mural
homeforward
Internet Lokal: Pengertian dan Cara Penggunaannya

Internet Lokal: Pengertian dan Cara Penggunaannya

Pengguna smartphone tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah jaringan internet dan kuota. Tanpa keduanya, kamu tidak akan bisa terhubung dengan situs atau media sosial yang kamu inginkan. Berbagai aplikasi di smartphone juga mengharuskan penggunanya untuk terhubung dengan internet sebelum bisa menggunakannya.

Di antara sekian banyak istilah dalam dunia internet, ada istilah internet lokal. Pernahkah kamu mendengar tentang apa itu internet lokal? Apa kegunaan internet lokal? Bagaimana cara menggunakan kuota internet lokal? Untuk penjelasan lengkapnya, simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Baca juga: 3 Cara Memaketkan Pulsa AXIS Menjadi Paket Internet

 

Apa yang Dimaksud dengan Internet Lokal?

Internet lokal adalah salah satu produk yang sekarang disediakan oleh hampir semua provider seluler di Indonesia. Kuota internet lokal ini biasanya dibanderol dengan harga yang terjangkau dengan kapasitas yang besar. Telkomsel, Tri, Indosat dan XL adalah beberapa contoh provider yang menyediakan layanan internet lokal.

Lalu, apa yang dimaksud dengan internet lokal? Internet lokal adalah istilah untuk menyebutkan sebuah paket internet yang hanya dapat dipakai di daerah tempat paket tersebut diaktifkan atau sesuai wilayah tempat kartu tersebut dikeluarkan. 

Misalnya saja, kamu memiliki kartu dengan kode wilayah Bandung. Ketika kamu membeli kuota internet lokal, maka paket tersebut hanya bisa dipakai di Bandung saja. Perlu diketahui bahwa yang dimaksud dengan wilayah bisa berupa kota, provinsi atau bagian tertentu dari sebuah provinsi (tergantung kebijakan masing-masing provider).

Untuk lebih memahaminya, mari kita buat contoh. Anggaplah kamu membeli produk internet lokal dari Provider A. Paket tersebut adalah internet lokal untuk Zona 1. Zona 1 sendiri terdiri dari Kota X, Y dan Z. Selama kamu masih berada di salah satu kota tersebut (X, Y atau Z), maka paket tersebut masih bisa digunakan.

Lantas, apakah paket tersebut bisa dipakai di luar kota? Ini merupakan pertanyaan yang kerap muncul di antara para pengguna. Perlu diketahui jika kamu berada di luar kota tempat paket internet lokal diaktifkan, maka kuota tidak bisa digunakan. Kamu bisa memakainya lagi ketika kamu sudah kembali. Inilah perbedaan internet lokal dan nasional yang paling mendasar dan perlu diketahui sebelum kamu mengaktifkannya.

 

Bagaimana Cara Penggunaan Internet Lokal?

cara menggunakan internet lokal 1.jpeg

Sumber : Gadgetren

Sekarang, hampir semua provider seluler menyediakan sistem dengan beberapa sub paket dalam satu paket internet. Misalnya ketika kamu membeli internet Paket A, dalam paket tersebut ada kuota internet lokal dan ada kuota internet yang berlaku secara nasional. Lalu, bagaimana caranya menggunakan kuota lokal?

Biasanya dalam skema internet lokal, kuota yang berlaku secara lokal akan habis terlebih dahulu selama kamu masih berada di dalam jangkauan zona atau kota tempat pengaktifan paket. Selanjutnya ketika kuota internet lokal milikmu sudah habis, internet secara otomatis akan dijalankan dengan menggunakan kuota nasional. Pergantian ini akan terjadi dengan sendirinya, jadi kamu tidak perlu melakukan setting untuk mengubah paketnya.

Sebaliknya, jika kamu sedang berada di luar kota, maka paket yang akan digunakan untuk menjalankan internet tetap kuota nasional atau kuota utama. Meskipun kuota lokalmu masih ada, namun karena tidak berada dalam jangkauan, kuota tersebut tidak bisa digunakan.

 

Bagaimana Jika Kuota Internet Lokal Tidak Bisa Digunakan?

cara menggunakan internet lokal 2.jpeg

Sumber : Cara1001

Dalam beberapa kasus, ada internet lokal yang tidak bisa digunakan dengan berbagai alasan. Jika ini terjadi padamu, ada beberapa cara yang dapat kamu gunakan antara lain:

  • Pindahkan kartu ke ponsel lain. Bisa jadi internet lokal yang tidak bisa digunakan disebabkan oleh masalah pada pengaturan ponselnya
  • Habiskan kuota utama terlebih dahulu. Setiap provider seluler memiliki ketentuan yang berbeda-beda terkait internet lokal ini. Ada yang menghabiskan kuota lokal dulu dan ada yang sebaliknya. Jika kuota lokalmu tidak berkurang padahal kamu masih berada di area jangkauan, mungkin providermu mengharuskanmu menghabiskan kuota utama terlebih dahulu
  • Cek dengan baik ketentuan internet lokal yang ditetapkan oleh providermu. Ketidaksesuaian penggunaan dengan syarat dan ketentuan akan membuat internet lokalmu tidak berfungsi
  • Aktifkan mode pesawat. Untuk me-refresh jaringan internetmu, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat dan menyalakannya lagi setelah beberapa saat. Selanjutnya coba apakah internet lokalmu sudah bisa dipakai atau belum
  • Jika dengan berbagai cara di atas internet lokalmu tidak bisa dipakai juga, maka langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghubungi customer service operatormu. Minta penjelasan dan bantuan agar kamu bisa kembali menggunakan internet lokalmu.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Internet Lokal di Luar Kota?

cara menggunakan internet lokal 3.jpeg

Sumber : Tribun Pontianak

Pada dasarnya, internet lokal hanya bisa digunakan di daerah yang sudah ditentukan oleh masing-masing provider. Jika kamu ingin mencoba menggunakannya di luar area, kamu bisa menggunakan aplikasi Fake GPS. Aplikasi ini bisa mengubah posisi ponselmu sehingga terlihat masih berada di area asal tempat internet lokalmu berasal.

 

Baca juga: 7 Cara Menghemat Kuota Internet, Gak Bikin Dompet Jebol

Itu dia berbagai hal yang perlu kamu ketahui tentang internet lokal. Aktifkan kuota internet lokalmu sekarang juga dengan melakukan pengisian pulsa dan paket di Flip!

[SEO&ASO] Banner Article Blog_1200x300_4.png

Bagikan

Lainnya

6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Tips Memilih Investasi buat Anak Muda
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!
Cara Melihat Tagihan BPJS Kesehatan, Bisa Pakai Aplikasi Flip!

Kategori

Mulai transaksi bareng Flip

#LebihDariItu

4.8

App Store

starstarstarstarstar
App Store
rating
flip logo

Tentang Flip

BlogPromoBerita & MediaCek Kode SwiftKonversi Mata UangKomunitasBantuanKebijakan PrivasiSyarat & KetentuanLaporkan Kerentanan

Hubungi Flip

Layanan Pengaduan Konsumen Flip

+62 21 - 30002424

Email

[email protected]

Alamat Kantor Terdaftar

Komplek Timah Blok BB No. 71, Tugu, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 16451

Alamat Surat-Menyurat

Arkadia Green Office Park, Tower F Lantai 3, Jl. T.B. Simatupang Kav. 88, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12520.

Bisnis & Kerja Sama

[email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

Whatsapp 0853 1111 1010

iso-27001
Flip adalah perusahaan transfer dana yang telah terlisensi oleh Bank Indonesia.
© 2024 PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi