mural
homeforward
6 Cara Menabung yang Efektif untuk Anak Muda Usia 20-an

6 Cara Menabung yang Efektif untuk Anak Muda Usia 20-an

Menabung adalah salah satu kebiasaan yang harus dikenalkan sejak dini. Jika seseorang sudah terbiasa menabung, ini akan lebih mudah nantinya. Pasalnya, kebutuhan dan gaya hidup sering jadi dua hal yang tak terpisahkan dan bisa menghambat kebiasaan menabung di usia 20-an. Lalu, bagaimana cara menabung efektif? Simak enam cara menabung berikut agar tidak salah langkah! 

Baca juga: Mau Simpan Uang? Ketahui Dulu Jenis Tabungan Mandiri

1. Buat Tujuan Menabung 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum menabung adalah dengan membuat tujuannya secara jelas. Menabung bukan tentang terburu-buru mendapatkan hasil yang banyak, melainkan tentang komitmen yang harus dijaga sepanjang waktu. Jika kamu memiliki tujuan yang jelas, komitmen ini akan tetap terpatri dalam benak dan menghindarkan dari keinginan berfoya-foya. Tujuan menabung bisa apa saja, misalnya jalan-jalan ke kota impian, biaya pernikahan, atau membeli rumah baru. 

2. Tentukan Skala Prioritas 

tentukan skala prioritas untuk menabung

Sumber: Unsplash 

Menentukan skala prioritas juga menjadi salah satu cara menabung uang yang efektif. Dengan membuat skala prioritas, kamu jadi tahu mana yang harus menjadi kebutuhan utama dan tidak kecolongan untuk membeli barang-barang yang hanya sekadar keinginan saja. Membuat skala prioritas juga membuat kamu tahu budget dan pengeluaran kamu setiap bulannya. Ini menjadi salah satu cara untuk mengenal keadaan ekonomi kamu sendiri. 

Meski demikian, tetap buat skala prioritas yang membuat kamu merasa nyaman. Jangan langsung menetapkan jumlah yang banyak dan ketat pada tabungan hingga kamu tidak bisa mencukupi kebutuhan saat ini, bahkan memberi sedikit self reward atas kerja keras yang sudah kamu lakukan.  

3. Atur Keuangan 

Setelah mengetahui skala prioritas, atur keuangan kamu menggunakan pembagian 50:30:20. Perbandingan ini bisa jadi salah satu cara efektif menabung untuk masa depan karena 50 persennya ditujukan untuk kebutuhan pokok. Sementara itu, 30 persen untuk gaya hidup atau kebutuhan entertainment dan 20 persen lainnya untuk menabung serta investasi. 

Jika kamu sudah menggunakan perhitungan ini, pastikan untuk berkomitmen menjalankannya. Sebab, pada akhirnya, menabung adalah tentang komitmen. Jika hanya melakukannya selama tiga bulan pertama, uang tabungan kamu tidak akan terkumpul tepat waktu. Tujuan menabung pun jadi tidak kunjung tercapai. 

4. Catat Pengeluaran Bulanan 

catat pengeluaran setiap bulannya

Sumber: Unsplash 

Cara menabung efektif berikutnya untuk kamu yang berusia 20-an adalah dengan mencatat pengeluaran bulanan secara rutin. Meski terkesan repot, mencatat pengeluaran menjadi salah satu cara penting agar kamu bisa melakukan evaluasi keuangan di bulan berikutnya. Dengan catatan ini, kamu jadi tahu mana pengeluaran yang sebaiknya tidak perlu. 

Tanpa mencatat pengeluaran bulanan, kamu mungkin akan terus menghabiskan uang di awal bulan dan harus berpuasa di akhir bulan lantaran uang bulanan sudah habis lebih dulu. Agar tidak kerepotan mencatat pengeluaran, kamu bisa melakukannya setiap hari. Ini juga bisa mencegah dari ketidaktelitian. 

5. Sisihkan Uang Tabungan di Awal 

Menyisihkan uang tabungan di awal menjadi salah satu cara menabung efektif yang sering dilupakan banyak orang. Sering kali, orang menabung dengan menggunakan uang sisa setelah dipakai untuk mencukupi kebutuhan pokok dan hiburan (entertainment). Cara ini justru bisa mengakibatkan uang tabungan kamu ludes di pertengahan bulan. Maka dari itu, sisihkan uang tabungan kamu persis setelah mendapat kiriman uang dari orang tua atau gaji. 

Kemudian, pindahkan uang tersebut ke rekening khusus tabungan agar tidak terusik oleh godaan-godaan berbelanja. Gunakan juga aplikasi Flip agar proses perpindahan uang kamu bebas biaya transfer, karena dengan Flip kamu bisa kirim uang atau transfer uang antarbank gratis*. 

6. Jangan Utamakan Gengsi 

Cara menabung efektif yang terakhir adalah dengan tidak mengutamakan gengsi. Sering kali, sebagai anak muda, kamu ingin mengikuti berbagai macam gaya hidup hingga terkesan memaksakan. Misalnya, dengan penghasilan yang belum seberapa di usia 20-an, kamu memaksakan diri untuk membeli gadget seharga puluhan juta Rupiah karena ingin dianggap masuk ke lingkungan tertentu. Hal ini tentu tidak perlu kamu tiru, ya, karena dapat menghambat upaya menabung untuk masa depan. 

Baca juga: Ini Dia 10 Jenis Tabungan BCA yang Wajib Kamu Tahu!

Itulah enam cara menabung efektif yang bisa kamu terapkan sebagai seorang mahasiswa atau first jobber di usia 20-an. Selain memiliki tujuan yang jelas, ternyata memiliki komitmen dan tidak termakan gengsi merupakan hal penting yang harus mulai kamu praktikkan agar bisa menabung uang untuk masa depan. Maksimalkan upaya menabung kamu dengan aplikasi Flip yang bisa kirim uang ke rekening lain tanpa biaya transfer*.

*) terdapat limit gratis transfer antarbank.

Transfer sana transfer sini pasti lebih hemat

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat

Jl. Pesona Khayangan Blok CK No. 50, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi