mural
homeforward
Begini Syarat dan Cara Deposito BNI

Begini Syarat dan Cara Deposito BNI

Deposito merupakan salah satu metode penyimpanan uang favorit bagi para nasabah bank. Bahkan, berdasarkan data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) per November 2022, total jumlah deposito di bank mencapai 36,5% dari jumlah keseluruhan simpanan umum. Angka ini naik 2,5% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Fakta tersebut tidaklah mengejutkan mengingat deposito memiliki risiko rendah dan keuntungan yang cukup sepadan. Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk mulai membuka deposito di bank, tidak ada salahnya mencoba Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai andalan. Berikut cara deposito BNI yang mesti kamu simak sebelum melakukan pembukaan.

Baca juga: Apa Itu Deposito: Jenis, Manfaat, dan Ciri-cirinya
 

Mengenal Deposito BNI

Dalam praktiknya, deposito merupakan produk jasa perbankan dengan sistem simpanan yang dilakukan dengan nilai nominal tertentu saat proses pembukaan. Bentuk investasi ini juga memiliki jangka waktu beragam, mulai dari 1 sampai 24 bulan, atau lainnya yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Deposito sebenarnya mirip dengan menabung di bank pada umumnya. Bedanya, setoran pertama buka rekening tabungan ditentukan sesuai kebijakan masing-masing bank dan tabungan tidak bisa ditarik sebelum jatuh tempo. Oleh karena itu, kamu perlu memikirkan matang-matang saat menentukan jangka waktu menabung untuk deposito. 

Manfaat Membuka Deposito di BNI

Photo credit: Pexels

Membuka deposito di BNI tentunya bisa memberikan kamu banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa yang akan kamu peroleh:

  • Kamu bisa mendapatkan suku bunga yang sangat kompetitif;
  • Deposito BNI dapat dijadikan jaminan saat mengajukan pinjaman;
  • Memperoleh jaminan dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) dengan persyaratan tertentu;
  • Tersedia banyak pilihan mata uang, mulai dari Rupee, Japanese Yen (JPY), US Dollar (USD), Singapore Dollar (SGD), Australian Dollar (AUD), British Pound (GBP), Euro (EUR), dan Dollar Hong Kong (HKD);
  • Bunga deposito yang kamu peroleh bisa ditransfer ke rekening giro dan tabungan atau dipakai untuk menambah saldo deposito;
  • Perpanjangan bisa dilakukan secara otomatis lewat sistem Automatic Roll Over (ARO) atau secara manual (non-ARO) saat tanggal jatuh tempo tiba;
  • Ada banyak masa simpanan yang bisa kamu pilih, antara 1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan.

Cara dan Syarat Deposito BNI

Sama seperti membuka rekening tabungan biasa, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi jika ingin memiliki deposito di bank BNI. Berikut syarat dan cara deposito BNI.

  1. Isi formulir permohonan pembukaan rekening deposito baru yang diberikan oleh call center atau customer service bank BNI;
  2. Selanjutnya, lampirkan KTP asli Warga Negara Indonesia (WNI). Bagi calon nasabah berkewarganegaraan asing, kamu dapat melampirkan dokumen identitas berupa paspor, KITAP, KITAS, KIMS atau surat keterangan legalitas badan hukum atau perusahaan. Ingatlah bahwa kamu harus menunjukkan salinan kartu ID;
  3. Kemudian, siapkan uang deposito pertama sebagai setoran awal. Aturan jumlah deposito dapat berubah sesuai dengan peraturan bank. 

Jumlah Minimal Deposito BNI

Karena bisa memilih berbagai macam mata uang, setoran awal atau jumlah minimal deposito BNI pun berbeda-beda. Berikut ketentuannya sesuai contoh deposito bank BNI.

  • Rupiah Indonesia (IDR) mulai dari Rp5 juta;
  • Dolar Amerika Serikat (USD) mulai dari Rp1 ribu;
  • Yen Jepang (JPY) mulai dari Rp150 ribu;
  • Dolar Singapura (SGD) mulai dari Rp2 ribu.
  • Dolar Hong Kong (HKD) mulai dari Rp8 ribu;
  • Euro (EUR) mulai dari Rp1 ribu;
  • British Pound (GBP) mulai dari Rp1,5 ribu;
  • Dolar Australia mulai dari Rp2 ribu.

Kamu juga mesti memperhatikan bahwa suku bunga yang berbeda berlaku untuk deposito Rupee dan mata uang asing lainnya. Khusus untuk mata uang Rupiah, besaran bunganya sama, yaitu:

  • 2,25% selama 1 bulan;
  • 2,50% selama 3 bulan;
  • 2,75% selama 6 bulan;
  • 3,00% selama 12 dan 24 bulan.

Di samping itu, besaran suku bunga deposito BNI dengan mata uang asing umumnya diberikan dalam mata uang Dolar Amerika Serikat (USD), dengan besaran 0,75% sampai 1,00% untuk masa simpan 1 bulan atau 0,75% hingga 1,75% untuk masa simpan 3-24 bulan. Seluruh ketentuan terkait bunga deposito untuk mata uang Rupiah maupun valuta asing efektif sejak Oktober 2022.


Baca juga: Syarat dan Cara Deposito BRI agar Bisa Dapatkan Keuntungan Maksimal

Itulah syarat dan cara deposito BNI yang perlu kamu tahu. Dari mata uang pilihan yang tersedia, mana yang menarik perhatian kamu? Selain menentukan mata uangnya, pastikan kamu juga menentukan tanggal jatuh tempo sesuai kebutuhan agar tak bingung mencari cara mencairkan deposito BNI tanpa penalti.

Supaya gaya hidup hemat kamu makin terlaksana, jangan lupa gunakan aplikasi keuangan yang bisa mendukung kamu, seperti Flip. Flip adalah aplikasi transfer bebas biaya yang sudah terlisensi oleh Bank Indonesia dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan. 

Dengan Flip, kamu bisa sisihkan dana administrasi transfer untuk kebutuhan menabung. Yukdownload Flip sekarang juga!

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi