mural
homeforward
5 Pilihan Aplikasi Zakat, Tunaikan Kewajiban Lebih Mudah

5 Pilihan Aplikasi Zakat, Tunaikan Kewajiban Lebih Mudah

Ibadah dan teknologi bukanlah dua hal yang tidak dapat dikombinasikan. Faktanya, banyak kehadiran teknologi yang kini membantu muslim dalam menunaikan kewajibannya dengan lebih mudah tanpa mengurangi apalagi membatalkan kebasahan maupun nilai ibadah dan pahalanya. 

Salah satunya adalah kehadiran berbagai aplikasi zakat yang kian bermunculan. Kini lewat ponsel di genggaman dan dalam hitungan detik, kamu dapat memenuhi perintah berzakat lebih cepat dan nyaman.

Baca Juga: Ini Hukum dan Cara Bayar Zakat Fitrah Online

Jenis-Jenis Zakat 

jenis-jenis zakat

Sumber: Freepik

Secara umum ada dua jenis zakat dalam Islam, yakni fitrah dan mal. Kedua jenis zakat ini wajib ditunaikan oleh setiap muslim selama memenuhi syaratnya sebagai seorang wajib zakat. 

Zakat Fitrah

Zakat ini wajib atas setiap jiwa, baik laki-laki maupun perempuan muslim. Waktu mengeluarkan zakat fitrah adalah pada bulan Ramadan. Adapun bentuk zakat fitrah adalah berupa makanan pokok (di Indonesia umumnya beras dengan berat 2,5 kg).

Zakat Mal

Sementara itu, zakat mal merujuk pada zakat yang dikenakan atas segala jenis harta yang secara zat maupun cara memperolehnya tidak bertentangan dengan syariat. Besarnya yang harus dikeluarkan adalah apabila telah memenuhi nisab dan haulnya. 

Adapun jenis-jenis zakat mal adalah sebagai berikut.

  • Zakat atas jasa profesi
  • Zakat atas simpanan emas, perak, dan logam mulia lainnya
  • Zakat atas aset perdagangan
  • Zakat atas hewan ternak
  • Zakat atas hasil pertanian
  • Zakat atas hasil tambang dan tangkapan laut
  • Zakat atas hasil olahan tanaman dan hewan
  • Zakat atas hasil penyewaan aset
  • Zakat atas hasil saham dan obligasi

Pilihan Aplikasi Zakat 

aplikasi zakat pilihan

Sumber: Freepik

Di tengah aktivitas dan kesibukan, kini kamu tak perlu pusing untuk tetap menunaikan kewajiban berzakat. Ada banyak aplikasi zakat dalam negeri yang bisa kamu manfaatkan sebagai lembaga penyalur zakat seperti berikut.

Baznas 

Badan Amil Zakat Nasional alias Baznas adalah lembaga pemerintah nonstruktural resmi yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Lembaga ini bersifat independen dan bertanggung jawab melalui Menteri Agama kepada presiden.

Kamu bisa membayar zakat fitrah maupun zakat mal di aplikasi Baznas. Asyiknya, aplikasi ini sudah dilengkapi pula dengan kalkulator yang cukup detail bahkan hingga besarnya utang yang masih menjadi tanggungan. Dengan begitu, kamu tak perlu repot menghitung berapa besarnya zakat yang harus dikeluarkan dengan tepat.

Rumah Zakat

Rumah Zakat adalah lembaga amil zakat nasional milik masyarakat Indonesia. Aktivitas yang dilakukan tidak hanya menerima dan mengelola zakat, tetapi juga sedekah, infak, dan berbagai dana kemanusiaan lainnya lewat berbagai program yang terintegrasi di bermacam-macam bidang: kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan.

Aplikasi Rumah Zakat muncul sebagai fasilitas bagi para muslim untuk membayar zakat, infak, dan sedekah. Aplikasi ini tidak cuma berisi mengenai layanan untuk bayar, tetapi juga dilengkapi transparansi laporan. Kamu pun bisa melihat status posisi pembayaran yang dilakukan, apakah sudah tersalurkan kepada penerima manfaat atau belum.

Dompet Dhuafa 

Banner Article Blog Zakat & Sedekah

Dompet Dhuafa juga merupakan lembaga filantropi Islam dan kemanusiaan dengan fokus pemberdayaan umat yang cukup besar di Indonesia. Lembaga ini menerima dan mengelola zakat dan berbagai dana ibadah serta sosial lainnya untuk disalurkan pada sejumlah program kebaikan. 

Aplikasi zakat Dompet Dhuafa pun muncul sebagai “perpanjangan tangan” Dompet Dhuafa yang sudah hadir pula lewat 5 kantor layanan, 25 cabang di dalam negeri, dan 5 cabang luar negeri. Selain untuk zakat, sedekah, dan infak, aplikasi Dompet Dhuafa juga memungkinkanmu untuk membayar atau mencicil hewan kurban.

Baca Juga: Siapa yang Berhak Menerima Zakatmu? Inilah 8 Kategorinya

NUCare 

NUCare merupakan rebranding LAZISNU, yakni lembaga nirlaba milik perkumpulan Nahdlatul Ulama (NU). Lembagai ini berdiri untuk membantu masyarakat menghiumpun zakat, infak, dan sedekah dalam rangka membantu kesejahteraan dan kemandirian umat serta mengangkat harkat sosial.

Aplikasi NUCare pun diluncurkan untuk menjembatani khususnya kaum muslim dalam melakukan zakat, sedekah, dan infak. Selain itu aplikasi ini juga punya beberapa fitur khusus untuk mendukung berbagai ibadah lainnya, mulai dari tutorial ibadah, wirid dan doa, petunjuk kiblat, hingga haji dan umrah.

Flip 

Sekarang, Flip juga bisa jadi aplikasi zakat lain yang bisa kamu pertimbangkan. Flip sendiri merupakan aplikasi yang mendukungmu melakukan berbagai transaksi keuangan sehari-hari dengan lebih mudah dan biaya sewajarnya. Selain transfer dana beda bank gratis, kamu juga bisa melakukan pengisian e-wallet, pembelian token listrik dan produk digital lain, hingga transfer ke luar negeri.

Tentunya, tak ketinggalan pula fitur Zakat & Sedekah untuk membantumu menunaikan kewajiban sebagai seorang muslim. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Setelah buka aplikasi Flip, pilih menu Zakat & Sedekah. Pilih opsi zakat atau sedekah, lalu masukkan jumlah yang akan kamu salurkan.

Kamu bisa pilih metode pembayaran transfer bank sesuai bank yang kamu miliki. Sistem akan langsung memverifikasi dan meneruskan danamu dengan cepat dan amanah. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, tunaikan kewajiban di tengah padatnya aktivitas dengan menyalurkan dana lewat aplikasi zakat agar tak terlambat!

Zakat & Sedekah

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi