mural
homeforward
Waspada, Ini Ciri-Ciri Penipuan Paket Luar Negeri!

Waspada, Ini Ciri-Ciri Penipuan Paket Luar Negeri!

Saat ini, membeli barang dari luar negeri bukan lagi hal yang sulit. Kamu bisa berbelanja di situs apa pun dan dari negara mana pun sesuai keinginan. Hanya dengan bermodal internet, barang bisa dikirimkan lewat paket atau ekspedisi luar negeri. Sayangnya, ini justru dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Penipuan dengan mengatasnamakan pengiriman paket alias paket fiktif dari luar negeri sangat lumrah ditemukan saat ini. Dengan embel-embel biaya bea cukai hingga clearance, penipu akan berusaha memeras korbannya. Satu-satunya cara untuk menghindari hal semacam ini adalah dengan memahami ciri-ciri penipuan paket luar negeri.

Apa saja ciri-ciri penipuan paket luar negeri? Simak poin-poinnya berikut ini!

Baca juga: 4 Cara Menjual Barang Ke Luar Negeri Secara Online, Potensi Cuan Lebih Gede!

Mengklaim Punya Perusahaan Importir Sendiri

Salah satu modus yang sering digunakan oleh para penipu paket fiktif dari luar negeri ini adalah dengan mengatasnamakan atau mencatut nama perusahaan importir yang sudah ada. Tapi saat ini, modus tersebut sudah jarang dilakukan karena informasi mengenai perusahaan importir sudah mudah ditemukan lewat internet. Jadi kalau ada oknum yang mengaku-ngaku, saat ini sangat mudah melaporkannya.

Sebagai ganti, penipu akan mengaku punya perusahaan impor sendiri. Kalau kamu tidak lihai mencari informasi, kamu akan mudah jadi korban. Karena itu, cek keabsahan perusahaan impor tersebut di internet sebelum mengikuti instruksi yang mereka berikan.

Menggunakan Media Sosial Sebagai Pendekatan

Untuk memudahkan mereka dalam melancarkan aksinya, penipu paket luar negeri ini biasanya sudah memantau terlebih dahulu media sosial calon korbannya. Mereka akan mencari tahu nama lengkapmu, nomor telepon, alamat email sampai alamat rumah. Kadang, mereka mencoba menyamar jadi rekan bisnis yang mengajak untuk bermitra.

Jika ada orang yang tidak kamu kenal mengajakmu berinteraksi lewat media sosial, waspadalah. Apalagi kalau orang tersebut menawarkan iming-iming menarik. Itu adalah salah satu ciri-ciri penipuan paket luar negeri yang perlu kamu waspadai.

Menggunakan Jasa Kurir Palsu

Ciri-ciri penipuan paket luar negeri yang berikutnya adalah kurir yang mereka gunakan umumnya adalah kurir palsu. Pelaku bisa terdiri lebih dari satu orang. Satu orang akan melancarkan modus dan mengumpulkan informasi terkait korban. Sementara satu orang lagi akan berperan sebagai kurir untuk mengirimkan paket fiktif tersebut.

Ketika korban sudah tahu bahwa dirinya akan menerima paket dari luar negeri, kurir palsu pun mulai bekerja dengan berpura-pura sebagai kurir ekspedisi resmi untuk mengantarkan paket. Meski kelihatan seperti hal yang normal, ini adalah skenario yang dirancang untuk menjebak korban.

Menggunakan Resi Palsu 

Selain dengan kurir palsu, ciri-ciri penipuan paket luar negeri adalah adanya penggunaan resi palsu. Pelaku akan mendesain resi yang sangat mirip dengan resi asli kemudian mengirimkannya kepada calon korban.

Untuk memastikan keaslian resi, kamu bisa mengecek langsung ke situs ekspedisi terkait. Semua ekspedisi resmi menyediakan halaman cek resi secara online. Kalau nomor resi tidak terlacak atau informasinya tidak sesuai dengan yang seharusnya, bisa dipastikan itu adalah penipuan.

Alamat Email, Nomor Telepon dan Situs Tidak Resmi

Ketika menerima pemberitahuan pertama kali, korban akan diberitahu alamat dan nama perusahaan ekspedisi/importir pelaku. Untuk memastikan bahwa paket tersebut asli atau tidak adalah dengan cara mengecek alamat email, nomor telepon dan situsnya. Jika informasi ini tidak resmi atau tidak terlihat profesional, ini merupakan tanda-tanda penipuan yang perlu diwaspadai.

Meminta Biaya Clearance

Berikutnya, pelaku pengirim paket fiktif dari luar negeri akan meminta korban membayar biaya clearance. Pelaku akan membuat alasan bahwa barang sudah dikirimkan ke Indonesia tapi perlu biaya clearance agar bisa diantarkan kepada penerima.

Selanjutnya, pelaku akan meminta korban mengirimkan sejumlah uang lewat rekening. Biasanya nilai yang diminta cukup besar, mencapai jutaan rupiah. Apalagi kalau modus paket  fiktif tersebut adalah untuk memberikan hadiah kepada korban.

Menggunakan Bahasa yang Tidak Profesional

Perusahaan resmi yang bergerak di bidang apa pun, akan menggunakan bahasa yang profesional. Baik di situs resmi mereka atau ketika menghubungi konsumennya. Jika kamu menemukan salah ketik, bahasa yang tidak baku atau grammar yang salah, sebaiknya kamu perlu waspada. Penggunaan bahasa yang kacau dan tidak profesional adalah tanda bahwa perusahaan tersebut palsu.

Meminta Data Pribadi yang Tidak Perlu

Hal terakhir yang perlu diwaspadai saat akan menerima paket dari luar negeri adalah adanya permintaan terhadap data-data pribadi yang tidak perlu. Misalnya nomor identitas, nomor kartu kredit, permintaan OTP untuk aplikasi yang kamu gunakan dan lain sebagainya. Jika ada permintaan seperti ini, bisa dipastikan oknum tersebut adalah penipu yang sedang mencoba mengelabuimu.

Baca juga: Transfer Uang ke Luar Negeri Kian Mudah dengan Flip Globe

Untuk kamu yang kerap melakukan transaksi keuangan lintas negara, pastikan kamu mengirimkan dana lewat penyedia layanan tepercaya. Flip Globe siap memfasilitasi pengiriman uangmu dengan cara yang lebih mudah, praktis tanpa biaya tersembunyi.

[SEO&ASO] Banner Article Blog_Flip Globe 1200x300 Bahasa.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi