mural
homeforward
Gampang Banget, Ini Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan

Gampang Banget, Ini Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan

Setelah sebelumnya di tahun 2020 iuran Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan mengalami penyesuaian tarif, baru-baru ini pemerintah mengumumkan bahwa mulai tahun 2023 hingga 2025 mendatang, kelas rawat inap 1,2 dan 3 BPJS Kesehatan akan dihapus secara bertahap.

Dengan adanya penghapusan ini, pemerintah secara resmi menerapkan kelas rawat inap standar (KRIS). Walaupun begitu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan bahwa kenaikan iuran BPJS tidak akan ada hingga 2024.

Baca Juga: Apa Itu Program Rehab BPJS Kesehatan?

Dengan munculnya sejumlah perubahan pelayanan dan nilai tarif iuran ini, tidak sedikit masyarakat yang ingin mengubah kelas BPJS Kesehatan mereka. Nah, mengubah kelas ini sebenarnya cukup mudah. Baca terus untuk mengetahui cara pindah kelas BPJS kesehatan.

Kelas-Kelas di BPJS

kelas-kelas di bpjs kesehatan

Sumber: Freepik

Sebelum kita membahas cara pindah kelas BPJS kesehatan, kamu perlu tahu kelas-kelas atau tingkatan apa saja yang ada di BPJS. Kelas ini membedakan jumlah iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Karena itulah, jenis layanan setiap kelas tentu berbeda. 

BPJS memiliki tiga tingkatan, yakni kelas 1, 2, dan 3. Berikut ini perbedaan dari masing-masing kelas:

1. Besaran Iuran

Pertama adalah perbedaan jumlah iuran per bulan yang harus dibayarkan oleh peserta JKN-KIS. Di sini, peserta bebas memilih besaran iuran yang akan dibayar sesuai dengan kemampuan. Untuk kelas 1, iuran yang wajib dibayar per bulannya adalah Rp150 ribu. 

Iuran per bulan untuk kelas 2 adalah Rp100 ribu. Peserta BPJS kelas 2 tetap akan mendapatkan pelayanan dan fasilitas kesehatan yang memadai, walaupun tidak seeksklusif kelas 1. Dibandingkan kelas 1 dan 2, iuran untuk BPJS kelas 3 lebih terjangkau, yaitu Rp42 ribu per orang.

2. Fasilitas Rawat Inap 

Karena jumlah iuran berbeda, fasilitas rawat inap yang ditawarkan pun berbeda. Untuk kelas 1, peserta mendapatkan keistimewaan ruang rawat inap untuk dua hingga empat orang. Peserta juga bisa melakukan upgrade kamar, misalnya ke kamar VIP, dengan biaya tambahan sendiri.

Fasilitas rawat inap kelas 2 adalah ruang rawat inap untuk tiga hingga lima orang. Sama halnya dengan kelas 1, peserta kelas 2 juga bisa melakukan upgrade ke kelas 1 atau VIP dengan keterlibatan biaya tambahan ditanggung peserta sendiri.

Untuk peserta kelas 3, fasilitas ruang rawat inap yang didapat adalah ruangan dengan kapasitas pasien empat hingga enam orang. 

3. Besaran Biaya Kacamata

Peserta BPJS baik kelas 1, 2, atau pun 3 mendapatkan subsidi pembelian kacamata. Kelas 1 mendapatkan subsidi pembelian kacamata sebesar Rp330 ribu. Kelas 2 berhak mendapatkan klaim kacamata sebesar Rp220 ribu, sedangkan kelas 3 mendapatkan subsidi senilai Rp165 ribu.

Enggak Ribet, Ini Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan

bayar BPJS Kesehatan lebih hemat

Ada beberapa pilihan cara pindah kelas BPJS kesehatan. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Melalui Aplikasi Mobile JKN

Cara pindah kelas BPJS kesehatan yang pertama cukup mudah. Kamu cukup mengunduh aplikasi mobil JKN dan login menggunakan nomor KTP. Selanjutnya, pilih menu Ubah Data Peserta dan masukkan jenis kelas baru yang hendak diubah. Setelah itu, klik Simpan. Dengan mengubah data ini, seluruh data kelas keluarga juga akan berubah. 

2. Care Center 1500400

Cara pindah kelas BPJS kesehatan berikutnya adalah dengan menghubungi layanan BPJS kesehatan care center di nomor 1500400. Apabila sudah terhubung dengan petugas, kamu hanya perlu menyampaikan perubahan yang dihendaki.

3. Kantor BPJS Kesehatan terdekat

Kamu juga bisa mengubah kelas BPJS secara offline, yaitu dengan mendatangi kantor BPJS terdekat. Bawalah beberapa data diri seperti KTP, kartu BPJS, dan Kartu Keluarga. Di sana, isilah formulir pindah kelas dan tanda-tangani formulir di atas materai.

4. Mal Pelayanan Publik

Apabila di kota kamu terdapat mal pelayanan publik, perubahan kelas BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan di sina. Sama halnya dengan melakukan perubahan data di kantor BPJS, kamu juga perlu membawa beberapa dokumen data diri, antre, dan mengisi formulir.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Bayar Denda BPJS Kesehatan

Syarat Pindah Kelas BPJS Kesehatan

Setelah mengetahui cara pindah kelas BPJS kesehatan, berikut ini beberapa syarat untuk bisa mengubah kelas BPJS kamu:

  1. Membawa atau menunjukkan dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, Kartu Keluarga, dan kartu BPJS.
  2. Bagi peserta yang belum melakukan autodebet rekening, melampirkan pula fotokopi buku tabungan.
  3. Peserta tidak boleh memiliki tunggakan iuran.
  4. Untuk peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/Mandiri, perubahan kelas bisa dilakukan apabila peserta sudah terdaftar selama 12 bulan di kelas sebelumnya.

Itu tadi penjelasan mengenai kelas-kelas yang tersedia untuk fasilitas kesehatan BPJS, cara pindah kelas BPJS kesehatan, serta syarat-syaratnya. Nah, buat yang masih bingung cara membayar biaya BPJS bulanan, kamu bisa menggunakan aplikasi Flip. Mudahnya membayar melalui Flip bikin kamu enggak lagi lupa dengan tagihan kamu.

Selain membayar tagihan BJPS, kamu juga bisa membayar tagihan-tagihan lainnya di sini, seperti tagihan listrik, PDAM, Telkom, pulsa, paket data, dan masih banyak lagi. Jadi, pastikan menggunakan Flip sekarang!

bayar BPJS Kesehatan lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi