mural
homeforward
Persiapkan Dana Pensiun Sekarang Juga! Simak Cara Menghitungnya!

Persiapkan Dana Pensiun Sekarang Juga! Simak Cara Menghitungnya!

Dana pensiun adalah uang yang ditujukan untuk masa tua ketika sudah tidak lagi bekerja. Dana ini menjadi sangat penting, sebab kamu sudah tidak memiliki pemasukan seperti halnya saat masih bekerja. Di samping itu, tidak ada yang bisa memprediksi hal-hal buruk yang mungkin menimpa kamu di masa mendatang.

Dana pensiun seharusnya dipersiapkan oleh semua kalangan, mulai dari buruh, pekerja swasta, wiraswasta, seniman, artis, dan lain sebagainya. Salah satu influencer panutan yang juga mempersiapkan dana pensiun ini adalah Raditya Dika. Melalui beberapa video YouTube-nya, Raditya Dika memaparkan pentingnya berinvestasi sejak dini, salah satunya untuk mempersiapkan dana hari tua. Lalu, bagaimana cara menyiapkan dana pensiun ini?

Cara Menyiapkan Dana Pensiun

Jika kamu bukan merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS), usia pensiun tentu bisa sangat beragam. Oleh karena itu, cara menyiapkan dana pensiunnya pun bermacam-macam. Akan tetapi, ini adalah lima langkah yang bisa kamu tiru saat ingin menyiapkan dana di hari tua.

1. Tentukan Mau Pensiun di Usia Berapa

tentukan mau pensiun di usia berapa Sumber: Unsplash

Cara pertama dalam mempersiapkan dana pensiun adalah dengan menentukan usia pensiun yang kamu inginkan. Misalnya, kamu ingin pensiun di usia 50 tahun. Ini artinya, selepas umur 50 tahun, kamu tak akan memiliki penghasilan tetap setiap bulannya, sama seperti ketika masih bekerja.

Ketika sudah mengetahui akan pensiun di usia berapa, kamu perlu tahu bahwa angka harapan hidup di Indonesia saat ini ada di kisaran usia 75 tahun. Maka dari itu, jika kamu memilih untuk pensiun di usia 50, pastikan mempersiapkan dana untuk hidup selama kurang lebih 25 tahun.

2. Susun Anggaran Dana

Setelah mengetahui usia pensiun yang kamu inginkan, kini saatnya untuk mengetahui dana yang dibutuhkan setiap bulannya saat sudah tidak bekerja, misalnya kamu butuh Rp10 juta per bulan. Perkiraan dana yang kamu butuhkan ini bisa dihitung dengan memperkirakan jumlah kebutuhan sekaligus pertambahan nilai akibat inflasi yang terjadi setiap tahunnya.

Karena melibatkan faktor eksternal, tentunya menghitung anggaran dana pensiun ini perlu persiapan yang lebih mendalam.

3. Ubah Gaya Hidup

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan sebagai upaya menyiapkan dana pensiun adalah dengan mengubah gaya hidup yang buruk. Misalnya, saat ini kamu punya kebiasaan untuk menghambur-hamburkan uang atau tidur kurang teratur. Ubah gaya hidup tersebut agar lebih hemat dan bisa menyisihkan uang untuk mempersiapkan dana pensiun.

Selain itu, cukupi juga kebutuhan tidur agar tetap fit dan bugar di masa tua nanti. Masa tua biasanya akan dibarengi dengan beberapa penyakit yang datang menghampiri. Apabila gaya hidup saat muda sudah kurang baik, bukan tidak mungkin masa tuamu akan lebih banyak menghabiskan biaya untuk perawatan kesehatan.

4. Bicarakan dengan Pasangan atau Keluarga

Keuangan adalah salah satu hal yang bisa jadi pemicu perpecahan rumah tangga. Agar terhindar dari masalah tersebut, pastikan kamu telah mendiskusikan soal dana pensiun pada pasangan. Selain menghindari keributan, ini juga menjadi cara untuk membangkitkan semangat dan membangun komitmen bersama-sama.

5. Menabung dengan Giat

Cara mempersiapkan dana pensiun yang terakhir adalah menabung dengan giat. Pada akhirnya, dana pensiun berasal dari penghasilan kamu selama masih bekerja. Itu artinya, kamu tidak boleh menghabiskan semua uang itu saat masih muda. Buatlah rekening khusus dana pensiun agar tidak tergoda untuk menggunakannya.

Agar semakin hemat dan bisa memperoleh dana pensiun yang kamu inginkan, pastikan sudah menggunakan Flip, aplikasi transfer antarbank bebas biaya. Dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu membayar biaya administrasi transfer. Jadi, kamu bisa hemat Rp6.500 per bulannya saat ingin setor uang dana pensiun ke tabungan lain.

Contoh Perhitungan Dana Pensiun

contoh perhitungan dana pensiun Sumber: Unsplash

Cara menghitung dana pensiun yang dibutuhkan adalah dengan mengubah Present Value menjadi Future Value. Present Value adalah nilai mata uang saat ini, sedangkan Future Value adalah nilai uang di masa yang akan datang. Tentu saja, Rp5 juta saat ini akan punya nilai yang berbeda dengan 20 tahun mendatang akibat adanya inflasi. Lantas, bagaimana caranya memperkirakan dana pensiun yang tepat? Begini rumus dan contoh kasusnya.

FV = PV x ( 1 + I )n

Keterangan:

  • FV = Future Value
  • PV = Present Value
  • I = Inflasi
  • n = Jangka waktu usia pensiun dan usia sekarang

 

Situasinya, saat ini kamu adalah pekerja swasta berusia 25 tahun yang ingin pensiun di usia 55 tahun. Maka dari itu, n adalah 15 tahun, dilihat dari usia pensiun dikurangi usia saat ini. Kemudian, biaya hidup kamu saat ini adalah Rp5 juta, maka itu yang akan menjadi Present Value (PV). Terakhir, inflasi rata-rata saat ini adalah 4-5 persen per tahun.

FV = 5.000.000 x ( 1 + 0,5 ) ^30 = Rp21.600.000,00

Artinya, uang Rp5 juta yang saat ini cukup kamu pakai dalam jangka waktu sebulan akan berubah jadi sekitar Rp21,6 juta per bulan. Sekarang, tinggal dikalikan saja dengan selisih angka harapan hidup dan usia pensiun kamu. Misalnya, angka harapan hidup di Indonesia 75 tahun, artinya kamu akan pensiun selama 20 tahun.

Rp21.600.000 x 12 bulan x 20 tahun = Rp5,2 miliar

Jadi, dana pensiun yang kamu butuhkan adalah sekitar Rp5,2 miliar.

Itulah penjelasan seputar dana pensiun yang harus mulai kamu siapkan sejak saat ini. Tak hanya untuk menanggung biaya hidup semasa tua saja, dana pensiun juga bisa menjadi safety nett saat kamu terserang penyakit dan harus menjalani pengobatan. Ini juga bisa menjadi dana aman agar hidup terasa lebih damai. Jangan lupa untuk menabung dana pensiun dengan aplikasi Flip agar bebas biaya transfer.

Bagikan

Lainnya

Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Jangan Sampai Tertukar! Inilah Perbedaan antara Uang Elektronik dan Dompet Digital
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Beginilah Cara Aktivasi LinkAja Syariah dari LinkAja
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Pengertian Bonus Akhir Tahun Karyawan dan Cara Perhitungannya
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat
Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#FlipBuatSemua

4.8

App Store

star
star
star
star
star
App Store

4.5

Play Store

star
star
star
star
star
Play Store
rating
flip logo
Vectorinstagram icon.svg
Vectortwitter icon.png
Vectorfacebook icon.svg

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat dan Ketentuan

Hubungi Flip

Layanan Pengguna

+62 21 - 30002424

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Email

[email protected]

Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2022 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi