mural
homeforward
Daftar Mata Uang Dunia dan Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Paling Mudah

Daftar Mata Uang Dunia dan Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Paling Mudah

Setiap negara di seluruh dunia pasti memiliki mata uang sendiri yang berguna sebagai alat pembayaran yang sah dalam melakukan kegiatan perekonomian. Ada banyak mata uang dunia, misalnya Rupiah sebagai mata uang Indonesia, Ringgit sebagai mata uang Malaysia, dan lain-lain.

Tinggi rendahnya mata uang di suatu negara dipengaruhi dari permintaan dan penawaran yang terjadi di negara tersebut. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui mata uang dari berbagai negara beserta kode dan simbolnya.

Baca juga: Cara-cara Transfer Uang Yang Harus Kamu Tahu!

 

Daftar Isi

Pengertian Mata Uang

Mata uang atau Currency merupakan sebuah alat pembayaran yang sah yang digunakan dalam suatu negara tertentu untuk melakukan transaksi atau kegiatan ekonomi.

“Mata uang dari suatu negara juga bisa memiliki nilai yang lebih tinggi atau lebih rendah dari nilai mata uang negara lainnya.”

Tinggi dan rendahnya nilai mata uang suatu negara biasanya mendapatkan pengaruh dari permintaan dan penawaran negara tersebut. Jadi, ketika penawaran lebih tinggi daripada permintaan, maka nilai tukar mata uang dari negara tersebut akan mengalami penurunan.

Begitu pula sebaliknya, apabila permintaan lebih tinggi dibandingkan dengan penawarannya, maka nilai tukarnya juga menjadi lebih tinggi. Untuk menyatakan harga atau nilai mata uang dari suatu negara biasanya dikenal dengan sebutan kurs.

Saat ini, nilai mata uang tertinggi dipegang oleh negara Kuwait yaitu Kuwaiti Dinar (KWD). Untuk nilai 1 Kuwaiti Dinar (KWD setara dengan 3.30 USD atau Dollar Amerika Serikat. Dalam Rupiah Indonesia (IDR), 1 KWD setara dengan Rp47.795,80.

Sementara itu, di urutan kedua diduduki oleh mata uang negara Bahrain yaitu Dinar. Nilai 1 Dinar Bahrain (BHD) setara dengan 2.65 USD atau Rp36.809,68 dalam Rupiah Indonesia (IDR).

Daftar Nama Mata Uang Dunia

1.   Malaysia

Ringgit Malaysia merupakan mata uang negara Malaysia yang memiliki kode MYR dan simbol RM. Mata uang yang dikeluarkan dan diatur peredarannya oleh Central Bank of Malaysia ini apabila dikonversikan dalam Rupiah yaitu 1 Ringgit Malaysia (RM) setara dengan Rp3.486,00 (IDR).

2.   Singapura

Negara Singapura juga memiliki mata uang sendiri yang disebut dengan Dolar Singapura. Mata uang yang diatur peredarannya oleh Monetary Authority of Singapore ini memiliki kode SGD dan simbol $.

Apabila diubah ke dalam nilai mata uang Rupiah, 1 SGD setara dengan Rp10.777,86.

3.   Korea Selatan

Mata uang Korea Selatan disebut dengan Won Korea Selatan. Mata uang ini memiliki kode KRW dan simbol ₩. Mata uang negara Korea Selatan ini diatur oleh Bank of Korea. Dalam nilai mata uang Rupiah, 1000 Won setara dengan Rp12.761,60 atau sekitar Rp12,76 untuk 1 Won.

4.   Jepang

Jepang memiliki mata uang yang disebut dengan Yen Jepang. Mata uang yang diatur oleh Bank of Japan ini memiliki kode JPY dan simbol ¥. Nilai 1 Yen Jepang jika diubah ke dalam Rupiah memiliki nilai setara dengan Rp130,00.

5.   India

Mata uang dunia selanjutnya yaitu dari India yang disebut dengan Rupee India. Rupee India memiliki kode INR dengan simbol ₹ yang peredarannya diatur oleh Reserve Bank of India. Nilai 1 Rupee India setara dengan Rp196,28 (IDR).

6.   Thailand

Baht Thailand merupakan mata uang dari negara Thailand dengan kode THB dan simbol ฿. Mata uang yang diatur oleh Bank of Thailand ini memiliki nilai setara Rp456,98 (IDR) untuk 1 Baht Thailand.

7.   China

Mata uang Republik Rakyat Tiongkok atau lebih dikenal dengan sebutan China yaitu Yuan atau Renminbi. Mata uang yang dicetak dan diatur peredarannya oleh Bank Rakyat Tiongkok ini memiliki kode RMB dan simbol ¥.  Jika diubah dalam nilai mata uang Rupiah, 1 Yuan setara dengan Rp2.238,75.

8.   Filipina

Mata uang negara Filipina disebut dengan Peso Filipina. Mata uang yang diatur peredarannya oleh Central Bank of Philippines ini memiliki kode PHP dan simbol ₱.  Untuk 1 Peso Filipina memiliki nilai yang setara dengan Rp299,53 (IDR).

9.   Australia

Sebagai salah satu benua di dunia, Australia juga memiliki mata uang sendiri yang disebut Dolar Australia. Mata uang yang dicetak dan diatur oleh Bank Australia ini memiliki kode AUD dengan simbol $.

Tidak hanya digunakan di Australia saja, mata uang ini juga digunakan di Tuvalu, Kiribati, Nauru, Pulau Christmas, Pulau Heard dan Kepulauan McDonald, Kepulauan Norfolk, dan Kepulauan Cocos (Keeling). Untuk 1 Dollar Australia memiliki nilai setara Rp11.044,63 (IDR).

10.    Hong Kong

Dolar Hong Kong merupakan mata uang dari negara Hong Kong yang memiliki kode HKD dan simbol $. Mata uang Hong Kong dicetak dan diatur penggunaannya oleh Hong Kong Monetary Authority. Untuk 1 Dolar Hong Kong (HKD) memilini nilai setara dengan Rp1.841,22. 

11.    Inggris

Mata uang selanjutnya yaitu dari Inggris yang dikenal dengan sebutan Pound Inggris. Mata uang yang dicetak dan diatur oleh Bank of England ini memiliki kode GBP dan simbol £. Untuk 1 Pound Inggris (GBP) memiliki nilai yang setara dengan Rp20.255,61 (IDR).

Tidak hanya digunakan di Inggris saja, mata uang Pound Inggris juga digunakan di beberapa wilayah lainnya yaitu Guernsey, Inggris Raya, Jersey, Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich, Pulau Man, dan Tristan da Cunha.

12.    Turki

Lira Turki merupakan mata uang negara Turki yang dicetak dan diatur peredarannya oleh Central bank of the Republic of Turkey dengan kode TRY dan simbol ₺. Untuk 1 Lira Turki memiliki nilai setara dengan Rp1.667,49 (IDR).

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Anti Ribet

Setelah memahami mengenai beberapa mata uang dunia, kamu tidak perlu bingung saat ingin mengirim uang kepada teman atau kerabat yang ada di luar negeri. Kamu bisa menggunakan layanan Flip Globe dan langsung cek di https://flip.id/remittance.

Cara transfer uang ke luar negeri melalui layanan Flip Globe juga sangat mudah dengan jaringan luas yang menjangkau 68 negara. Berikut ini langkah-langkah transfer uang melalui Flip Globe.

  • Langkah pertama yaitu membuat akun Flip melalui https://flip.id/, lalu klik opsi Daftar Flip. Bagi kamu yang sudah memiliki akun Flip, kamu bisa langsung login.
  • Setelah sudah berhasil login melalui website Flip, pilih opsi Kirim uang ke luar negeri dan masukkan nominal uang yang ingin ditransfer. Untuk melakukan pengecekan nominal, nama negara, dan besaran biaya strapi yang dikenakan untuk transfer ke luar negeri, kamu bisa klik disini.
  • Klik Lanjut, kemudian isi data rekening penerima dengan benar.
  • Setelah data penerima sudah diisi dengan benar dan lengkap, silakan lanjut untuk melakukan review data dan pilih proses “Kirim” uang. Di opsi ini, kamu bisa memiliki rekening Flip yang sesuai dengan rekening bank yang dimiliki.
  • Setelah melakukan transfer uang ke rekening Flip, kamu bisa mengupload dan mengkonfirmasi bukti transfer yang sudah dilakukan.
  • Tunggu hingga pihak Flip memberikan konfirmasi berupa notifikasi gambar bahwa uang yang kamu transfer ke luar negeri sudah berhasil dan sukses.

 

Baca juga: Ini Masalah yang Kerap Dihadapi Saat Transfer Uang ke Luar Negeri!

Dari penjelasan di atas, kamu tentunya semakin paham dengan mata uang dunia, bukan? Bagi kamu yang ingin transfer baik ke bank dalam negeri maupun luar negeri, kamu bisa cek kode transfer bank secara lengkap disini.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi