepada mereka yang membutuhkan, sehingga semuanya bisa hidup secara berdampingan dengan kondisi yang sama-sama sejahtera.

Itulah 10 hikmah zakat bagi para muzaki maupun mustahik. Untuk dapat meraihnya, maka perintah zakat harus benar-benar dilaksanakan, khususnya bagi orang-orang beriman yang memiliki kemampuan.

Untuk itu, sebagai upaya mempermudah penyaluran zakat, Flip punya layanan menarik yang bisa dimanfaatkan. Kamu bisa menunaikan zakat di Flip melalui menu β€œZakat dan Sedekah”.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera buat akun Flip untuk dapat memanfaatkannya. Jika belum memiliki aplikasinya, kamu bisa mengunduh secara gratis di Play Store maupun App Store. Zakat dan sedekah pakai Flip, dijamin mudah, cepat, dan aman.

Zakat & Sedekah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
Β© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi