mural
homeforward
Cryptocurrency: Definisi, Jenis, Cara Kerja, Hingga Kelebihan dan Kekurangan

Cryptocurrency: Definisi, Jenis, Cara Kerja, Hingga Kelebihan dan Kekurangan

Beberapa tahun belakangan, cryptocurrency menjadi istilah yang makin sering kita dengar. Cryptocurrency adalah mata uang digital yang lebih populer di kalangan Milenial dan Gen Z. Sejak awal kemunculannya di tahun 2009, cryptocurrency kian populer digunakan dalam banyak transaksi dan investasi digital. 

Walaupun tidak sedikit orang yang menilai cryptocurrency berisiko tinggi, nyatanya kian banyak orang yang tidak ingin ketinggalan menggunakan alternatif pembayaran online satu ini. Untuk tahu lebih lanjut mengenai cryptocurrency mulai dari definisi, jenis, kelebihan dan kekurangan, serta cara kerjanya, simak, yuk, artikel ini.

Baca Juga: 6 Perbedaan Kredit Dan Debit Untuk Pembayaran

Pengertian Cryptocurrency

crypto

Sumber : Miami Herald

Cryptocurrency adalah bentuk mata uang digital atau virtual yang menggunakan teknologi kriptografi. Teknologi kriptografi sendiri adalah sebuah sistem pengamanan informasi menggunakan kode khusus. Jadi, hampir tidak mungkin kode khusus ini dipalsukan. 

Seluruh transaksi yang menggunakan cryptocurrency tercatat dan tersimpan di blockchain. Karena bersifat digital dan hanya bisa dipakai untuk jual beli melalui komputer atau smartphonecryptocurrency tidak hadir dalam bentuk fisik seperti uang manual yang biasa kita simpan dan bawa sehari-hari.

Selain itu, berbeda dengan mata uang pada umumnya, cryptocurrency dapat digunakan secara bebas lintas negara tanpa terpengaruh oleh kurs. Karena cryptocurrency ini dipakai antar pengguna, maka tidak diperlukan adanya pihak ketiga seperti bank dan pihak lainnya.

Adapun fungsi cryptocurrency adalah:

  1. Alat pembayaran untuk pembelian barang dan jasa.
  2. Bentuk investasi yang tergolong cukup murah, walaupun cukup berisiko.
  3. Menambang atau meningkatkan jumlah mata uang kripto yang kamu punya.

Karakteristik Cryptocurrency

Ada beberapa karakteristik dari mata uang ini yang kamu harus tahu.

Digital

Bentuk cryptocurrency adalah digital sehingga tidak ada bentuk fisik seperti uang kertas atau logam. Seluruh proses pembelian dan pertukaran dilakukan secara digital.

Global 

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, cryptocurrency memiliki nilai yang sama di semua negara. Karena itulah, mata uang ini tidak akan berubah karena nilai tukar.

Peer-to-Peer

Cryptocurrency tidak membutuhkan perantara seperti saat kita melakukan pembayaran melalui bank. Transaksi menggunakan cryptocurrency dilakukan satu orang ke orang lain secara online.

Terenkripsi

Karakteristik lainnya adalah saat bertransaksi, identitas pemilik mata uang kripto tidak akan diungkapkan. Jadi, user tidak akan bisa memverifikasi identitas pemilik mata uang kripto.

Terdesentralisasi

Terdesentralisasi maksudnya tidak ada pihak ketiga sebagai perantara yang terlibat. Setiap pemilik bertanggungjawab atas mata uang digital mereka sendiri.

Truthless

Kalau kamu memutuskan bertransaksi menggunakan kripto, maka pahami bahwa kamu tidak diharapkan untuk bergantung pada siapa pun di sistemmu karena sifat tidak jujur dari cryptocurrency.

Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency

crypto

Sumber : CNBC

Setelah tahu karakteristik, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan cryptocurrency yang kamu wajib tahu:

Kelebihan

Bersifat universal

Mungkin beberapa orang tidak memenuhi syarat untuk mendaftar sebagai nasabah di bank. Hal ini berbeda dengan cryptocurrency. Semua orang di dunia bisa menggunakannya.

Transaksi cepat dan mudah

Transaksi menggunakan mata uang kripto hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja atau satu jam paling lama. Berbeda misalnya apabila kamu harus transfer ke luar negeri melalui bank yang bisa memakan waktu hingga satu hari.

Melindungi privasi

Karena identitas pemilik mata uang tidak diketahui, hal ini tentu menjamin perlindungan privasi. Ada beberapa orang yang ingin menjaga privasi mereka dengan berbagai alasan.

Terhindar dari pemalsuan mata uang

Skema blockchain pada transaksi mata uang kripto tidak memungkinkan terjadinya pemalsuan.

Potensi kenaikan harga mata uang

Potensi kenaikan harga mata uang ini cukup signifikan.

Kekurangan

Rentan pelanggaran hukum

Kekurangan pertama adalah celah pelanggaran hukum yang cukup besar karena beberapa negara menerapkan larangan menggunakan mata uang ini, termasuk Indonesia.

Volatilitas yang Tinggi

Karena belum terlalu populer, kenaikan dan penurunan bisa terjadi dengan sangat cepat dan drastis.

Lupa password dompet digital

Mata uang kripto disimpan dalam digital wallet. Untuk bisa mengakses digital wallet, kamu membutuhkan password. Kamu tidak akan bisa mengakses uangmu kalau lupa password.

Jenis-Jenis Cryptocurrency

Kalau membahas cryptocurrency, yang pertama terlintas di pikiran adalah bitcoin. Ya, bitcoin bisa dibilang sebagai jenis cryptocurrency yang paling sering digunakan. Namun, selain bitcoin ada beberapa jenis mata uang kripto lainnya:

Bitcoin (BTC)

Bitcoin menjadi cryptocurrency yang tertua dan terpopuler. Bitcoin pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto.

Litecoin (LTC)

Mengejar kepopuleran bitcoin adalah litecoin. Litecoin merupakan versi turunan Bitcoin Core QT. Litecoin pertama kali diperkenalkan tahun 2011 oleh Charlie Lee.

Ethereum

Ethereum resmi digunakan di pasar kripto di tahun 2015 setelah Vitalik, pengembang umur 19 tahun asal Rusia, mengembangkannya di tahun 2013.

Cara Kerja Cryptocurrency

Cara kerja cryptocurrency cukup sederhana. Hal pertama adalah kamu harus memiliki perangkat seperti komputer atau smartphone yang terhubung dengan internet. Selanjutnya, kamu mendaftar di salah satu platform jual beli mata uang kripto.

Saat mendaftar, kamu harus memiliki password dan kunci privat yang akan memverifikasi bahwa kamu pemilik sah mata uang kripto. Dalam transaksi, ledger akan bertindak sebagai saksi sekaligus mengkonfirmasi bahwa transaksi sah. 

Sistem inilah yang disebut sistem peer-to-peer network, yang berarti sistem ini menggabungkan banyak komputer di dunia sebagai super komputer. Pemilik super komputer inilah yang biasa dikenal dengan istilah miner.

Baca Juga: Apa Itu Dana Darurat? Begini Cara Menyiapkannya

Gimana? Sudah cukup jelas kan apa itu cryptocurrency, jenis, kelebihan, kekurangan, dan cara kerjanya. Nah, jangan lupa, investasi cryptocurrency adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan analisis dan pengetahuan yang mendalam. Selain itu, jangan lupa untuk lakukan transaksi keuangan di Flip karena aman, mudah, dan menguntungkan.

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi