mural
homeforward
Cara-cara Transfer Uang Yang Harus Kamu Tahu!

Cara-cara Transfer Uang Yang Harus Kamu Tahu!

Langkah transfer uang bagi nasabah bank maupun kamu yang tidak memiliki rekening bank! Transfer uang di jaman yang penuh transaksi online seperti saat ini ternyata caranya sangatlah banyak. 

Selain cepat, bank-bank pun memfasilitasi kemudahan bagi nasabahnya yang ingin menggunakan layanan tersebut, baik secara individu maupun secara kolektif. Selain transfer uang secara online dengan menggunakan rekening bank atau kartu kredit, ternyata ada juga loh cara transfer uang lainnya. 

Penasaran apa saja jenis-jenis transfer uang yang ada? Yuk simak ulasan berikut! 

Baca juga: Apa Itu BI Fast? Simak Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini!

Biasanya, seseorang yang melakukan transfer uang adalah orang yang sudah punya rekening di suatu bank. Namun bagaimana dengan orang di desa atau pinggiran kota yang belum punya rekening tapi ingin melakukan transfer uang? Nah ternyata, setidaknya di Indonesia ada 3 cara transfer uang yang bisa kamu gunakan. 

Yang pertama adalah transfer uang antar rekening bank (transfer biasa), yang kedua adalah transfer antara pemilik rekening ke penerima yang tidak memiliki rekening bank, dan yang terakhir adalah transfer uang tanpa menggunakan rekening bank. 

1. Transfer Uang Antar Rekening Bank 

Transfer-Uang.jpg

Sumber: Unsplash

Dalam dunia perbankan, cara transfer uang yang satu ini adalah hal yang paling sering digunakan. Baik ke rekening yang sama maupun ke rekening yang berbeda, kamu dapat melakukan beragam transaksi tersebut. Namun jika kamu melakukan transfer uang ke bank yang berbeda, kamu biasanya akan dikenakan biaya admin sebesar 6.500 rupiah. 

Jika kamu tak ingin dikenakan biaya transaksi tersebut, kamu bisa loh menggunakan aplikasi untuk transfer uang. Salah satu aplikasi tersebut adalah Flip. Jika kamu tertarik untuk mencoba, kamu bisa langsung unduh di sini ya! 

2. Transfer Uang dari Pengirim yang Belum Punya Rekening ke Penerima yang Punya Rekening Bank 

transfer money internationally

Sumber: Unsplash

Untuk cara transfer uang kedua ini, cara yang paling umum untuk dilakukan adalah dengan mendatangi kantor cabang bank terdekat di daerahmu. Selanjutnya, kamu akan mengisi dokumen atau formulir transfer yang berisi rekening tujuan serta nominal yang akan kamu transfer. Lalu kamu akan dipanggil oleh teller, yang selanjutnya transfer uang akan diproses. 

Untuk melakukan proses ini, kamu akan dibebankan biaya administrasi untuk pengiriman uang.

Baca juga: Apa Itu Deposito: Jenis, Manfaat, dan Ciri-cirinya

3. Transfer Uang Tanpa Rekening Bank 

Cara transfer uang ketiga ini adalah transfer yang dilakukan dimana pengirim dan penerima tidak memiliki rekening bank. Berikut cara-cara yang bisa kamu coba:

Datang ke Bank

Cara pertama untuk melakukan transaksi ini adalah kamu bisa datang langsung ke bank terdekatmu untuk melakukan transfer ke penerima yang tidak punya rekening. 

Wessel Pos

Cara kedua adalah melalui wessel pos. Disini, kamu akan menemui cara yang mirip dengan proses transfer di bank. Hanya saja kantor yang kamu datangi adalah kantor pos terdekatmu. 

Caranya pun hampir sama yakni dengan mengisi formulir transfer uang, tujuan pengiriman, lalu membayar biaya pengiriman, dan terakhir adalah tanda tangan dan simpan struk pembayaran. Penerima transfer uang ini harus mengambil uangnya di kantor pos juga. 

Western Union

Cara terakhir adalah dengan datang ke penyedia jasa transfer uang western union (WU). WU ini digunakan jika kamu ingin melakukan transfer uang ke luar negeri dan sebaliknya. 

Dengan banyaknya transaksi bisnis terbuka seperti saat ini, banyak orang yang memanfaatkan jasa transfer uang ini karena selain cepat dan mudah, jasa transfer uang ini terbukti aman dan sampai dengan tepat ke rekening tujuan yang kamu transfer uangnya.

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi