mural
homeforward
Tak Sulit, Ini Cara Menghitung Kredit Motor!

Tak Sulit, Ini Cara Menghitung Kredit Motor!

Metode pembayaran kredit menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia untuk mendapatkan motor impian karena dirasa lebih ringan. Namun, ternyata masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menghitung kredit motor. Apakah kamu salah satunya? Yuk, simak penjelasannya dalam ulasan berikut ini supaya tidak salah strategi! 

Baca Juga: Berikut Ini Cara Cek BI Checking Yang Perlu Kamu Ketahui

Tips Mengajukan Kredit Motor 

cara menghitung kredit motor

Sumber: Freepik

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara menghitung kredit motor, kamu juga perlu tahu apa saja yang harus dilakukan ketika mengajukan kredit motor. Simak tipsnya dalam poin-poin di bawah ini: 

1. Pilih motor sesuai budget 

Jangan asal pilih motor, kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya anggaran keuanganmu. Pilihlah motor yang kira-kira bisa dipakai untuk jangka waktu lama dan bisa membantu aktivitasmu sehari-hari. Jadi, hindari menjatuhkan pilihan hanya karena gengsi semata. Selain itu, jangan lupa tetapkan batasan harga di awal untuk menghindari kemungkinan over budget saat beli motor.

2. Bandingkan dealer 

Selanjutnya, kamu bisa mulai mencari dealer yang menjual motor. Pada tahap ini, kamu tidak perlu terburu-buru menjatuhkan pilihan. Cari tahu harga dari tiap dealer yang ada di kotamu untuk tahu mana yang memberikan penawaran terbaik. 

Namun, harga yang miring saja tidak cukup. Kamu juga harus memperhatikan reputasi dealer dan kecepatan pengiriman mereka. Untuk masalah reputasi ini, kamu bisa bertanya pada konsumen terdahulu atau minta rekomendasi dari orang lain yang sudah pernah kredit sepeda motor. 

3. Pahami DP, tenor, dan bunga 

Satu hal tentang kredit motor adalah kamu akan menemukan banyak sekali istilah dan biaya yang muncul. Beberapa istilah yang muncul terkait dengan kredit motor adalah DP, tenor, dan juga bunga kredit. 

DP sendiri merupakan singkatan dari down payment atau uang muka. Ini merupakan biaya yang dibayarkan pertama kali sebagai tanda jadi bahwa kamu berniat membeli motor. Besaran DP sangat bergantung dari kebijakan tiap dealer. Hanya saja, biasanya tidak lebih dari 30% dari total harga motor. 

Jadi, katakanlah motor A dihargai Rp30 juta, maka DP yang perlu dibayarkan adalah Rp9 juta. Kemudian, ada tenor yang berarti periode pembayaran cicilan. Kalau kamu memilih tenor 12 bulan, maka cicilan akan berjalan selama 12 bulan. Terakhir, bunga kredit berarti biaya tambahan di luar harga asli motor. Untuk motor, bunga kreditnya berada di kisaran 1,5-4%. 

4. Perhatikan biaya asuransi 

Selain DP dan bunga, biasanya dealer juga menerapkan biaya asuransi. Fungsinya tentu saja untuk melindungi motor dari potensi kerugian di masa mendatang. Ada dua jenis asuransi yang sering diterapkan pada motor, yaitu all risk dan total loss only (TLO). Asuransi all risk akan memberikan ganti rugi untuk seluruh kerusakan yang terjadi pada motor. Di sisi lain, total loss only hanya akan memberi manfaat jika motor mengalami kerusakan hingga 70% atau saat terjadi pencurian. 

5. Membayar cicilan tepat waktu 

Terakhir, pastikan kamu membayar cicilan tepat waktu. Biasanya, dealer akan mengenakan denda pada konsumen yang terlambat membayar. Nominalnya memang tidak terlalu besar. Namun, jika kamu terus-menerus terlambat membayar, akumulasi denda tentu akan terasa memberatkan. 

Cara Menghitung Kredit Motor 

cara menghitung kredit motor

Sumber: Freepik

Lalu, bagaimana cara menghitung kredit motor? Pihak dealer umumnya akan memberikan gambaran pembayaran cicilan dan besaran biaya yang harus dibayarkan. Namun, kamu perlu mengetahui cara menghitung kredit motor agar paham dari mana angka-angka tersebut muncul. 

Katakanlah kamu ingin membeli sebuah motor matic dengan harga Rp25.000.000. Pihak dealer menetapkan bunga sebesar 2,5% dan kamu memilih tenor pinjaman 1 tahun (12 bulan). Selain itu, kamu juga perlu membayar DP motor sebesar 30%. Berapa cicilan yang harus kamu bayar? Berikut hasil dari cara menghitung kredit motor:

  • Harga motor: Rp25.000.000 
  • DP: Rp7.500.000 
  • Sisa yang harus dibayarkan: Rp17.500.000 
  • Cicilan per bulan: Rp17.500.000/12 = Rp1.458.333,33   

Namun, ingat, kamu juga harus membayar bunga kredit. Berikut adalah cara menghitung bunga kredit motor: 

Bunga kredit motor per bulan

(Rp17.500.000 x 2,5%)/12

= Rp36.458,33 

Total cicilan yang harus dibayar per bulan

Rp1.458.333,33 + Rp36.458,33

Rp1.494.791,66   


 

 

 

 

Baca Juga: Tutorial Top Up EMoney GoPay, Saldo Makin Banyak!

Nah, itu dia cara menghitung kredit motor dengan tepat. Bagi kamu yang sudah tahu harga cicilannya dan perlu membayar lewat transfer antarbank, jangan khawatir! Kini, Flip menawarkan kemudahan kirim uang ke bank yang berbeda lebih hemat. Jadi, bayar cicilan kredit motor jadi lebih gampang. Makanya, yuk, dapatkan aplikasi Flip sekarang, gratis!

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi