mural
homeforward
Apa Itu Deposito: Jenis, Manfaat, dan Ciri-cirinya

Apa Itu Deposito: Jenis, Manfaat, dan Ciri-cirinya

Investasi merupakan salah satu metode penyimpanan uang yang dipilih oleh banyak orang. Apalagi, saat ini sudah ada banyak macam jenis investasi yang bisa kamu pilih sesuai profil risiko, mulai dari investasi saham sampai reksa dana. Selain itu, ada satu lagi investasi yang juga memiliki risiko minim, yaitu deposito. 

Memangnya, apa itu deposito?

Baca juga: Begini Syarat dan Cara Deposito BNI
 

Apa Itu Deposito?

Deposito adalah salah satu produk keuangan dari bank. Biasanya, deposito dijadikan sebagai tempat menyimpan uang yang lebih menjanjikan daripada tabungan. Sebab, deposito tidak bisa diambil sewaktu-waktu karena harus menunggu tanggal jatuh tempo. Periode waktu pengambilan ini biasanya mulai dari 1, 3, 6, 12, sampai 24 bulan.

Setelah mencapai tanggal jatuh tempo, nasabah yang mendepositokan uangnya juga akan memperoleh hasil bunga dari simpanannya. Jumlah bunga yang diterima oleh masing-masing nasabah deposito juga berbeda, bergantung dari jumlah dana yang disimpan serta suku bunga ketika dana itu disimpan.
 

Ciri-ciri Deposito

Sebagai salah satu produk keuangan bank, deposito berbeda dengan tabungan biasa. Ciri-ciri deposito yang paling mendasar adalah proses pencairannya yang tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu karena akan ada denda penalti jika kamu tetap melakukannya. Selain itu, bunga yang diperoleh juga lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa.

Mirip dengan tabungan biasa yang akan terkena biaya administrasi bulanan, deposito umumnya juga akan terkena pajak hingga 20%. Namun, kamu tak perlu khawatir sebab pajak ini bisa dibayar dengan nominal bunga yang kamu hasilkan dari deposito tersebut.

Terakhir, deposito juga memiliki angka setoran yang cenderung minim. Tentunya, ini berbeda-beda bagi setiap nasabah karena nominalnya bisa disesuaikan dengan kesepakatan di awal, sekaligus dengan tanggal jatuh temponya.

Jenis-jenis Deposito

Photo credit: Freepik

Sebagai salah satu produk investasi, deposito ternyata masih dibedakan lagi menjadi beberapa macam. Berikut adalah jenis jenis deposito yang perlu kamu tahu.

1. Deposito Berjangka

Jenis deposito yang pertama adalah deposito berjangka. Ini merupakan produk keuangan yang paling banyak dipilih oleh nasabah bank. Sistem deposito berjangka adalah kamu menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu, sesuai yang disediakan oleh bank tersebut dan kesepakatan kamu di awal.

Jangka waktu deposito juga beragam, ada yang jangka pendek (1 sampai 6 bulan), jangka menengah (6 sampai 12 bulan), atau jangka panjang (12 sampai 24 bulan). Sebelum menentukan salah satu dari ketiga jenis jangka waktu tersebut, alangkah baiknya jika kamu mempertimbangkan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

2. Deposito On Call

Berbeda dengan deposito berjangka, cara kerja deposito on call biasanya hanya menawarkan jangka waktu yang lebih singkat lagi. Nasabah bisa memilih tenggat waktu antara satu minggu hingga satu bulan saja. Itulah kenapa deposit on call merupakan produk keuangan yang pas jika kamu ingin menyimpan uang dalam jumlah banyak selama beberapa waktu saja.

3. Sertifikat Deposito

Deposito yang satu ini sangat berbeda dengan dua sistem deposito sebelumnya. Jika kedua deposito di atas menyimpan aset dalam bentuk uang, contoh deposito yang satu ini menyimpannya dalam bentuk sertifikat, persis seperti namanya.

Meski begitu, sertifikat deposito tidak hanya bisa dilakukan oleh perorangan saja, melainkan juga atas nama lembaga atau instansi. Sertifikat berharga yang didepositokan juga bisa diperjualbelikan atau dalam artian dipindahtangankan ke pihak lain.

Manfaat Deposito

Dari penjelasan di atas, mungkin beberapa dari kamu sudah bisa menarik kesimpulan bahwa deposito adalah salah satu cara menyimpan uang yang menguntungkan. Sebab, kamu bisa menyimpan sejumlah uang agar tak dipergunakan untuk hal-hal kurang penting. Di samping itu, kamu juga akan memperoleh bunga sesuai suku bunga saat itu dan besaran uang yang kamu simpan.

Keuntungan deposito yang lainnya adalah keamanannya sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Bahkan, jumlah jaminannya mencapai Rp2 miliar. Selain itu, sebagai nasabah, kamu juga berhak mengatur tenor waktu pencairan agar sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Lalu, risikonya juga minim sebab bunga deposito cenderung stabil, berbeda halnya dengan bunga saham yang sangat fluktuatif.


Baca juga: Syarat dan Cara Deposito BRI agar Bisa Dapatkan Keuntungan Maksimal

Setelah membaca ulasan di atas, apakah kamu mulai tertarik menyimpan uang dan aset dalam bentuk deposito? Bicara tentang apa itu deposito sebagai salah satu jenis investasi, kini kamu juga bisa melakukan investasi dengan risiko minim di aplikasi Flip.

Melalui aplikasi Flip, uang yang kamu investasikan akan dipakai untuk mendanai usaha mikro terbaik di Indonesia. Timbal baliknya, kamu akan mendapatkan keuntungan hingga 11,5% per tahun. Bagaimana, terdengar menarik? Kunjungi laman Flip atau download aplikasi Flip sekarang juga untuk mulai berinvestasi!
 

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi